5 Kandungan Skincare Anti-aging Terbaik
22 September 2022 - by Nadira Maurizka
COPY LINK

5 Kandungan Skincare Anti-aging Terbaik

 

Perubahan kulit merupakan tanda awal dari proses penuaan, seperti kulit kendur dan juga munculnya kerutan halus. Ketika mengalami penuaan, lapisan epidermis menipis yang membuat kulit terlihat tipis dan pucat. Selain itu, dark spots  akibat paparan sinar matahari seperti lentigo juga menjadi salah satu tanda kulit kamu mengalami penuaan.

 

Proses penuaan bisa terjadi pada bentuk tubuh, rambut, produksi hormon, organ, hingga tulang. Namun penuaan yang terjadi pada kulit seringkali menjadi masalah utama karena visibilitasnya. Sehingga tidak jarang banyak orang ingin melakukan apapun untuk mengurangi tampilan penuaan pada kulit.

 

Baca Juga: Tanda-tanda Penuaan Dini yang Perlu Kamu Tahu

 

 

Bisakah Proses Penuaan Dihindari?

 

Cepat atau lambat tubuh kamu pasti akan mengalami penuaan. Namun kamu bisa melakukan pencegahan agar tidak mengalami penuaan dini. Penuaan dini bisa dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya lingkungan dan kebiasaan yang kamu jalani.

 

Langkah mudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan menentukan kebiasaan sehat sejak dini. Olahraga rutin dan mengonsumsi makanan yang bergizi bisa menjadi step anti-aging yang bagus. Penggunaan skincare juga menjadi langkah preventif kamu untuk memperlambat proses penuaan di kulit. Yuk simak kandungan skincare anti-aging apa saja yang ampuh mengurangi tanda penuaan!

 

 

Kandungan Skincare Anti-aging yang Harus Kamu Coba

 

1. Sunscreen

 

Sunscreen.jpg

 

Umumnya, proses penuaan banyak dipengaruhi oleh paparan sinar matahari yang berlebihan. Hiperpigmentasi seperti melasma, lentigo hingga keriput erat dikaitkan sebagai tanda penuaan karena sering dijumpai pada lansia. Sering terpapar sinar UV juga bisa membuat kulit kamu terlihat kasar dan kusam. Oleh karena itu penting sekali menggunakan tabir surya/ sunscreen sebagai pencegahan proses penuaan.

 

Sekarang ini, beragam sunscreen bisa kamu pilih sesuai dengan kondisi kulit kamu. Jadi jangan ragu untuk selalu menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 ya!

 

2. Vitamin C

 

Vitamin-c.jpg

 

Lindungi kulit kamu lebih baik lagi dengan vitamin C. Sunscreen dan vitamin c mampu bekerja sama untuk melindungi kamu. Dikenal sebagai antioksidan, vitamin c mendorong memproduksi kolagen yang bisa membantu sel kulit mengatasi warna kulit yang tidak rata akibat sinar matahari.

 

3. Retinol

 

Retinol.jpg

 

Tidak bisa melewatkan retinol jika kamu mencari kandungan untuk skincare anti-aging. Retinol berguna untuk menstimulasi pergantian sel baru sehingga bisa meningkatkan produksi kolagen secara natural. Jika kamu baru mau mulai menggunakan retinol, gunakan bersamaan dengan kandungan yang bisa menambah kelembaban kulit kamu ya!

 

4. Peptides

 

Peptide.jpg

 

Peptide atau peptida merupakan senyawa utama yang bisa menyusun protein agar kulit tetap elastis dan plump. Selain itu, penggunaan peptide juga bisa dikombinasikan dengan kandungan lain seperti niacinamide dan hyaluronic acid. Jika kebutuhan protein pada kulit tercukupi, kulit kamu akan lebih mudah melindungimu dari sinar UV dan memperbaiki skin barrier.

 

5. Hyaluronic Acid

 

Hyaluronic-acid.jpg

 

Tidak hanya dibutuhkan oleh kulit kering, kandungan hyaluronic acid juga diklaim sebagai kandungan anti-aging terbaik. Hyaluronic acid mampu membantu menghidrasi kulit sekaligus memberikan efek lebih kenyal pada kulit. Kandungan ini sebenarnya diproduksi secara alami oleh tubuh, namun proses penuaan bisa mengurangi kadar hyaluronic acid yang membuat kulit menjadi kering dan keriput.

 

Baca Juga: Ini yang Akan Terjadi Jika Skin Barrier Rusak

 

Seiring berjalannya waktu, kulit kamu menjadi semakin tipis dan sensitif. Sedangkan kulit yang mengalami penuaan membutuhkan waktu lama untuk mereparasi dirinya. Menggunakan 5 kandungan skincare anti-aging di atas bisa membantu kulit kamu mengatasi masalah kulit akibat penuaan. Kamu bisa temukan cara yang paling efektif untuk kulit kamu sendiri agar skincare anti-aging tersebut bisa bekerja dengan baik.

 

Jika kamu punya pertanyaan lebih lanjut seputar masalah penuaan dini, yuk langsung diskusikan dengan dokter di sini!

Other Articles