5 Tips Memilih Sabun Muka Untuk Kulit Wajah Berjerawat
31 May 2022 - by Nadira Maurizka
COPY LINK

5 Tips Memilih Sabun Muka Untuk Kulit Wajah Berjerawat

 

Mencuci wajah menjadi salah satu step penting dalam rangkaian skincare kamu. Membersihkan wajah dari debu dan sisa makeup sebelum pemakaian perawatan wajah lain seperti toner, serum, hingga pelembab diperlukan agar produk skincare kamu dapat menyerap dan berfungsi sebagaimana mestinya. 

 

Pentingnya step mencuci muka membuat kamu harus memperhatikan juga kandungan yang tertera pada produk sabun muka yang akan kamu gunakan. Ketidakcocokan kandungan pada sabun muka dapat membuat kulit kamu iritasi. Terutama bagi kamu yang memiliki kulit berjerawat/ acne prone. 

 

acne-skin.jpg

 

Memilih skincare untuk kulit berjerawat itu cukup tricky, dan memilih sabun cuci muka yang cocok juga tidak terkecuali. Kulit berjerawat cenderung lebih sensitif dan butuh penanganan khusus. Nah, kali ini kita bahas yuk bagaimana cara memilih sabun muka yang cocok untuk kulit berjerawat. Simak penjelasannya di bawah ini ya!

 

Tips Memilih Sabun Muka Untuk Kulit Wajah Berjerawat

 

 

  • Memilih Kandungan Sabun yang Non-Komedogenik

 

Non-comedogenic artinya kandungan dalam produk tersebut tidak berpotensi menyumbat pori-pori pada permukaan kulit dan menyebabkan komedo. Sabun muka dengan kandungan yang non-komedogenik mampu membersihkan kulit wajah dari residu makeup tanpa menyumbat pori-pori dan tidak memperburuk kondisi jerawat kamu.

 

Baca Juga: 5 Kandungan Skincare untuk Menghilangkan Komedo

 

 

  • Hindari Sabun Muka yang Memiliki Scrub

 

Physical exfoliate seperti scrub memang baik dilakukan satu minggu sekali untuk mengangkat sel kulit mati pada permukaan wajah. Tetapi, hal ini sebaiknya dihindari bagi kamu yang memiliki kondisi kulit berjerawat. Mengeksfoliasi kulit berjerawat dengan scrub justru akan membuatnya semakin meradang dan iritasi. Pilihlah tekstur sabun muka yang lembut dan tidak meninggalkan efek seperti tarikan pada kulit wajah setelah menggunakannya.

 

 

  • Perhatikan Kandungan dalam Sabun Muka

 

Kulit yang sensitif akibat jerawat bisa direkomendasikan dengan mencari sabun muka yang memiliki kandungan seperti asam salisilat, benzoil peroksida, asam glikolat, hyaluronic acid, dan juga gliserin. Kandungan-kandungan tersebut mampu untuk mengurangi minyak berlebih yang dapat menyumbat pori-pori. Kandungan lain seperti niacinamide juga disarankan karena dapat mengurangi tampilan kemerahan pada jerawat.

 

gentle-face-wash

 

 

  • Hindari Menggunakan Sabun Muka yang Mengandung Alkohol dan Parfum

 

Pernahkah kamu menggunakan sabun muka yang wanginya sangat harum? Kamu justru lebih baik beralih pada sabun muka yang tidak memiliki bau wangi seperti itu. Kandungan parfum, pada sebagian orang dengan kulit wajah sensitif bisa menimbulkan reaksi alergi dan iritasi.  Sementara itu, kandungan alkohol pada sabun muka dapat memperburuk iritasi kulit wajah dan membuat kulit kamu semakin sensitif, terutama pada kulit berjerawat.

 

Baca Juga: Suntik Jerawat, Benarkah Efektif?

 

Nah, itu dia beberapa tips memilih sabun muka untuk kulit wajah berjerawat. Semoga tips di atas dapat sangat membantu kamu dalam memilih produk sabun muka apa yang cocok untuk kulit berjerawat agar masalah jerawat kamu tidak bertambah parah ya. Pemilihan sabun muka yang tepat menjadi salah satu hal yang penting dalam merawat kulit berjerawat, jadi jangan sampai kamu tidak mengetahui kandungannya. Jika kamu memiliki pertanyaan lain seputar kandungan sabun muka atau skincare yang cocok untuk jenis kulit kamu, langsung konsultasikan di klinik terdekat kamu ya!

Yuk ketahui juga mitos dan fakta tentang jerawat di youtube kami!

 

Tags :
Other Articles