Jangan Tertukar! Ini Perbedaan Freckles, Lentigo dan Melasma
13 June 2022 - by Nadira Maurizka
COPY LINK

Jangan Tertukar! Ini Perbedaan Freckles, Lentigo dan Melasma

 

Seringnya terpapar sinar matahari bisa bikin kulit kamu kusam. Tidak hanya itu, sinar ultraviolet pada matahari mampu membuat kulit kamu rusak dan menimbulkan bintik kecoklatan hingga hitam yang dapat mengganggu penampilan kamu.

 

 

melasma.jpg

 

Bintik hitam/coklat atau biasa dikenal istilah hiperpigmentasi adalah sebuah kondisi di mana munculnya bercak hitam pada kulit yang disebabkan karena produksi zat melanin atau pigmen secara berlebihan. Pernahkah kamu melihat kulit kamu terdapat bintik hitam atau terlihat kontras dari warna kulit di sekitarnya? Perubahan ini disebabkan oleh meningkatnya produksi melanin sebagai respon rangsangan dari luar tubuh kamu yang biasanya dipicu oleh sinar uv atau banyak faktor lainnya. 

 

Baca Juga: 3 Fakta Kanker Kulit Yang Perlu Kamu Ketahui

 

Hiperpigmentasi umumnya memiliki banyak jenis, seperti freckles, lentigo, dan melasma. Ketiganya memiliki bentuk yang mirip, warna yang serupa, dan biasanya muncul di area wajah. Lantas bagaimana kamu bisa membedakannya? Simak yuk perbedaan Freckles, Lentigo dan Melasma berikut ini.

 

Perbedaan Freckles, Lentigo, dan Melasma

 

Berikut ini perbedaan umum antara freckleslentigo, dan melasma dari mulai penyebab, pada umur berapa biasanya kamu mungkin terpapar, bagaimana bentuknya dan di mana letak kemunculannya. 

 

Perbedaan-hiperpigmentasi.jpg

 

Selain Freckles, Lentigo dan Melasma, macam-macam hiperpigmentasi lain yang juga umum terjadi adalah hiperpigmentasi pasca inflamasi. Hiperpigmentasi ini merupakan kondisi kulit yang dialami akibat luka, alergi, ataupun efek samping dari obat dan peradangan kulit karena eksim atau jerawat. Jenis hiperpigmentasi ini biasanya diawali dengan kemerahan hingga akhirnya mereda dan menghitam dengan sendirinya. Selain sinar uv, faktor genetik, dan perubahan hormon, hiperpigmentasi pada kulit juga dapat disebabkan oleh penggunaan kosmetik dengan bahan berbahaya seperti merkuri.

 

Bagaimana Cara Menghilangkan Freckles, Lentigo dan Melasma?

 

Meskipun sama-sama masuk ke dalam macam-macam hiperpigmentasi, penanganan untuk masalah ini harus diketahui sumber penyebabnya terlebih dahulu. Jika ada bintik hitam atau kecoklatan yang muncul di wajahmu, kamu harus berkonsultasi dengan dokter apakah yang kamu alami ini adalah Freckles, Lentigo atau Melasma.

 

Untuk Freckles, biasanya dokter akan merekomendasikan krim topikal dengan kandungan retinoid, hidrokuinon, hingga AHA. Kamu juga bisa melakukan perawatan di klinik dengan chemical peeling, Intense Pulsed Light (IPL) hingga Laser.

 

Untuk Lentigo, dokter biasanya akan merekomendasikan krim topikal dengan kandungan hidrokuinon, tretinoin, AHA, Vitamin C dan Kojic Acid untuk menghambat pembentukan melanin atau memacu siklus pembelahan sel kulit. Kamu juga bisa melakukan tindakan di klinik seperti chemical peeling, laser, IPL, mikrodermabrasi hingga krioterapi atau bedah beku.

 

IPL-(intense-Pulsed-light).jpg

 

 

Untuk kondisi Melasma, dokter biasanya akan merekomendasikan krim topikal dengan kandungan retinoid, asam azaleat, niacinamide, hidrokuinon, kojic acid, asam traneksamat, dan arbutin. Untuk tindakan di klinik, kamu bisa mencoba perawatan chemical peeling, IPL, laser Nd:YAG, hingga laser Pico.

 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Dengan Metode IPL

 

Pada beberapa kasus, hiperpigmentasi bisa memudar dengan sendirinya. Namun, kamu tetap memerlukan perawatan krim topikal atau tindakan jika kondisi hiperpigmentasi pada kulitmu sangat mengganggu penampilan.

 

Tentunya kamu tidak bisa melupakan sunscreen dalam rangkaian skincare kamu untuk mencegah munculnya hiperpigmentasi di atas. Karena penyebab dan pemicu yang paling umum dari Freckles, Lentigo maupun Melasma adalah sinar uv dari matahari. 

 

Pastikan kamu memperhatikan bentuk dan warna flek hitam yang kamu miliki, karena jika bentuknya tidak beraturan dan mulai terasa asing, kamu mungkin mau mengkonsultasikan ke dokter spesialis kulit untuk memastikan flek hitam tersebut bukanlah melanoma yang berbahaya. Kamu bisa berdiskusi dengan dokter di sini ya!

Tags :
Other Articles