Description
Treatment
Skincare
Video
Bekas Jerawat (PIE & PIH)
written by Febiola Tambunan
Medical review by dr. Hari Darmawan, Sp.KK
Last updated 28-March-2022

Apa Itu Bekas Jerawat?

 

Bekas jerawat adalah semacam bekas luka yang timbul setelah jerawat mereda, yang berada di permukaan kulit dan kemunculannya cukup mengganggu, dan dapat menurunkan kepercayaan diri. Bekas jerawat yang muncul setelah jerawat mengering ini bisa lebih dari satu dan berada di area yang mudah dilihat. Bekas jerawat bisa berwarna merah ataupun hitam. Kondisi ini bisa dilihat dari perubahan tekstur dan lekukan di kulit yang bersifat permanen. Namun, bekas jerawat dengan noda hitam maupun merah ini masih bisa diobati, jika ditangani lebih awal.

 

Baca juga: Apakah perawatan mikrodermabrasi aman?

Apa saja jenis bekas jerawat?

Jenis Bekas Jerawat

 

  • Post-Inflammatory Erythema (PIE) 

Post-Inflammatory Erythema (PIE) adalah istilah untuk bekas jerawat dengan warna kemerahan, pink, maupun ungu. PIE terjadi jika kamu memiliki warna kulit lebih terang seperti kulit tipe I, II, dan III pada skala kulit fitzpatrick. PIE muncul secara berkelompok maupun sebagai titik tunggal pada kulit. PIE bisa bertahan sampai 6 bulan dan akan hilang dengan sendirinya, meskipun terkadang bisa hilang lebih cepat.

          

 

Post-Inflammatory Hyperpigmentation (PIH) adalah bekas jerawat dengan warna coklat atau kehitaman. Bekas jerawat ini sering muncul pada mereka yang memiliki kulit cenderung gelap seperti kulit tipe IV, V, dan VI pada skala kulit Fitzpatrick. PIH ini bertahan lebih lama dari PIE, yakni lebih dari 6 bulan. Kamu perlu tahu jika PIE dan PIH mungkin bisa terjadi secara bersamaan pada berbagai jenis kulit. 

          

Apa saja penyebab bekas jerawat PIE & PIH?

Bekas jerawat jenis PIE muncul karena pembengkakan atau kerusakan pada kapiler atau pembuluh darah kecil di bawah kulit. Selain kerusakan kapiler, PIE juga muncul karena jerawat kistik. Akan tetapi, beberapa kondisi kulit inflamasi seperti paparan sinar matahari dan dermatitis juga bisa menjadi penyebab munculnya PIE. Sedangkan untuk bekas jerawat PIH disebabkan melanin yang diproduksi secara berlebih pada kulit setelah terjadi proses peradangan/inflamasi. 

 

Baca juga: Siapa saja orang yang disarankan melakukan perawatan LED light therapy?



Bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat PIE & PIH?

 Cara Menyembuhkan Bekas Jerawat PIE

 

1. Penggunaan skincare dengan berbagai kandungan bahan aktif 

Kamu bisa memakai skincare yang memiliki kandungan zat zat yang membantu memperbaiki skin-barrier, seperti serum dengan niacinamideceramidetranexamic acid. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan produk yang bisa menenangkan kulit (bersifat calming and soothing), seperti centella asiatica, green teaazelaic acid, allantoin, dan panthenol.

 

2. Perawatan di klinik 

 

  • Pulsed Dye Laser

Selain dengan obat, bekas jerawat juga bisa dihilangkan dengan terapi pulsed dye laser. Dalam beberapa kasus, dokter spesialis akan menggunakan perawatan laser untuk mengurangi kemerahan dan membuat penyembuhan bekas jerawat menjadi lebih cepat. Energi pulse dye laser akan memancarkan sinar dengan panjang gelombang 595 nm yang dapat menembak target area pada kulit yang ingin disembuhkan. Salah satu contoh laser PDL adalah V-Beam yang dapat menghantarkan sinar laser ke target area pada kulit kemudian diarbsorbsi oleh pembuluh darah sehingga pembuluh darah menutup dan hilang. 

 

  • Metode IPL

Metode IPL atau intense pulse light juga bisa kamu jalani untuk menghilangkan bekas jerawat PIE. Perawatan IPL memanfaatkan energi cahaya dengan intensitas tinggi yang bisa memperbaiki berbagai masalah pada wajah, termasuk termasuk bekas jerawat PIE/PIH.

 

 

Cara Menyembuhkan Bekas Jerawat PIH

 

  • Metode IPL

Jika kamu ingin menghilangkan bekas jerawat yang mengganggu penampilan seperti bekas jerawat PIH, maka metode IPL atau intense pulse light bisa kamu tempuh. Perawatan IPL memanfaatkan cahaya berintensitas tinggi yang cocok untuk mengatasi berbagai masalah, diantaranya bekas jerawat PIE & PIH. Agar IPL efektif untuk mengurangi tampilan bekas jerawat, besar intensitas cahaya yang digunakan akan disesuaikan dengan kondisi kulit pasien dan disesuaikan pula seberapa besar area kulit yang akan dilakukan perawatan.

 

  • Laser Nd YAG 

Laser Nd YAG adalah salah satu laser yang umum digunakan untuk mengobati berbagai masalah kulit. Laser ini menggunakan kristal Nd-YAG (neodymium-doped yttrium alumunium garnet). Cara kerja laser ini dengan menembakkan gelombang atau sinar panjang bertenaga tinggi (umumnya 1064 nm) hingga menembus lapisan kulit yang lebih dalam tanpa merusak permukaan kulit luar, sehingga bekas jerawat yang terkesan mengganggu penampilan bisa disamarkan.

 

  • Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah prosedur perawatan wajah yang berfokus pada peremajaan kulit. Prosedur ini bertujuan untuk eksfoliasi, sehingga sel-sel kulit wajah yang mati bisa terangkat dan didapatkan sel kulit baru yang lebih bersih, halus dan sehat. Mikrodermabrasi wajah digunakan untuk mengatasi bekas jerawat di permukaan atau lapisan luar (epidermis) kulit wajah, sehingga perawatan ini dinilai juga cukup efektif untuk mengurangi tampilan bekas jerawat PIH.

 

Jika kamu masih punya pertanyaan seputar bekas jerawat PIE & PIH, silakan tanya dokter disini ya! 

Referensi

Healthline (2020). How to Treat Post-Inflammatory Erythema
Lawrence E, et al. (2020). Postinflammatory hyperpigmentation.
National Library of Medicine (2012). Lasers for Treatment of Melasma and Post-Inflammatory Hyperpigmentation
National Library of Medicine (2018). Intense Pulsed Light Therapy for Acne-Induced Post-Inflammatory Erythema
Journal of The American Academy of Dermatology (2017). Postinflammatory hyperpigmentation: A comprehensive overview: Treatment options and prevention




Other Articles