Description
Treatment
Skincare
Video
ASK DOCTOR
Acne Scars (Bopeng bekas jerawat)
written by Cut Ikhvani Audina
Medical review by dr. Dartri Cahyawari, Sp.DV
Last updated 09-June-2022

Jenis-Jenis Dan Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat

Ketika masalah jerawat sudah bisa diatasi dan menghilang dari kulit wajah seseorang, biasanya ada permasalahan baru yang seringkali muncul dan mengganggu penampilan diri. Jerawat yang hilang biasanya akan menimbulkan bekas, bisa dalam skala ringan maupun skala berat.

 

Sebelum membahas cara menghilangkan bopeng bekas jerawat, simak terlebih dahulu apa itu bopeng. Acne scars atau Bekas jerawat diakibatkan dari peradangan pada jerawat meluas sehingga merusak jaringan disekitarnya dan kehilangan kolagen pada jaringan tersebut. Hal tersebut kemudian meninggalkan bekas yang lama di kulit wajah seseorang berupa perubahan warna dan bopeng. Kali ini kita hanya akan membahas bekas jerawat berupa bopeng.

 

Baca juga : Apa Penyebab Jerawat & Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat

 

Apa saja jenis-jenis bopeng bekas jerawat?

Secara umum, terdapat 2 kategori bopeng jerawat, yaitu:

 

A. Atrofi

Merupakan bekas luka yang disebabkan oleh kehilangan jaringan. Ada 3 macam atrofi, diantaranya :

 

• Rolling Scars 

Bekas luka atau bopeng ini memberikan tampilan kulit bergelombang dan tidak rata yang disebabkan karena jaringan parut yang melekat di kulit bagian bawah sehingga kulit tampak cekung. Bopeng ini paling umum di daerah kulit yang lebih tebal, seperti pipi dan rahang bawah.

         cara menghilangkan bopeng bekas jerawat rolling scar

 

• Boxcar Scars 

Jenis bopeng ini terjadi karena peradangan jerawat cukup dalam sehingga jaringan kulit di sekitarnya hilang dan area tersebut melesak ke dalam. Bekas jerawat ini berbentuk bulat atau oval tetapi lubang cukup dalam.

         boxcar scars

 

• Icepick Scars

Bekas jerawat ini memiliki bentuk yang sangat dalam, lebih lebar pada muara dibandingkan pada bagian dasarnya dan berbentuk seperti huruf V. Bentuknya terlihat seperti pori-pori yang besar. Bekas jerawat ini berkembang akibat peradangan yang dalam sehingga meninggalkan kolom jaringan yang rusak

        icepick scars

 

 

B. Hipertrofi

Merupakan bekas luka yang disebabkan oleh jaringan berlebih. Bekas jerawat ini disebabkan karena kelebihan produksi kolagen selama proses penyembuhan luka. Mereka terlihat seperti benjolan yang terangkat dan dapat melampaui area luka asli.

         hipertrofi

 

 

Apakah bopeng bekas jerawat bisa sembuh total?

Bopeng bekas jerawat tidak akan membaik jika hanya dengan pengolesan krim, serum, masker, dan lainnya. Tidak ada krim apapun yang bisa merekonstruksi kulit. Oleh karenanya, bopeng bekas jerawat membutuhkan tindakan medis yang dilakukan oleh dokter agar kondisi bopeng bekas jerawat dapat membaik.

 

Kesembuhan bopeng bekas jerawat tergantung dari bagaimana kondisi bopeng itu sendiri. Tindakan medis yang akan dilakukanpun nantinya bersifat personalized dan bisa saja tidak sama antara satu orang dan lainnya. Namun, masalah bopeng bekas jerawat tetap bisa ditangani ataupun disamarkan tampilannya, tentunya dengan perawatan yang khusus dan konsisten.

Bagaimana cara menghilangkan bopeng bekas jerawat?

 

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat adalah dengan melakukan beberapa perawatan di klinik kecantikan. Sebab menghilangkan bekas jerawat hanya dengan skincare tentunya tidak mudah. Perawatan terbaik untuk bekas jerawat akan tergantung pada jenis bekas luka yang kamu miliki. Seorang dokter kulit dapat memeriksa kulitmu dan merekomendasikan perawatan terbaik untuk mengatasinya. Namun, solusi terbaik adalah mengendalikan jerawat sehingga tidak sampai meninggalkan bekas luka. Karena, beberapa bekas luka tidak bisa sepenuhnya dihilangkan, tetapi kamu tetap bisa melakukan beberapa alternatif perawatan yang efektif untuk mengurangi tampilan bekas jerawat yang mengganggu. Berikut beberapa perawatan yang bisa dilakukan:

 

  1. Chemical Peeling

    Pada perawatan ini, prosedur yang dilakukan adalah dengan mengoleskan bahan kimia tertentu yang diaplikasikan pada lapisan kulit untuk mempercepat pergantian sel kulit dan mendorong pertumbuhan kolagen baru. Perawatan ini efektif untuk mengatasi jerawat, bekas jerawat, bintik-bintik penuaan melasma, hiperpigmentasi, kulit kasar, kerusakan akibat sinar matahari, garis-garis halus, dan kerutan.

     

    Kelebihan perawatan Chemical Peeling :
    - Perawatan ini dapat disesuaikan dengan jenis sulit dan tingkat kedalaman pengelupasan.
    - Harga perawatan ini cenderung lebih murah dibandingkan laser atau perawatan lainnya.

     

    Kekurangan perawatan Chemical Peeling :
    - Terkadang beberapa bahan yang digunakan dapat menimbulkan reaksi pada kulit sensitif.
    - Orang dengan warna kulit gelap memiliki risiko hiperpigmentasi dengan kulit yang lebih dalam.
    - Ada resiko luka bakar.

     

    Baca Juga : Penjelasan Lengkap Apa Itu Peeling

     

  2. Cross TCA

    Cross TCA menggunakan cairan peeling asam trikloroasetat dengan konsentrasi yang cukup tinggi, dan diaplikasikan menggunakan aplikator runcing untuk mencapai kedalaman scar. Biasanya tindakan ini dilakukan untuk scar tipe icepick.

     

  3. Mikrodermabrasi

    Mikrodermabrasi merupakan salah satu tindakan menghaluskan permukaan kulit dengan cara melakukan perlukaan yang terkontrol.

     

  4. Microneedle

    Microneedle menjadi salah satu perawatan kecantikan untuk mengatasi masalah kerutan, bekas jerawat dan tekstur kulit dimana perawatan ini dilakukan dengan cara menggunakan jarum-jarum berukuran kecil yang ditusukkan ke permukaan kulit yang kemudian akan menimbulkan luka kecil dan selanjutnya akan merangsang peremajaan kulit. 

 

Jika kamu masih punya pertanyaan seputar keluhan acne scars, silakan tanya dokter disini ya!




Other Articles