Description
Treatment
Skincare
Video
Kulit Rahang Kendur
written by Cut Ikhvani Audina
Medical review by dr. Dartri Cahyawari, Sp.DV
Last updated 04-April-2022

Apa Itu Rahang Kendur

Kulit kendur pada rahang adalah suatu kondisi dimana area rahang mengalami kulit yang kendur dan mengubah kontur alami dari transisi dagu dan rahang ke leher atas. Hal ini dapat membuat garis rahang terlihat lebih turun dari sebelumnya dan membuat kerutan nasolabial terlihat lebih jelas dari area hidung, bibir hingga kedua sisi mulut.

 

kulit rahang kendur

 

Baca juga: Apa yang terjadi setelah perawatan filler?

Apa penyebab kulit rahang kendur?

 

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kulit kendur pada rahang diantaranya :

 

Semakin  bertambahnya usia, seseorang akan mengalami kekenduran pada kulit yang disebabkan oleh hilangnya kolagen yang membantu menjaga elastisitas kulit.

 

  • Genetik dan gaya hidup

Genetik dan gaya hidup ternyata juga mempengaruhi tingkat kekenduran kulit pada rahang anda.

 

  • Hilangnya lemak di wajah

Wajah secara alami dapat kehilangan lemak, dan sisa lemak dapat turun ke bawah yang kemudian akan menarik kulit ke bawah.

 

Baca juga: Apakah perawatan radiofrekuensi memiliki efek samping?

 

Bagaimana cara mengencangkan kulit rahang kendur?

 

Untuk mengatasi masalah tersebut, dokter perlu memeriksa secara langsung dan mengetahui penyebab dari permasalahan tersebut. Ada beberapa perawatan yang mampu mengurangi tampilan kulit kendur pada rahang. Kamu juga bisa melakukan kombinasi perawatan seperti misalnya facelift dan filler untuk mendapatkan hasil yang lebih signifikan. Beberapa perawatan yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah kulit kendur pada rahang antara lain :

 

  • Threadlift

tthreadlift.png

 

Threadlift merupakan prosedur pengencangan kulit dengan metode tanam benang yang mampu diserap oleh kulit dan memicu pembentukkan kolagen baru secara maksimal. Threadlift mampu membuat tampilan kulit lebih kencang.

 

  • Filler

filler.png

 

Perawatan ini dilakukan dengan menyuntikkan bahan-bahan tertentu seperti Hyaluronic Acid yang dapat bekerja untuk mengisi kurangnya volume wajah karena proses aging.

 

  • Laser Non Resurfacing

Laser non resurfacing adalah salah satu perawatan dengan menggunakan teknologi laser yang tidak menyebabkan perlukaan pada kulit karena laser ini bekerja dengan menembus dan memperbaiki lapisan dalam kulit. Prosedur ini umumnya tidak menimbulkan rasa sakit pada saat pengerjaan. Manfaat dari perawatan Laser non resurfacing antara lain untuk peremajaan kulit, mengencangkan kulit yang kendur serta menghilangkan bekas jerawat.

 

  • Facelift

Facelift adalah prosedur perawatan bedah yang bertujuan untuk mengencangkan kulit yang kendur. Perawatan ini dapat mengatasi masalah kulit wajah kendur, lipatan dalam, rahang, dan kelemahan otot.

 

  • Vaser Liposuction

Vaser Liposuction adalah prosedur pengurangan lemak bedah yang menggunakan gelombang ultrasonik. Perawatan ini dilakukan untuk membentuk tubuh dan mengurangi  lemak berlebih. Perawatan ini dapat dilakukan di berbagai area tubuh seperti misalnya paha, panggul, bokong, perut, lengan, leher hingga lemak di area dagu (double chin). Beberapa dokter ahli bedah plastik lebih suka lipo VASER daripada teknik lain karena menghasilkan lebih sedikit pembengkakan, rasa sakit, downtime, atau potensi kulit kendur.

 

  • Fat Transfer

Fat transfer adalah proses dimana sel-sel lemak disedot dari satu atau lebih area tubuh dan dipindahkan ke area tubuh lainya, dengan tujuan untuk meningkatkan volumenya atau mengembalikan volume yang telah hilang. Lemak yang disedot dari area tubuh lainnya telah melalui proses pemurnian sebelum disuntikkan ke area lain menggunakan kanula (tabung tipis) atau jarum suntik kecil.

 

hifu.png

 

Perawatan High Intensity Focused Ultrasound (HIFU) adalah salah satu prosedur perawatan yang bertujuan mengencangkan dan meningkatkan kekenyalan pada kulit wajah dengan menggunakan energi ultrasonik intens yang berfokus tinggi. Perawatan ini menggunakan teknologi yang bersifat non bedah dengan cara memancarkan gelombang ultrasonik pada area kulit yang akan dirawat, sehingga efek panas yang ditimbulkan akan membentuk kolagen yang dapat membantu mengembalikan tampilan kulit yang lebih kencang.

 

Merupakan perawatan dengan menggunakan teknologi yang menghantarkan energi panas yang akan mendorong produksi elastin dan kolagen baru pada lapisan dermis menggantikan elastin dan kolagen yang mulai berkurang karena faktor usia. Perawatan ini efektif untuk mengatasi beberapa masalah kulit seperti mengencangkan kulit kendur, mengurangi lemak pada bagian tubuh, menghilangkan kerutan wajah hingga peremajaan lapisan kulit yang dilakukan tanpa metode operasi dan merusak lapisan kulit atas. 

 

Jika kamu masih punya pertanyaan seputar kulit rahang kendur, silakan tanya dokter disini ya!




Other Articles