Description
Treatment
Skincare
Video
Komedo
written by Febiola Tambunan
Medical review by dr. Hari Darmawan, Sp.KK
Last updated 05-April-2022

Apa Itu Komedo?

Komedo merupakan bintik-bintik yang muncul di permukaan pori-pori kulit, dan merupakan awal mula munculnya jerawat. Komedo biasanya nampak pada kulit wajah, tetapi tidak tertutup kemungkinan bisa muncul di bagian tubuh lain, seperti dada, punggung, bahu, atau lengan.

 

Komedo yang terbentuk karena pori-pori kulit tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak (sebum). Komedo memiliki 2 jenis, yaitu whitehead dan blackhead. Jika permukaan kulit tertutup oleh lapisan luar, komedo ini disebut dengan komedo putih (whitehead) yang belum teroksidasi udara. Ada juga komedo yang permukaannya terbuka dan terpapar oleh udara sehingga berubah warna menjadi coklat atau kehitaman, dalam hal ini disebut sebagai komedo hitam (blackhead). Kemunculan komedo jarang dibarengi dengan rasa nyeri, kecuali bila komedo mengalami infeksi.

 

Bentuk Komedo Putih (Whitehead)

apa-itu-komedo-putih-whitehead.png

 

Bentuk Komedo Hitam (Blackhead)

apa-itu-komedo-hitam-blackhead.png

 

Baca juga: Apa saja manfaat Benzoyl Peroxide?

Apa saja penyebab komedo?

 

Komedo bisa muncul karena sel kulit mati dan minyak berkumpul sehingga menyumbat pori-pori. Minyak ini berasal dari kelenjar minyak (sebum) yang ada di dalam pori-pori. Komedo bisa berubah menjadi kehitaman jika permukaan pori-pori tersebut terbuka dan terpapar oleh udara luar. Selain itu, ada beberapa hal yang membuat seorang menjadi lebih rentan memiliki komedo di wajah, diantaranya adalah : 

 

  • Malas membersihkan wajah sehingga pori-pori tersumbat 
  • Perubahan hormon, yang menyebabkan produksi minyak meningkat. misalnya pada masa pubertas dan menstruasi
  • Konsumsi obat-obatan tertentu, seperti fenitoin, isoniazid, litium, atau kortikosteroid
  • Pemakaian kosmetik yang berlebihan 
  • Konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula maupun lemak, serta gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok
  • Iklim/suhu/kelembaban yang meningkat

Apakah komedo harus dibersihkan?

Pori-pori wajah sama dengan lubang telinga, yaitu didesain secara alami agar bisa membersihkan sendiri. Dalam kondisi normal, apabila kamu sudah melakukan pembersihan wajah dengan baik dan benar, sebenarnya itu sudah cukup. Akan tetapi, apabila komedo yang menumpuk di wajah dibiarkan terlalu lama, itu bisa saja menimbulkan masalah seperti contohnya kemunculan jerawat. Oleh karena itu, membersihkan komedo tetap penting untuk dilakukan sebelum penyumbatan yang terjadi dalam pori-pori semakin parah karena adanya komedo yang menumpuk.

 

Baca juga: Apa Itu Facial & Apa Manfaatnya?

 

Apakah memencet komedo berbahaya?

Apakah kamu punya kebiasaan memencet komedo? Ternyata hal ini bisa membahayakan kesehatan kulit. Memencet komedo dapat meregangkan elastisitas di sekitar pori-pori. Pori-pori yang semakin lebar dan besar, tidak akan bisa kembali ke bentuk semula. hal ini bisa merusak kulit karena akan menyebabkan hiperpigmentasi, peradangan, dan jaringan parut yang pada akhirnya akan menyebabkan kerusakan kulit, apalagi jika dilakukan setiap hari. Proses ini hanya boleh dilakukan pada keadaan kulit tidak meradang dan dilakukan oleh terapis yang terlatih dan dikerjakan secara steril.

Bagaimana cara menghilangkan komedo?

 

Komedo bisa dihilangkan dan mencegahnya muncul kembali dengan menggunakan skincare yang tepat. Beberapa skincare yang ampuh untuk menghilangkan dan cegah komedo mengandung zat dibawah ini.

 

  • Benzoil peroksida

Benzoil peroksida adalah senyawa aktif yang bisa kamu temukan pada obat jerawat dengan bentuk berbagai varian, seperti gel, lotion, sampai produk sabun. Senyawa ini juga efektif jika digunakan untuk menghilangkan komedo. Hal ini dikarenakan benzoil peroksida mampu membersihkan pori-pori kulit dan menghambat pertumbuhan bakteri yang menjadi penyebab komedo muncul. 

 

  • Asam salisilat

Kandungan salicylic acid mampu menghilangkan minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit. Zat yang masuk kedalam kategori obat keratolitik ini bisa mempercepat pelepasan sel-sel kulit mati di dan membersihkan pori-pori dari minyak berlebih. 

 

  • Retinol serum

Retinol merupakan turunan vitamin A yang ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan komedo. Retinol bekerja dengan cara mempercepat pergantian sel kulit, menghaluskan kulit, dan mengontrol produksi sebum atau minyak pada kulit. Selain untuk membantu menghilangkan komedo, retinol juga bermanfaat sebagai produk anti-aging

 

  • Asam Azelaic

Azelaic acid adalah dicarboxylic acid yang berguna untuk mengeksfoliasi kulit. Umumnya, azelaic acid diproduksi secara alami oleh kulit dan jamur dalam tubuh. Namun, kandungan ini juga bisa didapatkan dari laboratorium dengan gandum-ganduman yang menjadi sumber utamanya. Kandungan asam azelaic ini mampu mengeksfoliasi kulit dengan ringan, membersihkan pori-pori tersumbat, mencerahkan kulit yang eritem/kemerahan atau hiperpigmentasi, serta mengatasi jerawat dan komedo.

 

  • Asam Glikolik

Asam glikolik bekerja sebagai eksfoliator kimiawi. Kandungan ini mampu membuat kulit bersih dari sel-sel kulit mati maupun minyak yang muncul pada lapisan terluar kulit, sehingga membuka jalur keluar bagi kotoran yang terperangkap di dalam pori-pori. Dengan glycolic acid, pori-pori menjadi tidak tersumbat, sehingga proses ekstraksi sebum maupun kotoran pada komedo bisa menjadi lebih mudah.

 

Selain menggunakan skincare, kamu juga bisa mencoba perawatan di klinik kecantikan untuk menghilangkan komedo.

 

  • Facial 

Facial wajah adalah salah satu jenis perawatan kulit yang bisa kamu temukan di klinik estetik. Pastikan klinik estetik tempat kamu melakukan tindakan ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat, terapis yang terlatih, dan dikerjakan dengan peralatan yang steril. Jenis perawatan wajah ini efektif untuk meremajakan kulit wajah serta menghilangkan komedo.

 

  • Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah prosedur perawatan wajah untuk meremajakan kulit wajah. Prosedur ini dilakukan dengan menggunakan teknik pengelupasan kulit, sehingga sel-sel kulit wajah yang mati bisa terangkat, termasuk juga komedo. Mikrodermabrasi merupakan prosedur perawatan wajah yang tergolong aman karena tanpa melalui prosedur pembedahan dan dianggap cocok untuk diaplikasikan pada berbagai warna dan jenis kulit.

 

Jika kamu masih punya pertanyaan seputar keluhan komedo, silakan tanya dokter disini ya!

Referensi

  • Medicinenet(2020). Facts you should know about blackheads.
  • Dermcollective(2019). Blackhead Extractors: What Works and What Doesn’t, How to Use Them.
  • Healthline(2018). What Is Comedonal Acne and How Is It Treated?



Other Articles