Procedure
Oxygen Facial
by. Raesindy Dzufriana
Medical review by dr. Hari Darmawan, Sp.KK
Last updated 07-April-2022
Cost Rp100.000 - Rp1.000.000
Recov. Time no downtime
Type Non-Surgical
Description
Concern
Review
Before After
Video
Clinic
Doctor
Oxygen Facial

Apa Itu Oxygen Facial?

Perawatan wajah oxygen facial dilakukan secara non-medis dengan tidak melibatkan bahan kimia ataupun suntikan pada kulit, prosesnya menggunakan sebuah mesin yang berfungsi menyemprotkan molekul oksigen ke lapisan epidermis kulit. Oksigen yang disemprotkan mengandung beberapa bahan aktif seperti hyaluronic acid, antioksidan, ekstrak tumbuhan dan asam amino peptida.

 

Baca juga: Selamat Tinggal Wajah Kusam

Apa saja manfaat dari perawatan oxygen facial?

Terdapat beberapa manfaat yang dapat kamu rasakan setelah melakukan perawatan oxygen facial, seperti:

 

  • Mengencangkan otot kulit wajah
  • Melakukan pengelupasan sel kulit mati
  • Menghilangkan sel kulit mati
  • Menghilangkan kerutan pada kulit jika dilakukan dengan rutin
  • Membantu menyembuhkan kerusakan kulit (proses wound healing)
  • Menambahkan pancaran dan kulit lebih terhidrasi
  • Memacu produksi kolagen agar mendapatkan kulit yang lebih bercahaya
  • Detoksifikasi kulit, akibat kotoran debu, minyak dan bakteri yang menempel pada pori-pori wajah yang mengakibatkan jerawat

Siapa saja orang yang disarankan melakukan perawatan oxygen facial?

Perawatan ini dapat dijalankan oleh wanita dan pria yang memiliki jenis kulit apapun. Biasanya dilakukan oleh orang dengan usia 20 tahun ke atas, sangat baik untuk kulit yang lelah, sering terpapar sinar matahari dan polusi. Perawatan ini tidak direkomendasikan untuk orang yang lanjut usia, karena mungkin membutuhkan perawatan yang lebih seperti teknik laser atau microneedling untuk menyamarkan masalah kulit.

 

kondisi-kulit-sensitif.png

Bagaimana prosedur selama perawatan oxygen facial?

Sebelum melakukan perawatan, dokter akan melakukan cleansing terlebih dahulu untung menghilangkan debu dan kotoran, dilanjutkan dengan proses peeling untuk mengangkat sel kulit mati dengan bantuan alat steamer agar pori-pori terbuka dan memudahkan pengangkatan komedo. Nantinya wajah akan diberikan krim anti iritasi untuk meminimalisir kemerahan dan bengkak setelah ekstraksi komedo.

 

prosedur-oxygen-facial.png

 

 

Setelah itu dengan kondisi pori-pori wajah yang terbuka, dokter akan menyemprotkan oksigen yang dipompa melalui alat jet pump selang yang dilengkapi dengan hyaluronic acid, antioksidan, dan asam amino peptida, kamu akan merasakan efek dingin dan sejuk yang menyentuh kulit dari oksigen murni yang diberikan

 

Tahap selanjutnya wajah kamu akan diberikan serum yang disesuaikan dengan keadaan kondisi kulit dan tahap terakhir wajah akan diberikan masker untuk memberikan efek relaksasi pada kulit dan membuat wajah lebih mengkilap. Lama perawatan oxygen facial ini akan memakan waktu sekitar 45-60 menit.

 

Baca juga: Kandungan Skincare Tree Tea Oil, Bantu Membuat Kulit Lebih Bercahaya

Apa yang terjadi setelah perawatan oxygen facial?

Setelah melakukan perawatan, kamu bisa merasakan kemerahan  pada kulit wajah tapi hal itu akan membaik setelah beberapa jam. Setelah itu kamu dapat melanjutkan kembali aktivitas seperti biasa karena tidak ada masa pemulihan (downtime) dari perawatan oxygen facial ini dan kamu juga tidak ada pantangan dalam melakukan kegiatan serta boleh menggunakan makeup setelah perawatan.

Apakah perawatan oxygen facial memiliki efek samping?

Pada umumnya, oxygen facial termasuk perawatan yang aman karena tidak melakukan prosedur medis. Kecuali jika oksigen yang digunakan tidak murni sehingga akan menimbulkan iritasi kemerahan pada kulit.

Selain itu, jika kamu memiliki alergi terhadap beberapa kandungan serum, setelah melakukan perawatan yang dapat menyebabkan kulit menjadi kemerahan, tapi hal tersebut akan menghilang dalam beberapa jam setelah prosedur. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter mengenai masalah kulit kamu agar meminimalisir efek samping.

Kapan hasil perawatan oxygen facial terllihat?

Sebenarnya hasil mulai terlihat setelah kamu melakukan treatment dan hasil perawatan oxygen facial akan bertahan selama 4-7 hari. Untuk mencapai hasil yang diinginkan, dokter menyarankan untuk melakukan perawatan rutin pada kulit normal tanpa jerawat setiap satu bulan sekali, sedangkan untuk kulit berjerawat bisa dilakukan seminggu sekali atau dua minggu sekali, tergantung kondisi kulit. 

Apa kelebihan dan kekurangan dari perawatan oxygen facial?

Kelebihan Perawatan Oxygen Facial:

  • Prosedur oxygen facial tidak menimbulkan rasa sakit
  • Perawatan dengan hasil yang cepat tanpa proses penyembuhan
  • Cocok dilakukan untuk kulit sensitif yang menghindari perawatan estetik menggunakan zat kimia

 

Kekurangan Perawatan Oxygen Facial:

  • Oxygen facial tidak bisa terlihat manfaatnya jika hanya 1 kali treatment, butuh berkali-kali untuk bisa melihat hasil yang signifikan, tetapi kulit tetap akan merasakan perbedaan walau hanya 1 kali treatment

 

Jika kamu masih punya pertanyaan seputaOxygen Facial, silakan tanya dokter disini ya!




Other Articles