Description
Treatment
Skincare
ASK DOCTOR
Mata Panda
written by Cut Ikhvani Audina
Medical review by dr. Dartri Cahyawari, Sp.DV
Last updated 23-November-2021

Ketahui Penyebab Dan Cara Menghilangkan Mata Panda

Sebelum kita membahas bagaimana cara menghilangkan mata panda, ketahui dulu apa itu mata panda. Mata panda atau yang biasa dikenal dengan dark circle adalah suatu permasalahan kulit di area sekitar mata yang menyebabkan daerah tersebut berwarna gelap atau kehitaman.

 

Daerah yang gelap tersebut berasal dari pembuluh darah yang melebar dan terlihat lebih jelas karena minimnya ketebalan kulit dan lemak di area mata tersebut. Lingkaran berwarna hitam di area mata inilah yang membuat penampilan kamu menjadi terlihat lebih tua atau lelah. Kulit yang tipis di area mata tersebut dapat membuat tampilan mata panda menjadi lebih terlihat.

 

Baca Juga : Skincare Kojic Acid Untuk Mencerahkan Area Gelap

Apa saja penyebab mata panda?

Mata panda yang membuat tampilan wajahmu menjadi lebih tua dan terlihat lesu dapat disebabkan oleh beberapa faktor.

 

Faktor Penyebab

 

  Genetika

Faktor ini memberikan peranan penting sebagai penyebab dari munculnya mata panda di area mata kamu.

 

• Pigmen yang berlebihan

Masalah pigmen bisa muncul dan diperburuk oleh paparan sinar matahari. Pigmen inilah yang kemudian dapat memperburuk tampilan mata panda.

 

• Pembuluh darah superfisial dan kulit yang tipis

Pembuluh darah yang letaknya superfisial disertai kulit yang tipis memberikan gambaran gelap dibawah mata. Keluarnya hemoglobin dari pembuluh darah juga menyebabkan sekitar mata lebih gelap.

 

• Usia dan masalah penuaan

Faktor usia dan masalah penuaan juga menjadi penyebab munculnya mata panda. Penuaan kulit wajah dapat membuat kulit menjadi kehilangan elastisitas dan kendur sehingga menyebabkan cekungan pada area mata. Serta berkurangnya kekuatan penyangga lemak dan massa tulang sehingga terjadi perubahan anatomi yang membuat rongga mata semakin cekung dan memberikan bayangan yang lebih gelap.

 

• Alergi

Alergi dapat memicu peradangan yang mengakibatkan hiperpigmentasi pasca inflamasi akibat gosokan atau garukan yang terlalu sering di bawah mata, sehingga membuat area tersebut terlihat lebih gelap.

 

• Kantong mata yang cekung

Kantong mata yang terlalu cekung ditambah dengan herniasi lemak pada jaringan kulit sehingga lemak tampak menggantung dan memberikan bayangan serta menimbulkan warna yang lebih gelap di area tersebut.

 

• Kelopak mata bengkak

Penumpukan cairan kelopak dapat berkumpul di jaringan yang dapat berkontribusi semakin gelapnya kulit sekitar mata. Hal ini biasanya memburuk di pagi hari atau saat makan-makanan asin yang terlalu banyak.

Apa perbedaan dari dark circle (mata panda) dan eye bags (kantung mata)?

               perbedaan mata panda dan kantung mata

 

Masalah mata panda seringkali dikaitkan dengan Eye Bags atau kantung mata. Eye Bags adalah sebuah kondisi yang disebabkan oleh herniasi lemak pada jaringan kulit dan juga biasanya disebabkan oleh faktor lain seperti genetik dan penuaan. Eye Bags biasanya muncul pada usia 35 tahun keatas seiring dengan bertambahnya usia mereka. Eye Bags tidak mudah dihilangkan hanya dengan menggunakan skincare. Jika kamu memiliki masalah mata panda (dark circle) atau eye Bags, sebaiknya kamu konsultasikan kondisi tersebut ke dokter.

 

Baca juga: Apakah perawatan filler aman?

 

 

Apakah mata panda bisa dihilangkan?

Menurut Dr. David Lim, seorang Dokter Kulit di Brisbane, Australia mengatakan bahwa masalah mata panda ini hanya dapat dikurangi atau dipudarkan tampilan warnanya. Meskipun dilakukan dengan berbagai metode, mata panda tidak bisa sepenuhnya dihilangkan. Ada beberapa metode perawatan surgical dan non surgical yang membantu kamu mengurangi tampilan mata panda.

Bagaimana cara menghilangkan mata panda?

Cara Menghilangkan Mata Panda

Jika kamu ingin mengetahui bagaimana cara menghilangkan mata panda dengan cepat, kamu bisa melakukan beberapa cara dibawah ini, yaitu dengan perawatan di klinik kecantikan:

 

  •  Topikal Retinoid dan Bleaching agent

Retinoid untuk menstimulasi timbulnya kolagen sedangkan bleaching agent seperti hidrokuinon, arbutin dan kojic acid untuk memudarkan warna kulit yang gelap sehingga lebih terang

 

  • Chemical peeling

Tindakan ini selain untuk memperbaiki iregularitas warna, juga meningkatkan kolagen dan memperbaiki kerut-kerut pada kulit.

 

  • Microneedle

Perawatan microneedling adalah perawatan dengan menggunakan jarum kecil untuk menusuk lapisan atas kulit untuk memicu produksi kolagen dan elastin alami tubuhmu. Perawatan ini akan membuat kulit lebih tebal sehingga dapat menyamarkan penampakan pembuluh darah dan otot-otot di bawahnya yang dapat menyebabkan perubahan warna.

 

  • Laser Nd:YAG

Laser Nd:YAG non-ablatif yang bekerja dengan menggunakan teknologi micropulse yang menembakkan semburan energi singkat begitu cepat sehingga tidak merusak permukaan kulit, memperbaiki tanda-tanda penuaan, tekstur tidak rata, kekusaman serta kemerahan dengan minimal downtime.

 

  • Vbeam® Prima

Vbeam adalah gold standard laser PDL (Pulse dye laser) untuk mengatasi masalah kelainan vaskular.  Perawatan Vbeam® cocok dilakukan bila penyebab mata panda karena pembuluh darah.

 

Target IPL adalah hemoglobin dan pigmen dan diharapkan warna gelap lebih samar.    Tindakan ini lebih cocok dilakukan pada kulit yang berwarna terang atau pada kulit kaukasian.

 

Radiofrekuensi dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga selain menebalkan lapisan kulit juga mengencangkan.

 

Filler yang disuntikkan dapat mengisi area cekung di bawah mata serta melembutkan penampilan bayangan hitam bawah mata. Filler juga bisa menyamarkan penampilan kantong bawah mata. Filler yang paling umum digunakan adalah yang mengandung asam hyaluronat (AH).

 

Filler tidak dapat membantu memperbaiki Dark Circle yang disebabkan oleh pigmentasi. Efek samping umum yang biasanya hilang setelah 48 jam setelah perawatan adalah memar dan bengkak ringan. Hasil perawatan dengan filler HA dapat bertahan enam bulan hingga satu tahun.

 

 Jika kamu masih punya pertanyaan seputar keluhan mata panda, silakan tanya dokter disini ya!