Procedure
HIFU (High Intensity Focused Ultrasound)
by. Raesindy Dzufriana
Medical review by dr. Hari Darmawan, Sp.KK
Last updated 07-April-2022
Cost Rp5.500.000 - Rp10.000.000
Recov. Time 0-2 hari
Type Non-Surgical
Description
Concern
Review
Before After
Video
Clinic
Doctor
HIFU (High Intensity Focused Ultrasound)

Apa Pengertian HIFU?

 

Perawatan High Intensity Focused Ultrasound (HIFU) adalah salah satu prosedur perawatan yang bertujuan mengencangkan dan meningkatkan kekenyalan pada kulit wajah dengan menggunakan energi ultrasonik intens yang berfokus tinggi. Perawatan ini menggunakan teknologi yang bersifat non bedah dengan cara memancarkan gelombang ultrasonik pada area kulit yang akan dirawat, sehingga efek panas yang ditimbulkan akan membentuk kolagen yang dapat membantu mengembalikan tampilan kulit yang lebih kencang.

 

Baca juga: Apa Penyebab Roscea?

 

Secara umum, perawatan ini memiliki manfaat untuk mengencangkan area kulit yang kendur seperti pada leher, pipi, dahi, area alis, mengencangkan kelopak mata yang kendur, menghaluskan kulit, mempertegas garis rahang hingga mengencangkan kulit di daerah lipatan.

 

Teknologi HIFU dapat menembus hingga lapisan kulit terdalam dikarenakan pada perangkat HIFU memiliki aplikator yang mampu mencapai kedalaman lapisan kulit bagian dalam. Untuk mencapai lapisan kulit terluar (upper dermis) dapat menggunakan aplikator dengan ukuran 1,5 mm, untuk mencapai lower dermis dapat menggunakan aplikator 3,0 mm, kemudian untuk mencapai kedalaman SMAS  (lapisan jaringan yang berada di bawah kulit antara lapisan subkutan dan otot) dapat menggunakan aplikator 4,5 mm.

 

Kamu tidak perlu khawatir, karena sebelum melakukan perawatan HIFU, dokter akan memeriksa kondisi kulitmu sehingga dokter akan menyarankan perawatan dan aplikator yang tepat sesuai dengan kondisi kulitmu.

Siapa saja orang yang disarankan melakukan perawatan HIFU?

 

Perawatan ini cocok dilakukan oleh kamu yang memiliki kekenduran kulit tingkat rendah hingga sedang. Pasien juga disarankan berusia  diatas 30 tahun dan tidak menginginkan perawatan garis-garis halus melalui operasi bedah seperti facelift.

Tidak disarankan apabila memiliki kriteria kondisi seperti:

  • Orang dengan kekenduran kulit sangat tinggi, misalnya usia yang sangat tua 
  • Infeksi kulit di area yang akan ditargetkan perawatan
  • Jerawat parah
  • Dalam kondisi hamil atau menyusui
  • Terdapat implan logam di area perawatan

Bagaimana prosedur selama perawatan HIFU?

Sebelum melakukan perawatan, dokter akan membersihkan area target perawatan. Setelah itu gel ultrasonik diaplikasikan pada bagian tubuh yang akan dirawat. Dokter akan membiarkan gel tersebut di kulit selama beberapa menit kemudian HIFU ditempatkan pada wajah dan mulai dilakukan tindakan sesuai prosedur. 

 

prsedur-hifu.png

 

Gelombang ultrasonik yang diletakkan pada sel di area target, menyebabkan jaringan kulit memanas lebih cepat sehingga terjadinya kerusakan. Kerusakan tersebut bertujuan untuk mendorong produksi kolagen agar kulit terlihat lebih kencang tanpa kerut dan keriput lagi. Durasi perawatan yang akan dilakukan oleh dokter kurang lebih selama 1-3 jam.

Apa yang terjadi setelah perawatan HIFU?

Setelah melakukan perawatan HIFU, dokter akan memperbolehkan pasien untuk kembali beraktivitas. Setelah perawatan kamu akan merasakan sensasi seperti kesemutan pada area yang dilakukan tindakan HIFU tetapi dokter akan memberikan obat pereda nyeri jika dibutuhkan. Untuk mempercepat proses perawatan gunakan pelembab agar hasil perawatan HIFU tetap berjalan baik. 

 

Baca juga: Kandungan Dexpanthenol Membantu Melindungi Kulit

Apakah perawatan HIFU memiliki efek samping?

Setiap perawatan mungkin memiliki efek samping, tapi perawatan HIFU ini dianggap aman dilakukan baik pada laki-laki maupun perempuan. Risiko setelah melakukan perawatan antara lain seperti :

 

  • Kemerahan dan pembengkakan ringan
  • Mati rasa dengan sensasi seperti kesetrum pada kulit
  • Kesemutan ringan di area perawatan

Kapan hasil perawatan HIFU terlihat?

Biasanya, hasil perawatan akan terlihat setelah 1-3 kali. Lalu untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal disarankan melakukan perawatan selama 3 bulan kedepan. Perawatan High Intensif Focused Ultrasound (HIFU) ini akan bertahan selama 1 tahun kedepan dan selanjutnya disarankan untuk melakukan tindakan HIFU lagi. 

 

hasil-HIFU.png

Apa yang harus dihindari setelah perawatan HIFU?

Perawatan ini termasuk aman digunakan dengan melakukan prosedur yang tepat, sehingga tidak banyak pantangan yang harus dihindari, setelah perawatan jangan biarkan kulit terpapar langsung dengan sinar matahari dan selalu menggunakan tabir surya. 

Apa kelebihan dan kekurangan dari perawatan HIFU?

Kelebihan Perawatan HIFU:

  • Tidak melakukan teknik pembedahan sehingga tidak sakit seperti perawatan facelift
  • Proses perawatan tidak memakan waktu lama
  • Pemulihan yang cepat

 

Kekurangan Perawatan HIFU:

  • Tidak cocok untuk yang mempunya kulit sangat kendur, misalnya pada usia yang sudah sangat tua 

 

Jika kamu masih punya pertanyaan seputar HIFU (High Intensity Focused Ultrasound), silakan tanya dokter disini ya!

Referensi

  • Healthline, 2019. Can High-Intensity Focused Ultrasound Treatment Replace Face Lifts?
  • Medical News Today, 2019. What is a HIFU facial, and does it work?
  • Rta Aesthetics, 2021. 7 things your need to know about HIFU treatments
  • Urbanspa, 2020. HIFU High Intensity Focused Ultrasound Non Surgical Facelift.



Other Articles