Description
Treatment
Skincare
Video
Kulit Kendur
written by Febiola Tambunan
Medical review by dr. Hari Darmawan, Sp.KK
Last updated 29-March-2022

Apa Itu Kulit Kendur?

Kulit mengendur sebenarnya adalah proses normal yang terjadi karena usia yang bertambah. Semakin tua usia kita, lemak di wajah akan semakin berkurang dan menipis, sehingga jaringan lemak yang tersebar di berbagai area wajah, seperti pipi, pelipis, dahi, bibir, termasuk di leher menjadi kendur. 

 

Proses реnuааn jugа dapat menyebabkan karena produksi elastin dan kolagen dalam tubuh berkurang, sehingga mengakibatkan timbulnya kulit kendur dan tampak berkerut. Selain penuaan, kulit kendur juga bisa dialami oleh orang yang obesitas. Seringkali orang yang menjalani diet ketat secara drastis akan mengalami kulit kendur di sejumlah area tubuh terutama leher, lengan, perut, dan paha. Hal ini terjadi karena kulit yang awalnya meregang untuk menampung lemak, tidak bisa kembali kencang setelah lemak hilang karena diet yang dilakukan. 

 

Baca juga: Apa itu Radiofrekuensi (RF)?

Apa saja ciri-ciri kulit kendur?

Kulit kendur identik dengan penuaan. Proses penuaan dapat menyebabkan produksi kolagen tubuh berkurang, sehingga kulit menjadi kendur dan timbul kerutan. Jika kamu masih muda dan sedang dalam masa diet dari obesitas, besar kemungkinan kulit perut atau bagian tubuh lain yang sebelumnya digunakan untuk menampung lemak menjadi kendur, dan hal tersebut adalah wajar. Bentuknya seperti gelambir atau kulit yang berlipat.

Apa penyebab kulit kendur?

Penuaan dan diet ketat dari obesitas bisa menjadi penyebab utama kulit kendur. Selain penuaan, kulit kendur juga diakibatkan karena paparan sinar matahari, kebiasaan merokok, perubahan hormon, bahkan juga dari garis keturunan (genetik). Jika kamu mengalami salah satu ciri diatas, bisa jadi itulah yang menjadi penyebab kulit kamu menjadi kendur.

 

Baca juga: Bagaimana prosedur selama perawatan HIFU?

 

Apakah kulit kendur dapat semakin parah?

Kulit kendur bisa semakin parah jika pola hidup yang kamu jalani tidak sehat, seperti misalnya jam istirahat yang kurang ataupun merokok. Jika berhubungan dengan penuaan, maka hal yang bisa kamu lakukan adalah memperlambat kulit kendur dengan perawatan kecantikan atau olahraga untuk menjaganya tetap kencang, dan juga menjalani pola hidup sehat.

 

Jadi yang bisa kamu lakukan adalah menjaga kulit agar tidak semakin mengendur, sembari melakukan beberapa workout yang bisa membantu membentuk otot di tubuh, sehingga kekosongan kulit karena ditinggal lemak, bisa terisi dengan massa otot yang membesar.

Bagaimana cara mengencangkan kulit kendur?

 

Ada beberapa cara alami dengan cara menjaga pola hidup sehat yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi kulit kendur. Seperti perbanyak minum air putih, makan buah dan sayuran, olahraga ringan secara rutin, dan konsumsi zat bergizi. Namun jika kamu ingin cara cepat dalam mengencangkan kulit kendur kembali, Kamu bisa melakukan beberapa perawatan kulit ke dokter spesialis kulit.

 

Apabila kulit kendur dan bergelambir hanya muncul pada beberapa bagian tubuh saja, kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter spesialis kulit terlebih dahulu. Dokter kulit mungkin bisa menawarkan beberapa perawatan untuk mengencangkan kulit secara permanen melalui jalur medis.

 

Baca Juga: Ketahui Penyebab Kulit Rahang Kendur

 

Jenis perawatan akan disesuaikan dengan permintaan yang kamu harapkan dan kondisi kulit yang kamu punya. Beberapa alternatif perawatan kecantikan yang bisa kamu coba untuk mengatasi kulit kendur diantaranya :

 

  • Prosedur Bedah 

Jika kulit kamu kendur setelah diet ketat, kamu bisa mengencangkan kulit dengan prosedur bedah. Dokter akan menyayat tubuh dan mengeluarkan kulit yang berlebih, kemudian disatukan kembali agar memiliki tampilan kulit yang lebih kencang.

 

Prosedur bedah bisa dilakukan pada area tubuh yang berlemak dan berkemungkinan besar memiliki gelambir, seperti perut, pinggul, dan bagian lengan. Akan tetapi , karena prosedur ini bukan cara umum, kamu harus berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu dan pastinya memiliki efek samping serta downtime yang lebih lama dibandingkan dengan prosedur non-bedah.

 

  • Prosedur Thread Lift

cara-mengencangkan-kulit-kendur-threadlift.png

 

Prosedur thread lift atau tanam benang merupakan salah satu cara untuk mengencangkan kulit dengan memasukkan jarum tipis untuk menyisipkan benang polypropylene ke lapisan lemak dibawah kulit. Benang ini nantinya akan ditarik untuk mengangkat kulit yang kendur di wajah dan leher. Tidak seperti prosedur bedah yang mengangkat jaringan kulit, prosedur ini hanya menggunakan tarikan benang untuk mengencangkan kulit, sehingga prosedur ini lebih murah daripada prosedur bedah, rasa sakit lebih sedikit dan proses penyembuhan relatif lebih cepat. 

 

  • HIFU (High Intensity Focused Ultrasound)

Perawatan ini menggunakan teknologi yang bersifat non bedah dengan cara memancarkan gelombang ultrasonik pada area kulit yang akan dirawat, sehingga efek panas yang ditimbulkan akan membentuk kolagen yang dapat membantu mengembalikan tampilan kulit yang lebih kencang.

 

  • Radiofrekuensi

cara-mengencangkan-kulit-kendur-rf.png

 

Perawatan Radiofrekuensi merupakan perawatan dengan menggunakan teknologi yang menghantarkan energi panas yang akan mendorong produksi elastin dan kolagen baru pada lapisan dermis menggantikan elastin dan kolagen yang mulai berkurang karena faktor usia. Perawatan ini efektif untuk mengatasi beberapa masalah kulit seperti mengencangkan kulit kendur, mengurangi lemak pada bagian tubuh, menghilangkan kerutan wajah hingga peremajaan lapisan kulit yang dilakukan tanpa metode operasi dan merusak lapisan kulit atas. Prosedur perawatan ini memerlukan pengulangan sampai beberapa kali hingga beberapa bulan untuk memperoleh hasil yang maksimal. Sehingga perlu kamu pertimbangkan dari segi biaya dan waktu.

 

Jika kamu masih punya pertanyaan seputar kulit kendur, silakan tanya dokter disini ya!




Other Articles