4 Cara Mencegah Ketiak Hitam
04 July 2022 - by Nadira Maurizka
COPY LINK

4 Cara Mencegah Ketiak Hitam

 

Karena jarang terlihat, penampilan ketiak biasanya kurang diperhatikan olehmu dan justru lebih berfokus untuk mengatasi bau badan saja, seperti penggunaan deodoran. Tapi ternyata menggunakan deodoran untuk menghindari bau badan bisa menyebabkan ketiak kamu hitam loh. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan hiperpigmentasi pada ketiak kamu. Salah satunya adalah deodoran tadi. Ketiak yang bersih dan cerah tentu akan menambah rasa percaya diri kamu sendiri. Nah bagaimana ya cara mencegah ketiak hitam agar tidak terjadi? Yuk simak 4 cara mencegah ketiak hitam yang bisa kamu coba!

 

 

  • Jangan Mencukur Area Ketiak

 

4-cara-mencegah-ketiak-hitam_no-shave

 

 

Bulu pada ketiak bisa mengganggu penampilan beberapa orang. Dan cara termudah untuk mengatasinya adalah dengan mencukurnya. Namun, mencukur area ketiak bisa menyebabkan folikel rambut pada ketiak menjadi infeksi, gatal, dan bahkan menimbulkan ingrown hair. Iritasi dari pisau cukur secara terus menerus bisa menimbulkan hiperpigmentasi pada area ketiak. Selain itu, mencukur rambut pada tubuh membutuhkan preparasi ekstra terutama bagi kamu yang memiliki kulit kerindan sensitif.

 

Baca Juga: Jangan Tertukar! Ini Perbedaan Freckles, Lentigo, dan Melasma

 

 

  • Menggunakan cream dengan kandungan brightening agent untuk ketiak

 

 

4-cara-mencegah-ketiak-hitam_skincare-ketiak

 

Sama seperti wajahmu, bagian kulit lain pada tubuh membutuhkan skincare nya masing-masing. Untuk mencegah ketiak hitam dari penggunaan deodoran, kamu bisa menggunakan skincare krim dengan bahan dasar yang bisa mencerahkan kulit, seperti niacinamide, kojic acid, atau vitamin c. Pada umumnya, skincare yang bertekstur krim mengandung bahan pelembab tambahan yang baik untuk kulit ketiak kamu.

 

 

  • Melakukan scrub rutin dengan scrub yang halus

 

Membersihkan ketiak secara menyeluruh bisa menjadi langkah awal kamu untuk mencegah ketiak hitam. Posisi ketiak yang berupa lipatan membuat sel-sel kulit mati menumpuk dan sabun saja tidak cukup untuk membersihkannya. Kamu bisa melakukan scrub setiap 2 atau 3 kali seminggu untuk memastikan area ketiak kamu tetap bersih. Jangan lupa untuk menggunakan scrub yang lembut agar tidak merusak lapisan kulit teratas dan membuatnya iritasi.

 

Atau kamu bisa mencoba eksfoliasi dengan skincare yang mengandung bahan aktif seperti AHA (Alpha Hydroxy Acid), azelaic acid, atau salicylic acid. Caranya dengan menuang beberapa tetes pada kapas dan usap perlahan pada area ketiak. 

 

 

  • Melakukan perawatan IPL (Intense Pulsed Light)

 

Apabila penampilan ketiak hitam kamu cukup mengganggu penampilan dan ingin menghilangkannya dengan lebih cepat, kamu bisa melakukan perawatan Intense Pulsed Light (IPL)  di klinik kecantikan. Prosedurnya yang singkat dan minim rasa sakit ini cukup diminati banyak orang. Selain mengatasi hiperpigmentasi pada area ketiak, IPL juga mampu menghilangkan bulu ketiak dan menghambat pertumbuhan bulu. Perawatan ini juga bisa membantu merawat masalah kulit lain seperti kelainan pembuluh darah pada kulit, hingga rosacea.

 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bulu Ketiak dengan Metode IPL

 

Tips tambahan untuk kamu yaitu, gunakan juga pakaian yang mudah menyerap keringat. Keringat berlebih pada area ketiak mampu membuat ketiak mengalami iritasi dan mempermudah kuman untuk tumbuh di area ketiak. Hal ini lah yang bisa membuat ketiak kamu menghitam. Menggunakan pakaian yang mudah menyerap keringat bisa mencegah hal tersebut. Tidak lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan setelah beraktivitas sepanjang hari. 

 

Selain karena kebiasaan, ketiak yang hitam bisa disebabkan oleh beberapa kondisi kesehatan. Jangan segan untuk memeriksakannya ke dokter agar bisa ditangani lebih lanjut. Jika kamu ingin berkonsultasi dengan dokter terkait masalah kulit ini, tanya dokter di sini ya!

 

Tags :
Other Articles