5 Kandungan Skincare untuk Menghilangkan Komedo
05 April 2022 - by Nadira Maurizka
COPY LINK

5 Kandungan Skincare untuk Menghilangkan Komedo

 

Apabila kamu pengguna makeup, pasti kamu sering terganggu dengan keberadaan komedo yang sering membuat penampilan makeup kamu jadi bertekstur dan tidak flawless. Menghilangkan komedo di wajah sampai sekarang masih menjadi permasalahan kulit utama setiap orang, terutama wanita. Munculnya komedo dilatarbelakangi oleh penumpukan sel kulit mati dan minyak alami kulit wajah dan menyumbat pori-pori. Seseorang dengan kondisi kulit berminyak (produksi sebum berlebih) sangat rentan memiliki komedo.

 

Selain itu, komedo bisa muncul juga apabila kamu malas membersihkan wajah secara menyeluruh setelah berkegiatan di luar. Oleh karena itu, wanita yang rutin menggunakan make up juga berkecenderungan memiliki komedo pada permukaan kulit wajahnya. Karena debu dari luar ditambah dengan residu makeup yang masih menempel bisa menyebabkan komedo, bahkan jerawat. Sebelum mengetahui lebih jauh tentang cara menghilangkan komedo di wajah, yuk kita cari tahu dulu tentang jenis-jenis komedo.

 

Baca Juga: Eksfoliasi Kulit Sensitif dengan Kandungan Skincare PHA

 

Apa saja jenis-jenis komedo?

 

Terdapat dua jenis komedo yaitu komedo putih (whitehead) dan komedo hitam (blackhead). Komedo biasa yang menutup pori-pori dan berwarna putih merupakan whitehead. Warna komedo ini putih karena ia belum teroksidasi oleh udara luar dan permukaan kulit masih tertutup oleh lapisan luar. Sedangkan komedo yang permukaannya terbuka disebut dengan blackhead (komedo hitam). Karena ia sudah terpapar oleh udara dan warnanya berubah menjadi kehitaman atau coklat. Menghilangkan komedo hitam biasanya lebih membutuhkan usaha lebih.

 

Kemunculan komedo tentu saja bisa kamu cegah. Beberapa di antaranya adalah dengan melakukan double cleansing. Terutama bagi kamu yang menggunakan makeup atau masker debu sepanjang hari. Bersihkan wajah dengan cleansing oil atau micellar water bisa membantu mengangkat kotoran pada permukaan wajah kamu. Langkah selanjutnya adalah cuci wajah dengan cleanser yang cocok dengan kulitmu. Penggunaan toner juga dapat membantu mengangkat residu yang masih tertinggal bahkan setelah kamu mencuci wajah. 

 

cleansing-oil-untuk-komedo.jpg

 

Lalu, seperti apa sebenarnya skincare yang tepat untuk menghilangkan komedo? Simak penjelasannya berikut yuk!

 

5 Kandungan Skincare yang Bisa Kamu Coba untuk Menghilangkan Komedo di Wajah

 

Saat ini banyak skincare yang dijual bebas dapat kamu temukan untuk menghilangkan komedo di wajah. Namun, sebelum memilih skincare, kamu juga perlu tahu seperti apa kandungan yang tepat untuk menghilangkan komedo hitam maupun putih di wajah. Nah, berikut ini adalah beberapa opsi kandungan skincare yang bisa kamu coba untuk menghilangkan komedo di wajah dengan menggunakan skincare yang memiliki kandungan sebagai berikut;

 

 

  • Salicylic Acid

 

Salicylic Acid atau Asam Salisilat biasa digunakan dalam kandungan skincare untuk mengeksfoliasi kulit dan efektif menghilangkan komedo putih di hidung. Salicylic Acid sering kali diperuntukkan bagi kamu dengan kondisi kulit berjerawat. Kandungannya yang mampu larut dalam minyak mampu membersihkan kulit melalui pori-pori dan membantu mengurangi produksi sebum. 

 

 

  • Benzoyl Peroxide

 

Kandungan benzoyl peroxide dalam skincare khusus untuk jerawat ditujukan untuk merawat kulit dengan membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangan dengan membuka pori-pori yang tersumbat akibat komedo. Ketika menggunakan produk dengan kandungan benzoyl peroxide, perlu diingat bahwa kandungan ini bisa meningkatkan sensitivitas kulit pada matahari, sehingga produk ini lebih baik digunakan pada malam hari dan tetap gunakan sunscreen esok harinya.

 

Baca Juga: Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Berminyak

 

 

  • Retinoid

 

Retinoid merupakan zat antioksidan yang memiliki banyak manfaat, seperti mengatasi kulit yang berjerawat, memperbaiki tekstur kulit, hingga memperbaiki hiperpigmentasi dan kulit yang kusam. Meskipun begitu, kandungan retinoid ini cukup kuat sehingga pada awal penggunaan, kamu harus melakukan adaptasi terlebih dahulu. Kabar baiknya, retinoid kini memiliki varian dengan dosis yang lebih rendah, yaitu retinol. Menggunakan retinoid membantu menghilangkan komedo di wajah.

 

 

  • Glycolic Acid

 

Glycolic Acid biasa digunakan sebagai chemical exfoliator. Seperti eksfoliator lainnya, kandungan ini mampu membersihkan kulit dari sel kulit mati dan tumpukan minyak yang menyumbat lapisan terluar kulit kamu. Dengan glycolic acid, proses menghilangkan komedo di wajah menjadi lebih mudah.

 

 

  • Clay Mask

 

clay-mask-kandungan-skincare-untuk-komedo

 

Clay mask juga bisa membantu membersihkan pori-pori kamu. Kandungan clay mask adalah batuan yang tersusun atas bermacam mineral clay atau disebut sebagai bentonite. Daya serap terhadap minyak yang tinggi membuat kandungan bentonite dalam clay mask mampu membersihkan pori-pori dan merawat kulit berjerawat, sehingga cocok untuk kamu dengan kondisi kulit berminyak dan dapat menghilangkan komedo di wajah

 

Baca juga: Cara menghilangkan komedo

 

Nah, itu dia beberapa kandungan skincare yang bisa kamu coba untuk menghilangkan komedo di wajah. Pastikan kamu menggunakannya dengan rutin agar komedo di wajah cepat hilang ya. Jika masih terjadi masalah kulit yang mengganggu penampilanmu, silakan konsultasikan dengan dokter di sini ya.

Tags :
Other Articles