Description
Treatment
Skincare
Video
ASK DOCTOR
Jerawat
written by Cut Ikhvani Audina
Medical review by dr. Dartri Cahyawari, Sp.DV
Last updated 19-May-2023

Ketahui Apa Penyebab & Cara Menghilangkan Jerawat

Sebelum kita membahas cara menghilangkan jerawat, apakah kalian tau kenapa jerawat gatal? dan kenapa jerawat muncul? Jerawat atau acne adalah masalah paling umum yang dialami oleh banyak orang. Menurut penelitian, jerawat biasanya mulai muncul ketika seseorang memasuki usia remaja. American Academy of Dermatology mengatakan bahwa 90% remaja mengalami masalah jerawat. Jerawat yang timbul pada masa pubertas, bisa berlanjut hingga mereka dewasa.

 

Lalu apa penyebab jerawat? dan kenapa jerawat gatal? Jerawat adalah masalah kulit yang terjadi karena peradangan yang diakibatkan oleh folikel rambut yang tersumbat minyak dan kotoran. Ketika memasuki usia dewasa, terjadi perubahan hormon androgen yang dapat meningkatkan produksi sebum sehingga memperbanyak bakteri Proprionibacterium acnes (p. acnes)  dan timbulnya peradangan yang berefek dalam munculnya jerawat di wajah. Selain di wajah jerawat juga dapat timbul di punggung, dada, dan badan.

 

Baca juga : Jenis & Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat

Apa saja jenis-jenis jerawat?

Jenis-Jenis Jerawat

Bentuk pada jerawat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu yang non-inflamasi dan inflamasi. Walaupun pada seseorang yang menderita jerawat lesi yang dialami tidak hanya dari satu jenis. Berikut adalah penjelasan dari setiap lesi jerawat tersebut.

 

A. Non-Inflamasi

Bentuk non-Inflamasi merupakan bentuk jerawat yang tidak meradang, yaitu komedo. Komedo terjadi ketika saluran kelenjar minyak atau sebum menebal dan menyumbat pori-pori yang menyebabkan sel kulit, sebum, dan bakteri berkumpul di dalam pori-pori sehingga terbentuklah komedo. Komedo dibedakan lagi menjadi 2 jenis yakni komedo tertutup yang disebut whiteheads dan komedo terbuka yang disebut blackheads. Penanganan komedo cukup mudah dilakukan, karena komedo merupakan jenis jerawat yang ringan. Kamu dapat menggunakan skincare yang mengandung asam salisilat dan retinoid topikal serta biasakan mencuci wajah hingga bersih.

 

Baca juga: Cara menghilangkan komedo

 

B. Inflamasi

bentuk jerawat ini, biasanya ditandai dengan warna kemerahan pada jerawat dan terdapat pembengkakan akibat peradangan karena komedo yang semakin membesar sehingga mendesak ke daerah sekitar dan bertambahnya jumlah bakteri P. acnes sehingga mencetuskan peradangan. Terdapat beberapa jenis jerawat inflamasi, diantaranya:

 

• Papula 

Papula yang berupa benjolan kecil pada jerawat dan biasanya berwarna kemerahan dan mulai terasa nyeri. Hal ini terjadi ketika sudah mulai terjadi peradangan akibat P. acnes dan sumbatan yang makin besar.

         kenapa jerawat gatal pada jerawat papula

 

• Pustula 

Pada jenis ini, jerawat berupa benjolan yang sedikit lebih besar dan lunak. Biasanya untuk jenis jerawat pustula, benjolan dapat berisi nanah dan berwarna sedikit kuning atau putih.

          apa penyebab jerawat pustula

 

• Nodul

Bentuk jerawat ini berupa benjolan dibawah permukaan kulit dan terasa sakit. Pada Nodul dan dinding saluran mulai rusak dan peradangan mulai meluas ke jaringan sekitar Ini merupakan jenis jerawat yang meradang dan biasanya ketika hilang, jenis jerawat ini akan meninggalkan bekas

          apa penyebab jerawat nodul

 

• Kista

Bentuk kista ini oleh awam sering disebut dengan jerawat batu, yang entah kenapa disebut demikian walau tidak sekeras batu. Kista memiliki ukuran yang lebih besar dan  merupakan bentuk yang lebih berat dibandingkan dengan nodul.  Hal ini terjadi karena peradangan yang lebih hebat lagi dan semakin meluas. Sehingga sering menimbulkan bekas setelah jerawat tersebut hilang.

 cara menghilangkan jerawat kista

 

Apa penyebab jerawat?

Penyebab Jerawat

 

Berbagai faktor penyebab jerawat adalah sebagai berikut:

 

  • Produksi minyak berlebih pada kulit wajah
    Sebum merupakan pelembab alami pada kulit, tetapi terkadang kelenjar sebasea dapat memompa terlalu banyak minyak. Ketika sel-sel kulit mati menyumbat pori-pori, maka minyak dapat menumpuk di belakangnya.

 

  • Saluran pada pori-pori tersumbat
    Ketika pori-pori wajah menjadi tersumbat, maka komedo akan terbentuk dan menyebabkan jerawat.


Baca Juga : Jenis-Jenis & Manfaat Facial Untuk Wajah

 

  • Bakteri
    Bakteri jenis P. acnes yang hidup di kelenjar minyak kulit dapat berkembang dan menyebabkan peradangan.

 

  • Hormon
    Hormon sangat memainkan peran dalam membentuk jerawat. Pada masa pubertas, orang akan cenderung lebih mudah berjerawat karena hormon androgen dapat merangsang produksi minyak. Pada wanita dewasa perubahan hormon menjelang menstruasi, hamil, menjelang menopause, dan menopause juga dapat timbul jerawat.

 

  • Genetik
    Jika orang tua atau saudara kita pernah menderita acne, kita juga akan cenderung menderita acne

 

  • Makanan Indeks Glikemik Tinggi
    Makanan-makanan dengan indeks glikemik tinggi atau mengandung gula yang tinggi akan meningkatkan insulin didalam tubuh sehingga, hormone androgen akan lebih aktif dan kemudian meningkatkan kerja kelenjar sebasea dan peradangan.

 

  • Stres
    Stres berhubungan erat dengan timbulnya acne, sebagai respon terhadap stress tubuh kita memproduksi lebih banyak androgen yang akan berefek meningkatkan kerja kelenjar sebasea.

 

  • Obat-obatan
    Beberapa hormon dan obat-obatan lainnya dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

 

  • Sinar Matahari
    Ultraviolet dari sinar matahari dapat menebalkan permukaan kulit, memperbesar ukuran kelenjar sebasea, dan meningkatkan produksi kelenjar sebasea.

 

  • Merokok dan Polusi
    Timbulnya radikal-radikal bebas akibat merokok dan polusi dapat merubah komposisi sebum dan juga meningkatkan produksi sebum.

Kenapa jerawat gatal?

Pasti kamu pernah mengalami jerawat yang terasa gatal. Jerawat terasa gatal karena beberapa faktor penyebab. Salah satunya adalah alergi, dimana kulit justru mengalami reaksi terhadap penggunaan skincare jerawat dengan kandungan tertentu seperti misalnya benzoil peroksida yang pada beberapa kasus dapat membuat jerawat di kulitmu terasa gatal.

 

Yang kedua, jerawat gatal bisa disebabkan karena adanya kondisi wajah yang berkeringat. Saat kulit mengalami keringat yang berlebih, tubuh juga akan memproduksi minyak yang lebih banyak, sehingga dapat mengakibatkan tersumbatnya pori-pori dan memperbanyak pertumbuhan bakteri. Ketika kondisi ini terjadi, maka jerawat dapat lebih parah dan inilah penyebab kenapa jerawat gatal.

Bagaimana cara menghilangkan jerawat?

Cara Menghilangkan Jerawat

 

Salah satu cara menghilangkan jerawat adalah dengan perawatan. Berikut berbagai macam perawatan yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat, diantaranya:

  • Obat topikal
    Obat topikal yang dimaksud adalah obat yang dioleskan. Bisa mengandung retinoid, asam salisilat, benzoil peroksida dan lain-lain.

 

  • Chemical Peeling
    Yakni prosedur yang dilakukan dengan mengoleskan bahan kimia tertentu yang diaplikasi pada lapisan kulit untuk mempercepat pergantian sel kulit dan meningkatkan pertumbuhan kolagen baru. Perawatan ini efektif untuk mengatasi jerawat, bekas jerawat, bintik-bintik penuaanmelasma, flek hitam, kulit kasar, garis-garis halus dan kerutan.

 

  • IPL (Intense Pulsed Light)
    Yakni prosedur perawatan yang menggunakan panjang gelombang cahaya yangdapat menembus ke dalam kulit untuk mengobati berbagai masalah kulit. Salah satunya adalah jerawat dengan cara membunuh bakteri dan mengatasi inflamasi, selain itu dapat juga untuk meremajakan kulit, mengurangi bulu yang tidak diinginkan dan kelainan vaskular.

 

  • LED Therapy
    Terapi LED (Light Emitting Diode) merupakan perawatan yang menggunakan panjang gelombang cahaya yang dapat menembus ke dalam kulit untuk mengobati berbagai masalah, seperti kerusakan akibat sinar matahari, jerawat, rosacea, eksim, psoriasis, dan dermatitis.

 

Jika kamu masih punya pertanyaan seputar keluhan kulit berjerawat, silakan tanya dokter disini ya!

 

Referensi

  • Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Acne
  • Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Acne
  • American Academy of Dermatology Association. Diakses pada 2022. Acne: Tips For Managing
  • Penn Medicine. Diakses pada 2022. What is Acne?
  • WebMD. Diakses pada 2022. Understanding Acne Treatment


Recently Answered

Newest Question

Most Popular

Sort by
Nur Arsyiatin
24 Jun 2024
Category: Face Concerns
Topic: Jerawat
Halo dok izin bertanya, penggunaan vitacid dan benzolac, mediklin dan benzolac berbarengan apakah boleh? Kalau boleh cara pemakainya bagaimana? Menunggu jeda berapa menit atau bagaimana? Dan dipakainya di pagi hari, siang atau malam? Setelah menggunakan obat tersebut apakah harus menggunakan moisturizer/sunscreen? Sebelum saya sudah konsul ke dokter terdekat tapi penjelasannya kurang detail. Terimakasih.
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
0 1
0 1
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
Fauziah Marhamah ramadhany
11 May 2024
Category: Face Concerns
Topic: Jerawat
tipe kulit aku kering sehingga wajah agak bertekstur,terus ada jerawat di 2 pipi dan dahi tapi susah hilang meskipun sudah pakai skincare rutin,dan di bagian jerawat suka ada komedo hitam
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
0 1
0 1
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
Vous Me
04 May 2024
Category: Face Concerns
Topic: Jerawat
Dok saya dikasih mediklin TR sama apoteker di Century, trus katanya abis pake mediklin disuruh pake vitacid. Apa aman ya pake dua2 nya?
Soalnya saya masih ragu pake nya

Jerawat saya itu jerawat white head sama papula
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
0 1
0 1
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
Aceng Uye
01 May 2024
Category: Face Concerns
Topic: Jerawat
Pada bagian kelopal mata kiri dan kanan terasa perih dan pada bagian mata sebelah kiri ada seperti jerawat besarr dan ada nanahnya kecil kecil dok
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
0 1
0 1
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
Enna Nunia
29 Apr 2024
Category: Face Concerns
Topic: Jerawat
Halo dokter. Saya ingin bertanya, sebenarnya apakah jerawat akibat ketidakcocokan memakai produk tertentu bisa muncul keesokan hari tepat setelah produk tersebut digunakan? Sebenarnya berapa waktu yang diperlukan untuk jerawat muncul ke atas permukaan kulit? Terima kasih..
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
0 1
0 1
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
Nur Arsyiatin
24 Jun 2024
Category: Face Concerns
Topic: Jerawat
Halo dok izin bertanya, penggunaan vitacid dan benzolac, mediklin dan benzolac berbarengan apakah boleh? Kalau boleh cara pemakainya bagaimana? Menunggu jeda berapa menit atau bagaimana? Dan dipakainya di pagi hari, siang atau malam? Setelah menggunakan obat tersebut apakah harus menggunakan moisturizer/sunscreen? Sebelum saya sudah konsul ke dokter terdekat tapi penjelasannya kurang detail. Terimakasih.
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
0 1
0 1
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
Fauziah Marhamah ramadhany
11 May 2024
Category: Face Concerns
Topic: Jerawat
tipe kulit aku kering sehingga wajah agak bertekstur,terus ada jerawat di 2 pipi dan dahi tapi susah hilang meskipun sudah pakai skincare rutin,dan di bagian jerawat suka ada komedo hitam
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
0 1
0 1
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
Vous Me
04 May 2024
Category: Face Concerns
Topic: Jerawat
Dok saya dikasih mediklin TR sama apoteker di Century, trus katanya abis pake mediklin disuruh pake vitacid. Apa aman ya pake dua2 nya?
Soalnya saya masih ragu pake nya

Jerawat saya itu jerawat white head sama papula
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
0 1
0 1
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
Aceng Uye
01 May 2024
Category: Face Concerns
Topic: Jerawat
Pada bagian kelopal mata kiri dan kanan terasa perih dan pada bagian mata sebelah kiri ada seperti jerawat besarr dan ada nanahnya kecil kecil dok
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
0 1
0 1
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
Enna Nunia
29 Apr 2024
Category: Face Concerns
Topic: Jerawat
Halo dokter. Saya ingin bertanya, sebenarnya apakah jerawat akibat ketidakcocokan memakai produk tertentu bisa muncul keesokan hari tepat setelah produk tersebut digunakan? Sebenarnya berapa waktu yang diperlukan untuk jerawat muncul ke atas permukaan kulit? Terima kasih..
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
0 1
0 1
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
rae len
30 Mar 2024
Category: Face Concerns
Topic: Jerawat
Sebulan yang lalu saya di resepin dokter ( saya konsultasi di halod** kalo di kasih resep cindala ( buat obat totol jerawat sm asal azeelat (zelface, buat seluruh muka) saya baru pake cindala di totol di jerawat aja.. tapi ko saya rasa makin merah ya?? ya walaupun kering jerawatnya.. trs kok ada jerawat muncul lg( di daerah yg gak aku totol) itu purging atau apa yaa? cape banget.. ๐Ÿ˜”๐Ÿ˜”padahal aku basic skincare gak ganti".. tadinya malah gak separah ini jerawat nya.. , mohon di jawab dok.. terimakasih ๐Ÿ™๐Ÿผ๐Ÿ˜‡
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
1 1
1 1
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
Rhini Violeta
03 Aug 2023
Category: Face Concerns
Topic: Jerawat
Halo dok izin bertanya, penggunaan vitacid dan mediklin berurutan apakah boleh dok? Mediklin dulu ditotol atau vitacid dioles dulu seluruh muka? Menunggu jeda berapa menit atau bagaimana dok? Setelah penggunaan obat tersebut apa harus menggunakan mositurizer atau tidak dok? Kalau iya jenis skincare apa yg boleh digunakan? Sebelumnya saya diresepkan itu oleh dokter disalah satu apps tertentu tp penjelasannya kurang detail. Beliau meresepkan obat minum astria dan dohixat serta obat oles vitacid 0.05% dan mediklin 1%,kata beliau tidak meninmbulkan detox,tapi saya lihat dibeberapa review membuat purging. Jenis kulit saya kering dan jerawat mendem. Sebelumnya juga menggunakan skincare tp tidak ada perubahan. Saya ingin mencoba yg ini semoga dokter memberi pertimbangan. Terimakasih.
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
1 1
1 1
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
Westri
10 Aug 2022
Category: Face Concerns
Topic: Jerawat
Halo dok, saya mau bertanya, apakah beruntusan tidak bisa diatasi hanya dengan skincare? Jika harus menggunakan treatmen tertentu, treatmen apa yg bisa digunakan untuk mengatasi beruntusan yang tak kunjung berkurang? Karena awal mula muka saya beruntusan hanya di bagian jidat saja, akan tetapi setelah melahirkan anak kedua beruntusan semakin merata di pipi dan area bibir,
Dijawab oleh: dr. Lulu Dwiarti Ningtias, Sp.DV
1 1
1 1
Dijawab oleh: dr. Lulu Dwiarti Ningtias, Sp.DV
sherly adelina
14 Jun 2023
Category: Face Concerns
Topic: Jerawat
siang dok, saya wanita berumur 22 tahun. di sini saya mau bertanya mengenai sunscreen yang bisa saya pakai. tipe kulit saya sensitif, berminyak, berjerawat kecil kecil, dan muka saya tipe yang merah dok. saya udah coba cukup banyak suncreen dok, tapi semua bikin muka saya kusam, berjerawat dan gatal. mohon rekomemdasi satu produk yang bisa saya gunakan dok, terima kasih dok๐Ÿ™๐Ÿป
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
1 1
1 1
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
Lanita
05 Aug 2022
Category: Face Concerns
Topic: Jerawat
Saya menggunakan cream yang tidak tau bahan nya apa, dan produk aslinya gimana. Intinya produk tersebut kemungkinan besar abal-abal karena tidak ada merk dan bpom
Tapi tidak lengket jadi dari awal saya yakin bukan merkuri

Tapi pas saya pakai bulu halus tumbuh, bruntusan sekitar bibir jika telat.
Alhamdulillah ini saya udah stop dari cream tersebut sekitar 1 tahun dan hanya fokus menggunakan cream bpom. Namun kulit saya masih jerawat an dan itu tidak sedikit

Tindakan atau treatment atau produk apa yang bisa saya pakai?
Dijawab oleh: dr. Lulu Dwiarti Ningtias, Sp.DV
0 4
0 4
Dijawab oleh: dr. Lulu Dwiarti Ningtias, Sp.DV



Other Articles