Description
Treatment
Skincare
Video
Payudara Kecil
written by Cut Ikhvani Audina
Medical review by dr. Dartri Cahyawari, Sp.DV
Last updated 30-March-2022

Pengertian Payudara Kecil 

Small Breast adalah permasalahan ukuran payudara kecil yang dimiliki oleh sebagian wanita. Selama masa pubertas, ukuran payudara umumnya akan mengembang dan bertambah menjadi lebih besar seiring berjalannya waktu. Namun, ukuran payudara yang dimiliki oleh setiap wanita tidak sama. Beberapa wanita ada yang mengalami masalah payudara kecil. Hormon estrogen yang diproduksi saat masa pubertas inilah yang menyebabkan payudara wanita menjadi berkembang dan ukurannya lebih besar.

 

Baca juga: Apa yang harus dihindari setelah perawatan sedot lemak?

Apa penyebab payudara kecil?

Penyebab Payudara Kecil?

 

Umumnya, para wanita yang memiliki permasalahan payudara kecil disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya :

 

  • Keturunan

Salah satu faktor penentu adalah dari keturunan. Jika ibu kamu memiliki ukuran payudara yang kecil, maka kemungkinan besar kamu juga memiliki ukuran payudara yang hampir sama.

 

  • Penurunan berat badan

Lemak menjadi salah satu faktor penentu ukuran payudara. Jika kamu sedang mengalami penurunan berat badan yang cukup signifikan, maka salah satu bagian tubuh yang ikut menyusut adalah bagian payudara. 

 

  • Menopause

Menopause menyebabkan hormone estrogen menjadi berkurang sehingga menyebabkan jaringan payudara menjadi lebih kendur dan otomatis mengurangi ukuran payudara

 

  • Hipoplasia payudara

Hal ini terjadi dikarenakan jaringan payudara yang tidak berkembang dengan baik sehingga menyebabkan ukuran payudara yang dimiliki oleh beberapa wanita menjadi kecil

Apakah payudara kecil bisa kendur?

Ukurang payudara ternyata tidak berpengaruh terhadap kendurnya payudara. Payudara yang kecil juga bisa mengalami masalah kendur. Namun, orang yang memiliki payudara yang besar memang bisa berpotensi mengalami payudara kendur, karena memiliki rasio jaringan lemak yang lebih besar.

 

Baca juga: Kapan hasil perawatan mesotherapy terlihat?

Berapa ukuran payudara yang ideal?

Sebuah penelitian yang diambil dari situs Zava di Inggris pernah meneliti tentang berapa ukuran payudara yang ideal. Namun, penelitian ini hanya meneliti tentang ukuran ideal bagi kebanyakan orang saja. 

 

Namun, rata-rata payudara memiliki berat sebesar 750gram, tinggi kisaran 10-15cm dan memiliki volume 350-500cc.

Bagaimana cara membesarkan payudara?

 

  • Breast Augmentation

 

breast-implan.png

 

Pembesaran payudara, biasa disebut "breast augmentation” adalah prosedur operasi plastik yang dapat meningkatkan ukuran dan bentuk payudara. Prosedur ini dapat meningkatkan ukuran alami payudara kamu dan mengurangi kekenduran serta penurunan volume yang disebabkan oleh dengan usia, penurunan berat badan, kehamilan, atau menyusui.

 

  • Breast Lift dengan Implan

Breast lift atau pengencangan payudara bisa dengan atau tanpa implan. Pada payudara yang menggelambir atau puting sangat turun bisa dilakukan dengan mengambil kulit yang menggelambir dan dilakukan perbaikan posisi puting serta bentuk payudara dapat diperbaiki tanpa implant. Pengencangan payudara disertai dengan implan dapat memperbaiki bentuk payudara yang telah disebabkan oleh penuaan, kehamilan, atau penurunan berat badan yang drastis. Prosedur perawatan dengan kombinasi ini dapat meningkatkan keseluruhan bentuk dan ukuran payudara, mengembalikan keseimbangan dan keremajaan.

 

Karakteristik pasien yang cocok untuk melakukan perawatan ini adalah pasien yang tidak merokok, mempertahankan berat badan yang konsisten dari waktu ke waktu dan memiliki salah satu dari kondisi payudara seperti :

  • Puting mengarah ke bawah
  • Payudara yang rata atau kehilangan volume/kendur
  • Kulit yang telah merenggang kerena penuaan atau penurunan berat badan

 

Tidak semua orang membutuhkan pengencangan payudara dan implan, tetapi jika kamu memiliki payudara yang kendur dan kehilangan volume, kombinasi ini dapat mengatasi kedua masalah tersebut.

 

  • Breast Fat Transfer

 

fat-transfer.png

 

Breast Fat Transfer, atau yang juga dikenal sebagai pencangkokan lemak tubuh atau autologous fat injection, adalah proses sel-sel lemak disedot dari satu atau lebih area tubuh dengan penumpukan lemak yang banyak kemudian dipindahkan ke payudara. Tujuannya untuk meningkatkan volume pada payudara yang kecil atau mengembalikan volume yang telah hilang misalnya rekonstruksi pasca operasi kanker payudara atau kelainan bawaan. Lemak yang disedot dari area tubuh lainnya telah melalui proses pemurnian sebelum disuntikkan ke payudara menggunakan kanula (tabung tipis) atau jarum suntik kecil.

 

Jika kamu masih punya pertanyaan seputar volume payudara kecil, silakan tanya dokter disini ya!




Other Articles