Cara Mengatasi Mata Panda dengan Tepat
23 September 2022 - by Nadira Maurizka
COPY LINK

Cara Mengatasi Mata Panda dengan Tepat

 

Mata panda merupakan masalah kulit yang bisa dialami oleh siapapun, baik laki-laki maupun perempuan. Meskipun penampilan mata panda sekarang ini bisa diatasi dengan kosmetik, tidak menutup kemungkinan masih adanya tekstur dan hiperpigmentasi yang masih bisa terlihat. Tipisnya area kulit sekitar mata membuat perawatan mata panda membutuhkan perhatian khusus.

 

Apa Itu Mata Panda?

 

Mata panda merupakan kondisi yang membuat area mata terlihat lebih gelap dari area kulit lainnya. Anak-anak mungkin jarang mengalami ini karena biasanya saat masih muda kulit area bawah mata memiliki lapisan lemak lebih banyak yang bisa menutupi warna kebiruan dari saraf. Menipisnya kulit area bawah mata juga membuatnya terlihat gelap akibat lipatan yang diperoleh dari hilangnya lapisan lemak tadi.

 

Melebarnya pembuluh darah akibat usia atau alergi juga dapat memperburuk penampilan mata panda menjadi semakin gelap. Hiperpigmentasi pada area mata juga bisa diperparah dengan menggosok area mata terlalu keras.

 

Baca Juga: 5 Kandungan Skincare Anti-aging Terbaik 

 

Penyebab Mata Panda

 

Mata panda bisa disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya adalah;

 

  • Genetik

Sama halnya dengan penuaan dini atau jenis kulit, kondisi mata panda bisa bersifat genetik. Penyebabnya bisa dikarenakan oleh struktur wajah yang cekung di area mata, keturunan anemia, atau kekurangan vitamin tertentu.

 

  • Alergi

Reaksi alergi dapat membuat area kulit sekitar mata menggelap akibat digosok terlalu keras. Reaksi alergi juga bisanya bisa menyebabkan kulit menjadi lebih kering, membengkak dan memperbesar pembuluh darah di sekitar area mata.

 

  • Proses penuaan

Seperti yang disebutkan pada awal artikel di atas, proses penuaan dapat membuat menipisnya lapisan lemak yang berfungsi untuk memberikan volume dan menutupi pembuluh darah di kulit bawah mata. Penipisan lapisan ini membuat area tersebut menjadi cekung dan menggelap.

 

  • Kurang tidur

Ketika kamu kurang tidur, badan kamu akan mengalami kelambatan untuk memperbaiki kulit, yang membuat produksi kolagen jadi berkurang dan berujung pada berkurangnya lapisan untuk menutupi pembuluh darah di bawah mata. Kulit yang pucat akibat stress dan kurang tidur juga bisa memperburuk kondisi mata panda kamu.

 

Cara Mengatasi Mata Panda dengan Tepat

 

Lalu bagaimana ya cara mengatasi mata panda dengan tepat? MinHey punya beberapa tips yang terpercaya yang bisa kamu coba untuk mengatasi mata panda kamu!

 

1. Menggunakan produk khusus untuk area bawah mata

 

Eye-cream.jpg

 

Mengingat area mata sangat tipis dibandingkan kulit lainnya di tubuh kamu, kamu bisa menggunakan produk yang memang diformulasikan untuk area bawah mata, terutama mata panda. Selain itu, kamu juga ingin beberapa kandungan ini untuk ada di list ingredients produknya;

 

Beberapa skincare khusus area mata sudah dilengkapi dengan roller berbahan metal yang dingin untuk membantu kamu merelaksasi area mata agar peredaran darah semakin lancar. Hal ini bisa membantu mengurangi tampilan pembuluh darah dan memaksimalkan penggunaan skincare di area bawah mata.

 

2. Melakukan perawatan ke dokter

 

Filler.jpg

 

Mengetahui penyebab mata panda juga penting sebelum kamu memutuskan untuk mengambil perawatan khusus. Dokter spesialis kulit bisa membantu kamu mencari tahu penyebab mata panda yang kamu alami. Selain itu, dokter juga bisa merekomendasikan jenis perawatan apa yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi mata panda. Beberapa pilihan treatment yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi mata panda:

 

 

Baca Juga: Oxy Face Therapy, Perawatan yang Bikin Glowing!

 

Nah, itu dia penyebab dan cara mengatasi mata panda dengan tepat yang bisa kamu coba. Pastikan kamu menggunakan skincare yang original dan terdaftar di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) ya! Jika kamu masih punya pertanyaan seputar mata panda, segera diskusikan langsung dengan dokter di sini!

Other Articles