Description
Treatment
Skincare
Video
Tanda Penuaan
written by Febiola Tambunan
Medical review by dr. Deasy Thio, Sp.KK
Last updated 28-March-2022

Apa Itu Tanda Penuaan?

Penuaan (aging) adalah proses menurunnya kekuatan tubuh secara bertahap dan perlahan-lahan. Penuaan mеruраkаn рrоѕеѕ аlаmі yang аkаn tеrjаdі pada tubuh semua orang seiring bertambahnya usia. Hanya saja proses penuaan terjadi di usia orang yang berbeda-beda, bahkan pada beberapa kasus terjadi lebih cepat daripada seharusnya karena beberapa faktor. 

 

Tanda penuaan cukup beragam, bisa kamu sadari maupun tidak. Pasalnya, beberapa tanda bisa Kamu lihat dengan jelas, seperti rambut beruban dan kulit keriput. Namun, beberapa tanda lainnya tidak terlihat, misalnya fungsi organ vital di dalam tubuh yang mulai menurun. Hal inilah yang membuat orang lanjut usia dihinggapi berbagai penyakit.

 

Baca jugaCara Mengatasi Penuaan dengan Perawatan Filler

 

Apa saja penyebab penuaan?

 

Penuaan ini terjadi dan dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu intrinsik dan ekstrinsik.

 

Faktor intrinsik merupakan penuaan yang terjadi secara fisiologis dan biologis dimana penuaan ini dipengaruhi oleh:

 

  • faktor usia, yang mana membuat tubuh kita pasti menua. Penuaan ini ditandai dengan kulit yang tampak kering, pucat, dan muncul kerutan halus serta kondisi kulit mulai kendur.
  • genetik dan hormonal, dipengaruhi oleh faktor keturunan yang didapatkan dari keluarga dan juga kondisi hormon seseorang. 

 

Sedangkan faktor ekstrinsik merupakan penuaan yang terjadi karna faktor eksternal yaitu lingkungan dan gaya hidup. Yang termasuk dalam faktor ekstrinsik antara lain:

 

  • Pengaruh sinar matahari atau disebut juga photoaging. Hal ini ditandai dengan kondisi kulit yang tampak lebih gelap, kasar dan mulai timbul flek
  • Polusi udara atau radikal bebas
  • dan perilaku serta sosial seseorang (misalnya kebiasaan merokok atau kebiasaan kurang tidur).

Apa saja tanda-tanda penuaan pada kulit?

Tanda-Tanda Penuaan

 

Keriput adalah lipatan yang muncul di seluruh permukaan kulit. Keriput menjadi tanda penuaan alami pada seseorang. Ketika kamu menginjak usia 30an, keriput mulai muncul dan akan semakin banyak seiring bertambahnya umur. 

          Kulit keriput

 

Semasa muda, kulit akan cenderung kenyal, namun lama-kelamaan akan mengendur karena kulit tidak memiliki kekuatan untuk mengencang lagi, seiring bertambahnya usia dan memasuki masa penuaan.

          kulit kendur

 

Karena elastisitas kulit berkurang, maka pori pori akan ikut membesar.  Bila tidak segera diatasi, hal ini akan membuat jerawat muncul dan mengganggu penampilan.

             pori-pori besar

 

  • Kulit kusam

Seiring bertambahnya usia, kulit akan kehilangan kecerahan alaminya. Sehingga kulit menjadi nampak kusam dan tidak bercahaya alias kurang glowing.

          kulit kusam 

 

Kerutan yang muncul di sekitar sudut luar mata juga menjadi salah satu pertanda penuaan. Bila Kamu sudah menyadari munculnya kerutan, gunakan krim mata agar kerutan tidak semakin menonjol.

          kerutan mata

 

Flek dan bintik hitam sebenarnya tidak berbahaya, hanya saja mengurangi tampilan seseorang. Flek dan bintik hitam akan muncul setelah menginjak usia 30 tahun.

          flek hitam

Bagaimana cara mencegah penuaan?

 

  • Berhenti merokok karena bisa menurunkan kesehatan jantung, menyebabkan kerutan pada wajah, dan membuat gejala penyakit lainnya.
  • Rutin berolahraga dan hilangkan kebiasaan minum minuman keras.
  • Konsumsi makanan hijau, seperti buah dan sayur, biji-bijian, serta kacang-kacangan.
  • Gunakan sunscreen sebelum beraktitas diluar maupun dalam ruangan. Kurangi terkena paparan sinar matahari meskipun kamu sedang berada di dalam ruangan sekalipun karena sinar matahari tetap bisa menembus dan masuk ke dalam ruangan. 
  • Jaga kelembaban kulit dengan menggunakan sabun yang lembut kaya moisturizer dan oles pelembab secara rutin.
  • Rajin membersihkan wajah, baik dicuci dengan air maupun menggunakan skincare untuk memperlambat penuaan.
  • Hindari stress. Stress mempercepat gejala penuaan. Dengan merilekskan pikiran, akan membantu memperlambat munculnya gejala penuaan.
  • Cukup Tidur, sehingga tubuh memiliki waktu untuk regenerasi.

 

Baca juga: Hindari Penuaan Dini dengan Bakuchiol

 

Bagaimana cara mengurangi tanda penuaan?

 

 

Peeling dengan berbagai jenis peeling dari yang superficial sampai deep. Peeling dapat membantu meremajakan kulit, mengurangi garis-garis halus di wajah, mengurangi bercak-bercak hiperpigmentasi, mengangkat kulit yang kasar. 

 

Metode IPL atau intense Pulse laser bisa Kamu gunakan untuk melawan tanda penuaan. Perawatan IPL memanfaatkan cahaya lampu xеnоn bеrіntеnѕіtаѕ tinggi untuk meremajakan jaringan kulit.  Besar gelombang yang digunakan akan disesuaikan dengan kondisi kulit pasien dan disesuaikan pula seberapa besar area kulit yang akan ditembak laser.

 

Laser CO2 adalah laser dengan jenis ablasi yang bekerja dengan cara mengangkat lapisan kulit terluar kulit (epidermis) kemudian memanaskan lapisan kulit di bawahnya (dermis). Proses ini akan membuat pertumbuhan serat kolagen baru pada kulit menjadi lebih cepat. Serat ini akan digunakan untuk membantu pertumbuhan jaringan kulit baru sehingga kulit lebih lembut, cerah, dan kencang.

 

LED mask atau LED facial adalah perawatan kulit yang menggunakan metode terapi light emitting diode. Prosedur ini memanfaatkan panjang gelombang cahaya yang bervariasi, termasuk warna merah dan biru, yang digunakan untuk meremajakan kulit hingga mengatasi jerawat. 

 

Perawatan radiofrekuensi merupakan prosedur perawatan dengan menggunakan gelombang radio untuk mengencangkan kulit. Alat ini bekerja dengan cara mendorong produksi kolagen yang berada pada lapisan epidermis kulit, jadi kulit terasa lebih kencang dan glowing sehingga cocok untuk memperlambat penuaan. 

 

Perawatan filler berfungsi untuk mengisi area wajah yang kendur sehingga menjadi berisi dan juga ngurangi kerutan statis serta merangsang pembentukan kolagen. 

 

  • Suntik Botulinum Toxin

Perawatan suntik botulinum toxin mampu meminimalisir kerutan yang ada dan tanda penuaan lain. Metode ini bekerja dengan cara merilekskan otot-otot yang membuat kerutan muncul, dengan ketahanan durasi antara 6-10 bulan.

 

Jika kamu masih punya pertanyaan seputar keluhan tandan penuaan, silakan tanya dokter disini ya!

Referensi

  • Verywellhealth (2020). Aging Types, Causes, and Prevention. 
  • ocosmedics (2016). The Causes of Aging.
  • healthline (2019). Proven Ways to Prevent Wrinkles.
  • pennmedicine (2019). Can the Aging Process Be Reversed or Prevented?



Other Articles