Description
Treatment
Skincare
ASK DOCTOR
Pori-Pori Besar
written by Cut Ikhvani Audina
Medical review by dr. Dartri Cahyawari, Sp.DV
Last updated 16-January-2022

Ketahui Penyebab & Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Sebelum kita membahas cara mengecilkan pori-pori wajah, kita harus tau apa itu pori-pori. Pori-pori merupakan sebuah lubang pada kulit yang memungkinkan kelenjar minyak, keringat serta partikel mikroskopis lain melewatinya. Kulit kita memproduksi sebum (minyak alami pada kulit) melalui pori-pori.

 

Tampilan pori-pori menjadi lebih besar biasanya pada daerah hidung, dimana pada daerah tersebut biasanya produksi sebum lebih banyak dihasilkan. Tampilan pori-pori juga biasanya ditentukan berdasarkan jenis kulit seseorang. Ketika seseorang memiliki jenis kulit yang berminyak, maka pori-porinya akan lebih terlihat dibandingkan dengan orang dengan jenis kulit kering.

 

Baca Juga : Jenis-Jenis Jerawat Akibat Kulit Berminyak & Cara Mengatasinya

Apa saja penyebab pori-pori besar?

Penyebab Pori Wajah Besar

 

Banyak faktor yang menyebabkan seseorang memiliki pori-pori yang besar, diantaranya :

  • Genetika

Ukuran pori-pori sebagian besar ditentukan berdasarkan genetika. Tetapi, pori-pori juga dapat semakin membesar seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Seiring waktu, pergantian sel kulit melambat dan sel-sel kulit mati menumpuk di permukaan kulit dan dapat mengakibatkan pori-pori menjadi semakin membesar.

 

  • Produksi sebum yang berlebih

Pori-pori menjadi tempat memproduksi sebum atau yang biasa disebut dengan minyak alami tubuh. Ketika sebum diproduksi secara berlebihan, kulit wajah akann menjadi lebih berminyak sekaligus membuat tampilan pori-pori menjadi lebih besar.

 

Baca Juga : Penyebab Kulit Berminyak & Cara Mengatasinya

 

  • Kerusakan kulit akibat sinar matahari

 Kerusakan akibat sinar matahari dapat melemahkan kolagen kulit. Saat kolagen rusak, dinding pori-pori pada kulit bisa melorot dan membuatnya terlihat lebih besar.

 

  • Riasan make-up comedogenic

Riasan comedogenik ternyata dapat menyumbat pori-pori, meregangkannya dan membuatnya tampak lebih besar.

 

  • Kulit yang sangat kering

Tidak hanya kulit yang berminyak, kulit yang terlalu kering juga dapat memiliki pori-pori yang tampak besar. 

Apakah pori-pori besar menyebabkan jerawat?

Jika kamu memiliki kondisi pori-pori yang besar, maka hal tersebut bisa berpotensi untuk menyebabkan jerawat. Hal ini terjadi karena pori-pori yang besar dan terbuka akan lebih mudah tertutup oleh kotoran maupun kelenjar minyak, sehingga jika dibiarkan terlalu lama akan menumpuk dan tentunya menyebabkan jerawat muncul.

Apakah pori-pori bisa hilang dengan sendirinya?

Jika kamu beranggapan bahwa pori-pori dapat hilang dengan sendirinya, maka sebenarnya anggapan itu tidak tepat. Pori-pori tidak bisa menghilang, dikarenakan pori-pori adalah bagian atau struktur dalam kulit, sehingga hanya bisa disamarkan tampilannya agar tidak terlihat jelas dan kulit nampak lebih halus. 

 

Pori-pori dapat terlihat dengan jelas jika kulit tidak dirawat dan kamu memiliki gaya hidup yang tidak sehat. Oleh karena itu, penting sekali untuk merawat kulit agar terhindar dari kotoran yang menumpuk yang dapat memperjelas tampilan pori-pori.

 

Baca juga: Apa yang harus dihindari setelah melakukan perawatan microneedling RF?

Bagaimana cara mengecilkan pori-pori wajah?

Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Ada beberapa cara mengecilkan pori-pori wajah yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan topikal dan juga juga tindakan di klinik kecantikan.

 

Topikal

  • Retinoid

Para dermatologis menganggap bahwa retinoid adalah produk perawatan kulit untuk yang efektif untuk meningkatkan warna kulit, membalikkan kerusakan akibat sinar matahari, dan mengobati jerawat, rosacea, garis-garis halus, kerutan serta mengecilkan pori-pori. Retinoid yang tersedia di Indonesia berupa retinol, tretinoin, atau pun adapalen. Tretinoin dan adapalene dapat diresepkan oleh dokter kulitmu sebagai krim atau gel dalam kekuatan dosis mulai dari 0,01% hingga 0,1%. Sedangkan retinol dapat kamu temukan diproduk over the counter (OTC).

 

Tindakan

  • Microneedle

Microneedle menjadi salah satu perawatan kecantikan untuk mengatasi masalah kerutan, bekas jerawat dan tekstur kulit dimana perawatan ini dilakukan dengan cara menggunakan jarum-jarum berukuran kecil yang ditusukkan ke permukaan kulit yang kemudian akan menimbulkan luka kecil dan selanjutnya akan merangsang peremajaan kulit. 

 

Perawatan ini dilakukan dengan menggunakan kombinasi radiofrekuensi dan microneedle untuk peremajaan kulit dan merangsang pembentukkan kolagen baru. Ini adalah jenis perawatan invasif yang dapat membantumu untuk kembali mendapatkan kulit wajah yang lebih kencang serta mengecilkan pori-pori. Perawatan ini aman untuk dilakukan semua jenis kulit. 

 

  • Laser non resurfacing

Laser non resurfacing adalah salah satu perawatan dengan menggunakan teknologi laser yang tidak menyebabkan perlukaan pada kulit karena laser ini bekerja dengan menembus dan memperbaiki lapisan dalam kulit. Prosedur ini umumnya tidak menimbulkan rasa sakit pada saat pengerjaan. Manfaat dari perawatan Laser non resurfacing antara lain untuk peremajaan kulit, mengurangi flek hitam, mengecilkan pori-pori, mengencangkan kulit serta menghilangkan bekas jerawat. 

 

  • Laser Resurfacing.

Perawatan ini adalah jenis perawatan non-bedah dimana sinar laser dapat menembus lapisan bawah kulit dan menyebabkan kerusakan mikro sehingga memicu regenerasi kulit. Ketika kulit mengalami regenerasi maka teksturnya akan lebih baik. Oleh karena itu, perawatan ini disebut efektif untuk mengobati garis-garis halus dan kerutan, bekas jerawat, bintik-bintik hitam, mengecilkan pori-pori serta mampu untuk mengencangkan kulit.

 

Jika kamu masih punya pertanyaan seputar keluhan kulit pori-pori besar, silakan tanya dokter disini ya!