Description
Treatment
Skincare
Video
Telangiectasia
written by Cut Ikhvani Audina
Medical review by dr. Dartri Cahyawari, Sp.DV
Last updated 04-April-2022

Apa Itu Telangiectasia?

Telangiectasia atau biasa dikenal dengan spider veins adalah masalah pembuluh darah kecil yang melebar dan berkembang yang berada disekitar permukaan kulit. Akibatnya, kulit menjadi tampak memiliki garis-garis berwarna merah, biru, ataupun ungu dan biasanya menyerupai sarang laba-laba. Pembuluh darah memiliki kemampuan untuk melebar dan menyempit. Namun, pembuluh darah dapat kehilangan kemampuan untuk berkontraksi, maka saat itulah pembuluh darah akan lebih mudah terlihat di permukaan kulit.

 

Baca juga: Apa yang membedakan Pro Yellow Laser dari laser lainnya?

Apa Saja Penyebab Munculnya Telangiectasia?

 

Masalah ini seringkali dialami oleh beberapa orang khususnya bagi mereka yang memiliki jenis kulit putih. Telangiectasia pada orang dengan warna kulit yang lebih terang akan cenderung lebih terlihat. Selain itu, Telangiectasia dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya :

  • Faktor keturunan
  • Faktor usia
  • Kehamilan
  • Trauma lokal
  • Pemakaian steroid topikal
  • Faktor hormonal
  • Sinar UV
  • Pasca radioterapi

Apa Perbedaan Telangiectasia dan Varises?

Beberapa orang seringkali keliru dengan menganggap Telangiectasia sama dengan Varises. Telangiectasia dan Varises adalah dua permasalahan yang berbeda. Varises ditandai dengan pembuluh darah yang melebar dan menggembung. Varises disebabkan karena katup yang lemah atau rusak, sehingga menyebabkan darah mengalir mundur dan terkumpul, yang kemudian menyebabkan tonjolan pembuluh darah pada permukaan kulit.

 

                  Perbedaan telangiectasia dan varises

 

Jika dilihat berdasarkan gejala, telangiectasia hampir tidak menyebabkan rasa sakit dan tidak menyebabkan pembengkakan, sedangkan varises dapat menimbulkan rasa berat atau bengkak serta tidak nyaman pada kaki. Varises akan muncul dan menonjol di permukaan kulit, berbeda dengan telangiectasia yang hanya terlihat pada permukaan kulit dan berdiameter lebih kecil serta tidak menonjol.

 

Baca juga: Apakah perawatan LED Light Therapy memiliki efek samping?

 

Bagaimana Cara Mencegah Telangiectasia?

Banyak faktor pemicu telangiectasia yang tidak dapat kamu kendalikan, tetapi kamu tetap dapat melakukan beberapa hal berikut untuk mencegah timbulnya telangiectasia, diantaranya :

 

  • Hindari terlalu lama terkena paparan sinar matahari. Sasaran utama dari telangiectasia adalah bagian kulit yang sering terkena udara atau paparan sinar matahari
  • Tidak sembarangan memakai obat oles yang tidak diketahui kandungannya.
  • Menjaga pola hidup dan berat badan.

 

 

 

Apa Saja Perawatan untuk Menghilangkan Telangiectasia?

 

Telangiectasia sebenarnya adalah permasalahan kulit yang tidak berbahaya selama pembuluh darah yang terlihat tidak dalam jumlah yang besar dan banyak. Namun, jika dirasa cukup mengganggu penampilan dan terlihat dalam jumlah yang banyak, telangiectasia bisa dihilangkan dengan melakukan beberapa alternative perawatan. 

Beberapa  perawatan yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan telangiectasia, diantaranya :

 

a. Laser

Laser yang digunakan untuk telangiectasia pada dasarnya mempunyai cara kerja yang mirip yaitu mengkerutkan pembuluh darah yang melebar. Ada beberapa laser yang dapat digunakan untuk menangani telangiectasia, seperti berikut:

 

pulsed-dye-laser.png

 

Pulsed Dye Laser adalah perawatan laser yang mampu menargetkan serta menghancurkan pembuluh darah tanpa merusak jaringan kulit disekitarnya. Perawatan ini telah mendapatkan FDA Approved atau Badan POM Amerika untuk mengatasi masalah telangiectasia. V-Beam® merupakan Pulsed Dye Laser yang terkenal dan diakui untuk mengatasi telangiectasia.

 

  • Laser KTP

Laser KTP mempunyai panjang gelombang 532nm dengan target ke darah, sehingga laser ini seperti pada PDL juga baik untuk telangiectasia pada rosasea, cherry angioma, atau telangiectasia tipis pada tungkai.

 

Selain untuk mengatasi flek, laser ini juga sering dipakai untuk mengatasi telangiectasia dan juga untuk pembuluh darah yang lebih besar dan kebiruan. Setelah ditembakkan pada pembuluh darah yang lebih besar biasanya akan terasa bengkak, tetapi keluhan ini akan hilang dalam beberapa hari.

 

  • Yellow Laser

Laser berwarna kuning dengan panjang gelombang 578 nm, sering digunakan untuk telangiectasia. Hasilnya sangat memuaskan untuk pelebaran pembuluh darah kurang dari 2mm, dan berwarna merah

 

b. Intense Pulse Light (IPL)

IPL.png

 

 

IPL bisa juga digunakan untuk kelainan vaskular seperti telangiectasia. Hasil cukup memuaskan setelah dilakukan empat sesi dengan interval satu bulan. Setelah pengerjaan pasien bisa melakukan aktifitas lainnya. Efek samping yang mungkin didapatkan setelah tindakan IPL yaitu kemerahan dan bengkak.

 

c. Skleroterapi

skleroterapi.png

 

Adalah perawatan yang dilakukan dengan menyuntikkan larutan sclerosing ke dalam vena. Larutan ini bekerja dengan cara mengiritasi lapisan dalam pembuluh darah sehingga menyebabkan telangiectasia dapat menghilang perlahan dalam jangka waktu 2-6 bulan. Diperlukan minimal 2 kali Skleroterapi untuk membuat telangiectasia dapat hilang sepenuhnya.

 

Jika kamu masih punya pertanyaan seputar keluhan kulit telangiectasia, silakan tanya dokter disini ya!




Other Articles