Suntik Jerawat, Benarkah Efektif?
01 March 2022 - by Nadira Maurizka
COPY LINK

Suntik Jerawat, Benarkah Efektif?

 

Kulit berjerawat menjadi salah satu permasalahan kulit yang paling sering dialami oleh setiap orang. Meskipun jerawat menjadi kondisi kulit yang umum, keberadaan jerawat tetap menjadi perhatian apalagi jika jerawat muncul di wajah. Sehingga tidak jarang orang-orang menjadi minder ketika memiliki jerawat, meski sekecil apapun. 

 

Semudah membalikkan telapak tangan, produk skincare khusus jerawat kini bisa kamu dapatkan di mana pun. Dan jenisnya pun beragam, sesuai dengan kondisi kulitmu. Tetapi memang perawatan dengan skincare membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain perawatan menggunakan skincare, perawatan ke klinik kecantikan juga kerap kali menjadi pilihan bagi siapapun untuk mengatasi jerawat. Di klinik, kamu bisa mendapatkan beragam jenis treatment untuk meredakan permasalahan kulitmu. Salah satunya adalah suntik jerawat. Namun, apakah suntik jerawat benar-benar efektif untuk mengurangi jerawat dengan cepat?

 

Apa Itu Suntik Jerawat dan Apakah Aman Dilakukan?

 

suntik-jerawat-apakah-efektif

 

Suntik jerawat adalah tindakan medis menggunakan jarum suntik berisi obat tertentu untuk menjangkau kedalam lapisan dermis kulit kamu. Isi obat tersebut umumnya mengandung kortikosteroid. Zat tersebut lah yang membuat jerawat kamu cepat kempes karena ia memiliki efek anti peradangan yang kuat.

 

Efektivitasnya yang cukup instan, suntik jerawat sering kali menjadi jalan pintas bagi orang yang memiliki permasalahan jerawat. Apalagi jerawat bisa memiliki dampak pada berbagai hal dalam kehidupan sosialmu. Yang harus kamu perhatikan adalah hasil yang instan pasti memiliki efek samping yang besar pula. Terlalu sering melakukan suntik jerawat, membuat jaringan kolagen di sekitar area suntikan menjadi rusak dan dapat mengakibatkan bopeng karena pondasi kulit telah terganggu. Efek samping lainnya adalah kecenderungan munculnya jerawat baru atau bahkan bekas di sekitar suntikan tersebut. Oleh karena itu, tindakan injeksi ini bukanlah pilihan utama kamu untuk mengatasi jerawat kamu. Masih banyak perawatan untuk mengatasi jerawat lainnya yang bisa kamu lakukan.

 

Baca Juga: Atasi Permasalahan Kulit Dengan Terapi Cahaya

 

Jadi Apakah Suntik Jerawat Masih Bisa Dilakukan?

 

Dengan indikasi dan dosis yang tepat, tentu saja suntik jerawat merupakan tindakan yang aman dilakukan oleh dokter yang ahli. Namun tindakan ini bukanlah menjadi rekomendasi perawatan yang utama untuk menyembuhkan jerawat kamu terlebih jika jerawat yang kamu miliki bukan termasuk jerawat yang meradang. Berbeda kondisi jerawat juga mempengaruhi treatment yang akan kamu butuhkan. Tidak semua jerawat dapat disuntik untuk mengatasinya. 

 

Suntik jerawat tetap bisa dilakukan apabila kamu memiliki jerawat yang sangat meradang sehingga menimbulkan efek yang cukup mengganggu seperti; gatal, keras, terasa nyeri hingga nyut-nyutan. Penyuntikan kortikosteroid pada daerah radang bisa menekan reaksinya agar lebih mudah dikendalikan. Ditambah lagi jika kamu memiliki kepentingan di esok hari seperti pekerjaan yang mengharuskan kamu terlihat presentable, atau acara lamaran bahkan pernikahan kamu, maka dengan kondisi yang urgent seperti itu, kamu bisa memilih untuk melakukan suntik jerawat.

 

bridal-shower-suntik-jerawat

 

Baca Juga: 4 Perawatan yang Wajib Kamu Coba Sebelum Menikah

 

Treatment suntik jerawat memang bisa mengatasi radang dari jerawatmu secara instan, namun setelah membaca dampak dari tindakan tersebut, kamu tetap harus mengkonsultasikan kepada dokter kulitmu untuk hasil yang maksimal. Kondisi kulit dan kondisi jerawat yang berbeda akan membutuhkan treatment yang berbeda pula.

 

Jadi apabila kamu memiliki pertanyaan lanjutan mengenai apakah kamu membutuhkan suntik jerawat atau tidak, kamu bisa mendiskusikannya dengan dokter disini ya!

 

Tags :
Other Articles