Procedure
Pico Laser
by. Raesindy Dzufriana
Medical review by dr. Hari Darmawan, Sp.KK
Last updated 07-April-2022
Cost Rp3.500.000 - Rp9.000.000
Recov. Time 0-3 hari
Type Non-Surgical
Description
Concern
Review
Before After
Video
Clinic
Doctor
Pico Laser

Apa Itu Pico Laser?

 

Perawatan pico laser (picosecond) menggunakan teknologi yang efektif untuk mengurangi masalah pigmentasi kulit seperti flek hitam akibat jerawat, meratakan warna kulit, melasma, tanda lahir, serta menghapus tato (tattoo removal). Selain itu, manfaat lain penggunaan pico laser dapat meningkatkan produksi elastin dan kolagen kulit sehingga menghasilkan kulit yang lebih lembut, sehat, dan halus. Penggunaan pico laser hanya dapat dilakukan pada bekas luka yang datar, jika bekas luka seperti keloid akan membutuhkan perawatan yang berbeda.

 

Baca juga: Mengenal Kelainan Kulit Melasma

 

Teknik ini menggunakan teknologi gelombang cahaya laser dengan energi yang cepat, hanya dalam hitungan 1/1000 detik, lebih singkat dibandingkan dengan laser generasi sebelumnya. Salah satu merek pico laser yang paling umum digunakan dan paling terkenal yaitu Picosure dan Picoway yang memiliki panjang gelombang 755 nm.

Bagaimana kriteria pasien yang cocok melakukan perawatan pico laser?

Perawatan ini dapat dilakukan baik oleh pria maupun perempuan dengan semua rentan usia dan berbagai jenis kulit. Khususnya bagi kamu yang ingin memudarkan tanda lahir, melasma, tato atau meratakan warna kulit warna kulit

Bagaimana prosedur selama melakukan perawatan pico laser?

Sebelum melakukan perawatan, dokter akan membersihkan kulit kamu agar terbebas dari debu dan make up. Mekanisme kerja pada pico laser yaitu dengan  mengirimkan gelombang energi ultra pendek tanpa panas ke lapisan kulit yang lebih dalam pada area masalah yang ditargetkan, lalu sinar akan menghancurkan pigmen atau partikel kulit yang membandel, sehingga menciptakan kerusakan optik akibat laser pada epidermis tanpa merusak permukaan kulit.

 

pico laser

 

Waktu tembakan laser yang digunakan juga sangat cepat, sehingga laser bekerja lebih efektif dalam menciptakan perlukaan pada area target perawatan. Pada kulit yang terluka akan memicu proses penyembuhan dengan memproduksi elastin dan kolagen secara alami, sehingga akan memperbaiki dan membentuk sel kulit baru yang lebih sehat. Perawatan ini dalam satu kali sesi hanya memakan waktu antara 15 hingga 20 menit.

Apa yang terjadi setelah melakukan perawatan pico laser?

Setelah melakukan perawatan, dokter akan memperbolehkan kamu pulang. Beberapa jam selama perawatan, kulit terlihat kemerahan hingga pembengkakan ringan tapi efek ini akan hilang dalam 24 jam. Kamu juga diperbolehkan melakukan aktivitas kembali namun dengan mengurangi olahraga berat dan paparan di bawah sinar matahari.

 

Baca juga: Apakah Memiliki Tahi Lalat Berbahaya?

Kapan hasil dari perawatan pico laser dapat terlihat?

Biasanya kamu dapat langsung melihat hasil pico laser setelah sesi pertama. Selama  1-2 minggu akan terjadi proses regenerasi sel, dimana sel kulit mati akan digantikan oleh sel kulit yang baru. Hasil yang maksimal dapat dirasakan setelah menempuh 2-5 kali perawatan. Perlu diketahui tidak ada prosedur yang akan mengembalikan kulit ke kondisi sebelum bekas luka, hanya saja teknik pico laser ini dapat mengurangi efek bekas luka dan membuatnya terlihat samar.

 

hasil-perawatan-pico-laser.png

Apa yang harus dilakukan setelah perawatan pico laser?

 

  • Hindari paparan sinar matahari langsung karena kulit masih sensitif
  • Hindari melakukan kegiatan olahraga berat karena akan meningkatkan resiko terjadi infeksi
  • Minum banyak air putih dan makan sayur serta buah agar kulit baru ternutrisi dan mempercepat proses penyembuhan

Apa saja efek samping dari perawatan pico laser?

Perawatan ini dianggap aman dan minim risiko, kulit hanya akan mengalami kemerahan selama beberapa hari dan umumnya perawatan ini tidak menimbulkan rasa sakit yang parah.

Apa kelebihan dan kekurangan dari perawatan pico laser?

Kelebihan Pico Laser:

 

  • Perawatan ini dapat dilakukan oleh pria maupun wanita, dari berbagai usia dan semua tipe jenis kulit
  • Pemulihan dalam waktu yang singkat
  • Hasil dapat terlihat setelah satu sesi perawatan

 

Kekurangan Pico Laser:

 

  • Harga relatif cukup mahal dibanding tipe jenis laser lain
  • Resiko hiperpigmentasi kulit jika dilakukan tidak sesuai prosedur

 

Jika kamu masih punya pertanyaan seputar Pico Laser, silakan tanya dokter disini ya!




Other Articles