Description
Treatment
Skincare
Video
ASK DOCTOR
Bekas Luka
written by Febiola Tambunan
Medical review by dr. Hari Darmawan, Sp.KK
Last updated 28-October-2022

Apa Itu Bekas Luka?

Bekas luka adalah hasil akhir dari proses penyembuhan luka. Luka bisa terjadi karena beberapa keadaan seperti luka lecet, luka robek, luka tusuk, luka sayat, luka gigitan dan lain-lain. Luka mengalami 4 fase selama penyembuhan, dimulai dari koagulasi (pembekuan darah), inflamasi (peradangan), proliferasi (pembelahan jaringan) dan regenerasi (remodelling), hingga akhirnya tertutup sempurna.

 

Jika tubuh mengalami luka namun penyembuhannya tidak sempurna, kulit tidak akan melakukan regenerasi bentuk jaringan yang serupa dengan kondisi sebelumnya, tapi dengan menutup defek luka menggunakan jaringan ikat yang berbentuk seperti parut. Jika dibandingkan dengan kondisi jaringan normal, jaringan parut sendiri berbeda dari segi penampilan, fungsi, dan kekuatan jaringan yang membentuknya. Bahkan dalam beberapa kasus, jaringan parut dapat mengganggu fungsi organ disekitarnya.

 

Baca juga: Apa yang Terjadi Setelah Melakukan Microneedling RF?

Apa saja jenis-jenis bekas luka (scar)?

 Jenis Bekas Luka

 

  • Bekas luka keloid 

Keloid adalah bekas luka yang tumbuh jauh lebih besar dari luka itu sendiri dan menonjol. Sebenarnya keloid tidak berbahaya, tetapi kerap kali membuat orang yang memiliki keloid menjadi tidak percaya diri. Tidak semua orang yang memiliki bekas luka akan mengalami keloid. Namun, seseorang dengan kulit yang rentan timbul keloid, apa pun yang dapat menyebabkan bekas luka dapat menyebabkan keloid. 

       bekas luka keloid 

 

  • Bekas luka hipertrofik 

Bekas luka ini seperti keloid dan berwarna merah. Namun, jaringan hipertrofik cenderung lebih ringan dan tidak tumbuh melebihi batas cedera atau luka pada kulit. Hanya saja, bekas luka hipertrofik muncul di sekitar lokasi cedera. Jaringan hipertrofik dapat hilang dengan sendirinya atau menggunakan pengobatan. 

         bekas luka hipertropik

 

  • Bekas luka atrofi 

Bekas luka atrofi muncul dengan bentuk lubang/bopeng atau scars sehingga membentuk cekungan di bawah kulit. Bekas luka ini terjadi karena kolagen kulit mengalami kerusakan. Biasanya terjadi pada  kondisi seperti cacar air dan jerawat.

          bekas luka atrofi

Apakah bekas luka bisa hilang dengan sendirinya?

Sebenarnya, bekas luka perlahan-lahan bisa menghilang. Semakin kecil atau dangkal luka yang terjadi dan semakin cepat ditangani maka penyembuhan luka akan berlangsung lebih cepat dan lebih baik. Namun untuk bekas luka yang besar dan dalam, maka kemungkinan untuk timbul komplikasi pun akan lebih besar. Hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah memudarkan tampilan bekas luka, sehingga tampak lebih samar. 

Apa yang menyebabkan bekas luka susah hilang?

Penyebab bekas luka tidak sembuh sempurna sebenarnya disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari usia, genetik, defisiensi nutrisi, perawatan kulit dan luka yang tidak tepat, hingga gangguan medis tertentu.  Kondisi ini sebenarnya tidak berbahaya bagi tubuh, tetapi tidak sedikit yang menganggap hal ini sebagai pengganggu penampilan.

 

Baca juga: Kapan waktu yang tepat menggunakan Vitamin C?

 

Bagaimana cara menghilangkan bekas luka?

 Cara Menghilangkan Bekas Luka

 

  • Penggunaan krim/skncare

Kamu bisa menggunakan krim/gel penghilang bekas luka yang memiliki kandungan efektif untuk mengurangi tampilan bekas luka seperti asam glikolat, asam salisilat, retinol, vitamin C, dan vitamin E. Penggunaan krim ini hanya efektif untuk jenis bekas luka yang tidak memiliki tekstur, sedangkan untuk yang bertekstur dapat menggunakan krim yang mengandung silikon gel. 

 

  • Suntikan steroid

Kamu bisa melakukan suntik steroid jika luka kamu menjadi keloid atau jaringan parut hipertrofik dan  dirasa mengganggu. Suntikan steroid akan melunakkan tampilan bekas luka jenis tersebut. Namun, suntikan steroid perlu dilakukan beberapa kali pada keloid atau jaringan parut hipertrofik, dan perlu diulang selama jangka waktu yang panjang, untuk hasil yang maksimal.

 

  • Microneedling

Teknik ini dikerjakan jika kalian mempunyai bekas luka scars/bopeng. Sesuai namanya, microneedling menggunakan jarum halus yang akan menusuk bekas luka bopeng. Karena bekas luka ditusuk, kulit akan mengalami perlukaan dan melakukan regenerasi serta menghasilkan lebih banyak kolagen. Kolagen baru inilah yang diharapkan mampu menghaluskan kulit, menyamarkan bekas luka, dan meratakan tekstur kulit. 

 

  • Laser resurfacing

Laser resurfacing adalah prosedur peremajaan dan perbaikan tekstur kulit dimana laser akan menembak jaringan dermis untuk merangsang pembaharuan sel kulit dan memperbaiki kondisi kulit yang mengalami kerusakan. Perawatan ini termasuk ke dalam perawatan non-invasif dan aman untuk perbaikan sel kulit. 

 

Jika kamu masih punya pertanyaan seputar bekas luka, silakan tanya dokter disini ya!

Referensi

  • NHS. Diakses pada 2022. Scars
  • WebMD. Diakses pada 2022. Scars and Your Skin
  • Johns Hopkins Medicine. Diakses pada 2022. Scars
  • American Academy of Dermatology Association. Diakses pada 2022. Scars: Diagnosis and Treatment


Recently Answered

Newest Question

Most Popular

Sort by
Arsya Alfadilah
13 May 2024
Category: Body Concerns
Topic: Bekas Luka
Bagaimana cara menghilangkan bekas luka kesiram air panas ini dok
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
0 1
0 1
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
Niken PA
04 Mar 2024
Category: Body Concerns
Topic: Bekas Luka
Dok kalau menghilangkan bekas luka apakah bisa dok? kemarin bgt baru ketumpahan minyak panas dok, hari ini melepuh dok udah di kasih bioplacenton aja dok, kemudian untuk menghilangkan bekas apakah nunggu kering dulu dok?
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
0 1
0 1
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
Ahmad Fajri
13 Feb 2024
Category: Body Concerns
Topic: Bekas Luka
luk saya sudah 1 bulan belum sembuh . ini kira kira penyakit apa ya dok. terima kasih
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
0 1
0 1
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
love is embarrassing
27 Nov 2023
Category: Body Concerns
Topic: Bekas Luka
maaf dok mau tanya ini penyakit apa ya tiba tiba ada luka begini ngga tau penyebab dia muncul kenapa
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
0 1
0 1
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
Maya Apriliani
16 Nov 2023
Category: Body Concerns
Topic: Bekas Luka
treatment apa aja ya kak yg direkomendasikan untuk bekas luka cakaran saya,saya ga pd bgt kak soalnya di pipi jadi aneh gitu, dan juga di klinik tersebut apakah ada treatment yang disarankan kak?dan kisaran harga mulai dari brpa ya kak??tolong bgt inimah
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
0 1
0 1
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
Arsya Alfadilah
13 May 2024
Category: Body Concerns
Topic: Bekas Luka
Bagaimana cara menghilangkan bekas luka kesiram air panas ini dok
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
0 1
0 1
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
Niken PA
04 Mar 2024
Category: Body Concerns
Topic: Bekas Luka
Dok kalau menghilangkan bekas luka apakah bisa dok? kemarin bgt baru ketumpahan minyak panas dok, hari ini melepuh dok udah di kasih bioplacenton aja dok, kemudian untuk menghilangkan bekas apakah nunggu kering dulu dok?
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
0 1
0 1
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
Ahmad Fajri
13 Feb 2024
Category: Body Concerns
Topic: Bekas Luka
luk saya sudah 1 bulan belum sembuh . ini kira kira penyakit apa ya dok. terima kasih
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
0 1
0 1
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
love is embarrassing
27 Nov 2023
Category: Body Concerns
Topic: Bekas Luka
maaf dok mau tanya ini penyakit apa ya tiba tiba ada luka begini ngga tau penyebab dia muncul kenapa
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
0 1
0 1
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
Maya Apriliani
16 Nov 2023
Category: Body Concerns
Topic: Bekas Luka
treatment apa aja ya kak yg direkomendasikan untuk bekas luka cakaran saya,saya ga pd bgt kak soalnya di pipi jadi aneh gitu, dan juga di klinik tersebut apakah ada treatment yang disarankan kak?dan kisaran harga mulai dari brpa ya kak??tolong bgt inimah
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
0 1
0 1
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
Yosi Dian
16 Oct 2023
Category: Body Concerns
Topic: Bekas Luka
gimana ya dok cara mnghilangkannya saya sudah hampir putus asa
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
1 1
1 1
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
Yoga Satria
08 Aug 2022
Category: Body Concerns
Topic: Bekas Luka
Halo dokter.. 2 minggu yang lalu saya melakukan laser co2.. setelah beberapa hari justru muncul bruntusan serta gatal dan muka semakin merah setelah saya konsul ke kliniknya dibilang alergi sama krim
Pasca lsser.. kemudian di suruh stop pemakaian krimnya.. setelah stop bruntusannya hilang tapi wajah saya tetap merah seperti terbakar padahal kulit sudah mengelupas semua pasca laser.. konsul ke klinik dikatakan memang begitu pasca laser.. tp dr review yg saya cari setelah kulit mengelupas akan kembali ke kulit yang lebih sehat.. tp knp muka saya malah jd merah dan beberapa bagian justru maalah menghitam.. apa yang harus saya lakukan ya? Sudah 2 minggu lebih tapi tetap saja merah..
Dijawab oleh: dr. Dartri Cahyawari Sp.DV
1 1
1 1
Dijawab oleh: dr. Dartri Cahyawari Sp.DV
Dwi Irianti Fitriah Tambunan
16 Dec 2022
Category: Body Concerns
Topic: Bekas Luka
Apakah boleh di kompres menggunakan es batu, di karenakan saya tidak tahan nyeri nya. Dan rasa terbakar panas. Tolong bantuannya
Dijawab oleh: dr. Lulu Dwiarti Ningtias, Sp.DV
0 3
0 3
Dijawab oleh: dr. Lulu Dwiarti Ningtias, Sp.DV
Lucky
11 Jan 2023
Category: Body Concerns
Topic: Bekas Luka
Hai, awalnya aku ada bekas seperti digigit hewan (ada bekas titik di tengah lingkaran seperti bekas disengat hewan) di kaki, saat pertama muncul akan seperti bengkak digigit nyamuk, tapi kadang bisa sangat besar dan keras, dan gatal sekali rasanya. Biasa aku diamkan dan beri minyak tawon/kayu putih saja untuk meredakan gatalnya. Setelah kempis dia akan meninggalkan bekas hitam.

Namun, lama-lama semakin banyak, muncul lagi dan lagi, dan akhirnya berbekas jadi lingkaran2 hitam, tersebar di kaki, tangan sampai badan / tempatnya random.

Kemudian kalau luka udah kering, di saat tertentu lingkaran hitam itu jadi gatal lagi, walaupun aku gak garuk, dia ga sembuh-sembuh.

Pernah ke dokter katanya digigit hewan sepertinya tungau dan dikasih salep elocon & disuggest untuk lebih menjaga kebersihan.

Tapi aku udah sampai ganti kasur baru, pakai vacuum yang ada uv nya, dan aku basically bersihan banget (mandi 2x sehari, pakai dettol) tapi masih ada muncul bahkan di kepala. Dan orang terdekat yg tidur di kasur yang sama, suamiku, ga ada pernah muncul seperti ini, tapi kemudian aku punya anak, anak aku digigit juga dan bekas hitam-hitam.

Aku harap bisa dibantu. Terima kasih banyak.

Dijawab oleh: dr. Lulu Dwiarti Ningtias, Sp.DV
0 1
0 1
Dijawab oleh: dr. Lulu Dwiarti Ningtias, Sp.DV
Yosi Dian
12 Oct 2023
Category: Body Concerns
Topic: Bekas Luka
awalnya saya jatuh dari motor trus ga sengaja kena knalpot, selang bbrpa minggu udah kering tapi hasilnya jadi item dok gimana ya caranya biar bekas luka cepet memudar / hilang.
tolong bantu saya rekomen produk yang bisa menghilangkan bekas luka saya dok trimakasih
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV
0 1
0 1
Dijawab oleh: dr. Risty Hafinah SpDV



Other Articles