Kapan Waktu yang Tepat Melakukan Perawatan Anti-Aging?
14 November 2023 - by Nadira Maurizka
COPY LINK

Kapan Waktu yang Tepat Melakukan Perawatan Anti-Aging?

 

 

Penuaan-kulit.jpg

 

 

Penuaan pada kulit bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti faktor lingkungan, faktor genetik dna juga gaya hidup yang biasa kita lakukan. Kebiasaan merokok dapat meningkatkan produksi radikal bebas yang bisa merusak sel dalam tubuh dan berujung pada kemunculan keriput.

 

Namun, di luar dari itu semua, kulit kita memang tidak bisa menghindar dari namanya tanda penuaan. Seiring dengan bertambahnya usia, kulit akan kehilangan kemampuan untuk memperbarui sel-selnya (skin cell renewal). Oleh karena itu, semakin tua kulit akan semakin kendur. Beberapa tanda penuaan yang mungkin kamu temui pada kulit kamu seperti:

 

  • Semakin bertekstur dan kering
  • Kulit semakin kendur dan tidak kencang 
  • Kulit semakin menipis
  • Semakin banyak garis-garis halus

 

 

Baca Juga: Polusi Udara Bikin Kulit Cepat Menua?

 

 

Kapan baiknya kita menggunakan perawatan anti-aging?

 

Meskipun tidak bisa dihindari, kita bisa menunda proses penuaan tersebut muncul beberapa tahun lebih lama agar kulit kita tetap kencang dan sehat. Kamu bisa menggunakan produk anti-aging mulai dari usia 20 hingga 30 tahun. Merawat kulit sejak dini merupakan keputusan terbaik yang bisa kamu lakukan untuk kulit kamu di masa depan. Meskipun pada usia 20 tahun kamu belum menemukan adanya tanda-tanda penuaan, kamu bisa menggunakan produk anti-aging sebagai pencegahan.

 

Kulit kamu memang memiliki kemampuan untuk memperbaiki sel-selnya sendiri. Namun, tidak ada kata terlambat untuk kamu memulai rangkaian skincare yang bisa melindungi kamu dari penuaan dini. Terlebih lagi jika kamu memiliki kondisi kulit kering. Hilangnya minyak alami kulit seiring bertambahnya usia bisa memperparah kondisi kulit kamu yang kering. Kulit yang kering akan membuat kerutan halus semakin terlihat.



 

Kandungan skincare yang cocok untuk perawatan anti-aging

 

 

Skincare-anti-aging.jpg

 

 

Skincare utama yang harus kamu miliki sebelum perawatan anti-aging adalah sunscreen. Sinar ultraviolet yang dihasilkan matahari memiliki dampak buruk yang berkepanjangan bagi kulit kamu dan bisa berujung pada kanker kulit. Segala skincare tidak bisa bekerja dengan maksimal jika tidak diiringi dengan penggunaan broad-spectrum sunscreen. Jadi sunscreen itu wajib ya, SobatHey!

 

Untuk mencegah penuaan dini, kamu bisa mencari skincare yang berfungsi untuk meremajakan kulit dan mencegah kerusakan sel kulit akibat sinar UV dan juga mampu merangsang produksi kolagen dan elastin baru di kulit. Kandungan skincare yang bisa kamu consider yaitu:

 

1. Turunan vitamin A, seperti retinoid atau retinol. Retinol kini sudah banyak tersedia di berbagai market place dan dosisnya pun beragam. Apabila kamu pemula, kamu bisa memilih dosis yang paling rendah terlebih dahulu. Retinol dikenal sebagai kandungan aktif yang mampu mempercepat cell turnover dan menyamarkan kerutan. 

 

2. Hyaluronic Acid (HA). Untuk memperlambat penuaan, kamu membutuhkan bahan aktif yang mampu menghidrasi kulit. HA bisa digunakan pada pagi dan malam hari.

 

3. Niacinamide. Kandungan ini bisa kamu temukan dalam bentuk pelembab, toner, dan serum. Niacinamide cocok sebagai perawatan anti-aging karena bersifat anti-inflamasi.

 

4. Peptide. Kandungan peptide sangat membantu dalam pembentukan kolagen dalam sel kulit  dan bisa meningkatkan kelembaban kulit.

 

5. Astaxanthin. Kandungan ini bisa kamu temukan dalam bentuk body lotion. Ia bermanfaat untuk mengendalikan radikal bebas dalam tubuh kamu, sehingga sel-sel kulit tidak cepat rusak.



Masih banyak lagi kandungan aktif yang bisa menunjang rangkaian skincare anti-aging kamu. Pada dasarnya, carilah skincare yang bisa melindungi kamu dari kerusakan sel-sel kulit dan juga mampu melembabkan. Pastikan juga kamu hanya menggunakan skincare yang cocok dengan kulit kamu.

 

 

Baca Juga: 10 Kebiasaan Sepele yang Menyebabkan Penuaan Dini

 

 

Untuk kondisi kulit tertentu, seperti pada ibu hamil & menyusui atau memiliki riwayat alergi dan iritasi, kamu wajib mengonsultasikan jenis kandungan skincare ke dokter terlebih dahulu. Apabila kamu masih memiliki pertanyaan seputar masalah tanda penuaan, yuk tanyakan pada dokter di sini!



Referensi:

WebMD (2012). Diakses pada 2023. Too Young for Anti-Aging Products?

American Academy of Dermatology Association (2023). Diakses pada 2023. Dermatologist-Recommended Skin Care for Your 20s.

Byrdie (2023). Diakses pada 2023. The 9 Best Anti-Aging Ingredients, According to Dermatologist.

WebMD (2023). Diakses pada 2023. The Effects of Aging on Skin.

Tags :
Other Articles