Description
Treatment
Skincare
Video
Garis Senyum
written by Cut Ikhvani Audina
Medical review by dr. Dartri Cahyawari, Sp.DV
Last updated 29-March-2022

Apa Itu Garis Senyum?

Garis senyum atau smile line adalah kerutan yang muncul di area dekat mulut hingga hidung yang terjadi akibat gerakan wajah berulang. Gerakan wajah yang berulang inilah yang kemudian perlahan akan membekas sehingga menimbulkan garis-garis lipatan. Garis senyum masuk ke dalam kategori jenis kerutan yang biasa disebut dengan Dynamic Expression Line.

 

Baca juga: Apa yang terjadi setelah perawatan PRP T-Lab Kit?

Apa penyebab garis senyum?

 

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan munculnya smile line pada wajah seseorang, diantaranya:

 

  • Sinar matahari

Paparan sinar matahari secara berlebihan memiliki dampak buruk bagi kesehatan kulit, terutama dalam hal membuat munculnya kerutan dan kulit kendur

 

  • Usia

Semakin bertambahnya usia, maka tidak bisa dipungkiri bahwa kulit akan kehilangan elastisitas serta menimbulkan kerutan dan juga kulit kendur. Hal inilah yang kemudian juga membuat tampilan crows feet menjadi lebih terlihat.

 

  • Gerakan wajah yang berulang

Gerakan wajah yang berulang seperti tersenyum, tertawa atau gerakan ekspresi lainnya perlahan akan membekas dan menimbulkan garis-garis lipatan.

 

  • Kurang tidur/istirahat

Jika kamu memiliki durasi tidur yang kurang, maka tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kendur dan kemudian akan menimbulkan garis-garis kerutan.

 

  • Merokok

Merokok ternyata juga dapat mempercepat penuaan dini dengan memengaruhi suplai darah kulit. Oleh karena itu, penting untuk tetap menjaga pola hidup yang sehat.

Bagaimana cara mencegah garis senyum?

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk menghindari terbentuknya smile line adalah dengan rutin menggunakan sunscreen setiap hari sebelum kamu beraktifitas diluar ruangan. Sunscreen dapat membantumu untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari, sebab paparan sinar matahari yang terlalu lama juga akan membuat tampilan garis kerut semakin jelas terlihat. Selain itu, terapkan pola hidup serta jam tidur yang cukup agar kesehatan kulitmu tetap terjaga.

 

Baca juga: Apa saja efek samping dari perawatan facelift?

 

Bagaimana cara menghilngkan garis senyum?

 

  • Retinoid

Para dermatologis menganggap bahwa retinoid adalah produk perawatan kulit untuk yang efektif untuk memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari, memperhalus tampilan kerutan, mengobati jerawat, dan rosacea. Beberapa retinoid dapat diresepkan oleh dokter kulitmu sebagai krim, gel, atau cairan dalam kekuatan dosis mulai dari 0,01% hingga 0,1%.

 

Pada perawatan ini, prosedur yang dilakukan adalah dengan mengoleskan bahan kimia tertentu yang diaplikasikan pada lapisan kulit untuk mempercepat pergantian sel kulit dan mendorong pertumbuhan kolagen baru. Perawatan ini efektif untuk mengatasi jerawat, bekas jerawat, bintik-bintik penuaanmelasma, hiperpigmentasi, kulit kasar, kerusakan akibat sinar matahari, garis-garis halus, dan kerutan. Perawatan ini aman dilakukan dan cocok untuk semua jenis kulit.

 

  • Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah perawatan yang dilakukan dengan cara menyemprotkan butiran kristal kecil yang bertujuan untuk mengangkat lapisan kulit mati atau eksfoliasi kulit. Perawatan ini memiliki berbagai manfaat diantaranya mengurangi tampilan garis halus dan kerutan, mengecilkan pori-pori, meratakan warna kulit serta mengatasi jerawat dan bekas jerawat serta tampilan flek hitam di kulit wajah.

 

 

  • Laser 

Laser adalah salah satu perawatan dengan menggunakan teknologi laser yang tidak menyebabkan perlukaan pada kulit karena laser ini bekerja dengan menembus dan memperbaiki lapisan dalam kulit, serta meningkatkan produksi kolagen. Prosedur ini umumnya tidak menimbulkan rasa sakit pada saat pengerjaan. Manfaat dari perawatan Laser antara lain untuk peremajaan kulit, mengecilkan pori-pori, mengencangkan kulit serta menghilangkan bekas jerawat.

 

  • Threadlift

Threadlift merupakan prosedur pengencangan kulit dengan metode tanam benang yang mampu diserap oleh kulit dan memicu pembentukkan kolagen baru secara maksimal. Selain itu, threadlift juga mampu menyamarkan garis halus dan kerutan yang ada di area wajah.

 

  • Skinbooster

Skin booster adalah salah satu prosedur perawatan kecantikan untuk meremajakan kulit yang menggunakan suntikan filler dengan kandungan asam hialuronat yang dimasukkan ke dalam lapisan bawah kulit. Manfaat dari perawatan skin booster  ini adalah untuk meningkatkan elatisitas kulit dan menjaga kekenyalan kulit sehingga kulit tampak lebih sehat dan muda serta mengurangi tampilan garis halus dan kerutan.

 

PRP adalah prosedur yang dilakukan menggunakan plasma darah pasien dengan trombosit tinggi yang disuntikkan ke bagian dalam kulit. Dokter juga akan menggunakan alat derma pen atau derma roller untuk membantu proses penetrasi ke dalam kulit. Trombosit dalam plasma darah ini memiliki manfaat untuk peremajaan kulit, kerutan, menghilangkan bekas jerawat, stretch mark hingga kebotakan.

 

Perawatan ini dilakukan dengan menyuntukkan bahan-bahan tertentu seperti Hyaluronic Acid yang dapat bekerja untuk mengurangi kerutan atau lipatan di kulit wajah. Perawatan ini juga bisa dilakukan untuk mengisi volume bibir, mengurangi kantung mata dan menambah volume kulit.

 

  • Microneedle

Microneedle menjadi salah satu perawatan kecantikan untuk mengatasi masalah kerutan, bekas jerawat dan tekstur kulit dimana perawatan ini dilakukan dengan cara menggunakan jarum-jarum berukuran kecil yang ditusukkan ke permukaan kulit yang kemudian akan menimbulkan luka kecil dan selanjutnya akan meranngsang peremajaan kulit.

 

Botox adalah obat yang diberikan melalui suntikkan yang bertujuan untuk melemskan otot-otot wajah dan mengurangi tampilan garis halus dan kerutan. Botox adalah perawatan yang sudah mendapatkan FDA Approved untuk mengatasi masalah kerutan di wajah.

 

  • Facelift

Facelift adalah prosedur perawatan bedah yang bertujuan untuk mengencangkan kulit yang kendur. Perawatan ini dapat mengatasi masalah kulit wajah kendur, lipatan dalam, rahang, dan kelemahan otot. Umumnya pasien mengatakan tidak terlalu merasakan sakit saat menjalani perawatan ini. Facelift merupakan prosedur perawatan rawat jalan, dan apabila dilakukan dengan benar maka bekas luka umumnya tidak terlihat setelah masa penyembuhan selesai.

 

Jika kamu masih punya pertanyaan seputar keluhan garis senyum, silakan tanya dokter disini ya!




Other Articles