Cara Menghilangkan Bulu Ketiak dengan Metode IPL
04 April 2022 - by Nadira Maurizka
COPY LINK

Cara Menghilangkan Bulu Ketiak dengan Metode IPL

 

Keberadaan bulu pada area-area tertentu di tubuh seperti wajah, lengan, kaki, hingga ketiak merupakan kondisi yang wajar terjadi pada setiap orang. Kemunculan bulu ketiak (axillary hair) biasanya diiringi dengan pubertas, yaitu sekitar umur 10-12 tahun untuk perempuan dan 11-14 tahun untuk laki-laki. Biasanya bulu-bulu ini akan sering rontok dan tidak lebih dari 6 inchi.  Bahkan seseorang yang tidak memiliki bulu pada tubuh mereka, cenderung didasari oleh kondisi kesehatan tertentu seperti diabetes, penyakit ginjal, asma, atau kelenjar tiroid yang abnormal (Healthline, 2022). 

 

Meskipun keberadaannya terbilang normal dan umum dialami oleh siapapun, penampilan bulu ketiak kadang membuat kamu tidak percaya diri. Beberapa orang pun lebih memilih penampilan ketiak yang lembut dan tanpa bulu, dan hal tersebut juga wajar. Mencukur bulu ketiak juga memiliki manfaat lho, di antaranya adalah; kamu menjadi tidak terlalu berkeringat pada daerah ketiak dan juga mengurangi bau badan karena sabun akan lebih mudah membersihkan kulit ketiak.

 

Baca Juga: apa saja kelebihan dan kekurangan IPL?

 

Efek Samping dari Mencukur dan Waxing

 

Selain mencukur, metode yang sering digunakan untuk menghilangkan bulu ketiak adalah dengan waxing. Kamu bisa melakukan waxing di beauty bar atau melakukannya sendiri. Kini produk waxing sudah terjual bebas di pasaran dan mudah dilakukan di rumah. Tipe wax pun beragam, ada yang hard wax, soft wax, sampai sugar wax yang residunya bisa larut dengan air. Waxing juga gemar dilakukan orang-orang yang ingin menghilangkan bulu ketiak tanpa mencukurnya.

 

Namun, melakukan shaving dan waxing tentu akan menimbulkan efek samping. Terlebih lagi mencukur dengan razor tidak akan menghambat pertumbuhan bulu, sehingga kamu harus rutin mencukur untuk hasil yang maksimal. Efek samping yang mungkin kamu alami jika terlalu sering melakukan shaving dan waxing;

 

ingrown-hair-menghilangkan-bulu-dengan-ipl,jpg

 

  • Infeksi pada folikel rambut (razor bumps). Ditandai dengan munculnya benjolan akibat peradangan kulit, yang memicu rambut tumbuh ke dalam pori-pori. Kondisi ini berbeda dengan keratosis pilaris.
  • Ruam dan gatal, bisa diakibatkan oleh kandungan wax yang tidak cocok, seperti beeswax. Juga bisa disebabkan oleh mencukur (razor burn)
  • Waxing juga bisa menimbulkan rasa seperti kulit terbakar, bahkan berdarah. 
  • Hiperpigmentasi

 

Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Yang Lebih Aman

 

Resiko-resiko di atas dapat kamu atasi dengan mencari alternatif dari metode shaving dan waxing. Salah satu di antaranya adalah dengan perawatan Intense Pulsed Light (IPL). Prosedur ini cocok bagi kamu yang ingin menghilangkan bulu ketiak tanpa mencukur dan dengan aman & minim rasa sakit. Teknologi IPL yang sudah memiliki izin FDA (Food and Drug Administration) ini memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah mengatasi kelainan pembuluh darah, rosasea, hingga bintik-bintik hiperpigmentasi di berbagai area tubuh kamu.

 

Baca Juga: Bagaimana cara mencegah ketiak hitam?

 

Perawatan dengan IPL ini biasanya berlangsung selama 20 hingga 30 menit, tergantung ukuran area perawatan. Dan dengan masa pemulihan yang singkat, kamu dapat langsung melanjutkan aktivitas seperti biasanya setelah menghilangkan bulu ketiak. Pada segelintir pasien yang merasakan iritasi setelah treatment, bisa langsung diatasi dengan mengoleskan pelembab dan sunscreen. Tapi hal ini jarang terjadi pada pasien IPL.

 

Selain menghilangkan bulu ketiak tanpa mencukur secara aman, metode IPL ini memiliki kelebihan lain, seperti;

  • Mengurangi tampilan bekas jerawat PIH pada kulit
  • Menghilangkan kerutan halus dan tanda penuaan kulit lainnya
  • Mengurangi pertumbuhan bulu di area ketiak, wajah, hingga tubuh
  • Mengurangi hiperpigmentasi akibat mencukur atau waxing, hingga yang diakibatkan oleh sinar matahari seperti melasma

 

Nah, jadi itu dia metode alternatif untuk menghilangkan bulu tanpa mencukur pada area tubuh yang tidak kamu inginkan. Apabila kamu tertarik untuk melakukan treatment IPL, segera konsultasikan kondisi kulit kamu ke klinik terdekat kamu ya!

 

Other Articles