Description
Treatment
Skincare
Video
Kerutan Mata
written by Cut Ikhvani Audina
Medical review by dr. Dartri Cahyawari, Sp.DV
Last updated 05-April-2022

Apa Itu Kerutan pada Mata dan Kenapa Bisa Muncul?

Kerutan mata atau crow’s feet adalah kerutan yang berada di sudut luar mata yang biasanya dapat terlihat ketika seseorang sedang berekspresi ataupun tersenyum. Kerutan mata dapat terlihat dan berbentuk seperti cakar burung gagak. Biasanya kerutan mata ini muncul ketika seseorang mulai mengalami penuaan dan faktor usia yang semakin bertambah. Kerutan mata biasanya muncul di akhir usia 30an dimana kulit mulai kehilangan elastisitasnya, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa orang dengan rentan usia 20an dapat juga memiliki masalah kerutan mata.

 

Baca juga: Bagaimana prosedur selama perawatan Botox®?

Apa saja penyebab munculnya kerutan mata?

 

Ada beberapa hal yang menjadi faktor penyebab munculnya kerutan mata, diantaranya :

 

• Paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari secara berlebihan memiliki dampak buruk bagi kesehatan kulit, terutama dalam hal membuat munculnya kerutan dan kulit kendur

 

Penuaan

Semakin bertambahnya usia, maka tidak bisa dipungkiri bahwa kulit akan kehilangan elastisitas serta menimbulkan kerutan dan juga kulit kendur. Hal inilah yang kemudian juga membuat tampilan kerutan mata menjadi lebih terlihat.

 

 

• Gerakan menyipitkan mata

Gerakan menyipitkan mata secara sering atau berulang dapat merangsang terbentuknya kerutan mata. Hal ini terjadi karena kontraksi otot di sekitar mata akan sering terjadi sehingga membentuk kerutan di area tersebut.

 

 

Baca juga: Apa saja jenis skincare yang mengandung Vitamin C?

 

•Merokok

Merokok diketahui dapat merusak kolagen kulit serta menyebabkan kerutan di beberapa area wajah. Gerakan saat merokok juga memberikan kontribusi terciptanya kerutan dinamis atau saat menyipitkan mata.

Bagaimana mencegah timbulnya kerutan mata?

Cara yang tepat untuk mencegh timbulnya kerutan mata adalah dengan menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan kerutan mata. Jika kamu sering melakukan aktifitas diluar ruangan, maka penggunaan sunscreen sangat diperlukan untuk membantu menjaga kulit dari kerusakan sinar UV. Selain itu, menerapkan pola hidup sehat dan juga tidak merokok dapat membantu untuk mencegah timbulnya kerutan serta garis halus diwajah. 

Bagaimana cara menghilangkan kerutan mata?

A. Obat topikal

Obat topikal yang dimaksud adalah obat yang dioleskan seperti Sunscreen, retinoid dan vitamin C.

 

B. Injeksi Botox dan Filler

Botox adalah obat yang diberikan melalui suntikkan yang bertujuan untuk melemaskan otot-otot wajah dan mengurangi tampilan garis halus dan kerutan. Selain itu Filler dengan kandungan Hyaluronic Acid yang berfungsi untuk mengisi dapat juga bekerja untuk mengurangi kerutan atau lipatan di kulit wajah.

 

C. Chemical peeling 

Pada perawatan ini, prosedur yang dilakukan adalah dengan mengoleskan bahan kimia tertentu yang diaplikasikan pada lapisan kulit untuk mempercepat pergantian sel kulit dan mendorong pertumbuhan kolagen baru. Perawatan ini efektif untuk mengatasi jerawatbekas jerawat, bintik-bintik penuaan, melasma, hiperpigmentasi, kulit kasar, kerusakan akibat sinar matahari, garis-garis halus, dan kerutan.

 

D. Microneedle

Microneedle menjadi salah satu perawatan kecantikan untuk mengatasi masalah kerutan, bekas jerawat dan tekstur kulit dimana perawatan ini dilakukan dengan cara menggunakan jarum-jarum berukuran kecil yang ditusukkan ke permukaan kulit yang kemudian akan menimbulkan luka kecil dan selanjutnya akan meranngsang peremajaan kulit. 

 

E. PRP (Platelet Rich Plasma)

PRP adalah prosedur yang dilakukan menggunakan plasma darah pasien yang disuntikkan ke bagian dalam kulit. Kandungan dalam plasma darah ini memiliki manfaat untuk peremajaan kulit, kerutan, menghilangkan bekas jerawat, stretch mark, hingga kebotakan.

 

F. Laser resurfacing

Perawatan ini adalah jenis perawatan non-surgical dimana sinar laser dapat menembus lapisan bawah kulit dan menyebabkan kerusakan mikro sehingga memicu regenerasi kulit. Ketika kulit mengalami regenerasi maka teksturnya akan lebih baik.

 

Jika kamu masih punya pertanyaan seputar keluhan kerutan pada mata, silakan tanya dokter disini ya!




Other Articles