Procedure
Mesotherapy
by. Raesindy Dzufriana
Medical review by dr. Hari Darmawan, Sp.KK
Last updated 07-April-2022
Cost Rp150.000 - Rp1.500.000
Recov. Time 0-3 hari
Type Non-Surgical
Description
Concern
Review
Before After
Video
Clinic
Doctor
Mesotherapy

Apa Pengertian dari Mesotherapy?

 

Mesotherapy adalah perawatan yang dilakukan dengan metode injeksi menggunakan jarum berukuran kecil dan halus yang menargetkan pada lapisan subkutan kulit. Pada perawatan ini, biasanya menggunakan bahan suntikan dari berbagai zat dan kandungan, seperti ekstrak tumbuhan, vitamin, asam amino, mineral, asam hialuronat, hormon, dan enzim. 

 

Secara umum, mesotherapy memiliki manfaat untuk menghilangkan lemak, mengurangi selulit, memudarkan garis halus atau kerutan, mencerahkan kulit serta dapat digunakan sebagai perawatan untuk mengatasi kebotakan (alopecia). 

 

Baca juga: Apa Saja Penyebab Selulit?

 

Jika kamu ingin melakukan perawatan mesotherapy untuk pengurangan lemak, perlu diperhatikan bahwa perawatan ini bukanlah ditujukan untuk mengurangi berat badan secara signifikan, tetapi ditujukan mengencangkan, mempertegas dan menghilangkan lemak berlebih pada bagian tubuh tertentu seperti paha, dagu, bokong, pinggul, lengan, atau wajah (contouring). 

Siapa saja orang yang disarankan melakukan perawatan mesotherapy?

 

Perawatan mesotherapy boleh dilakukan oleh siapapun yang ingin menghilangkan lemak di beberapa titik area tubuh. 

  • Ibu yang sedang hamil atau menyusui
  • Penderita diabetes
  • Pengguna aspirin dan obat pengencer darah lainnya karena dikhawatirkan dapat meningkatkan resiko perdarahan dan memar
  • Untuk mengurangi lemak, tidak disarankan untuk orang dengan berat badan yang sangat berlebih (obesitas), sehingga disarankan menggunakan perawatan slimming lain seperti cryolipolysis atau liposuction

Bagaimana prosedur selama perawatan mesotherapy?

Sebelum melakukan perawatan mesotherapy, dokter biasanya akan melakukan pengecekan terlebih dahulu dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar dosis, ketebalan jarum serta letak suntikan yang dibutuhkan oleh tubuh pasien. Dokter akan membersihkan area yang akan disuntik menggunakan kapas alkohol.

 

prosedur-mesotherapy.png

 

Perawatan mesotherapy dilakukan dengan menyuntikkan zat tertentu di area yang ingin dihilangkan lemaknya. Isi dari cairan yang akan disuntikkan ini biasanya berupa enzim, hormon, vitamin dan ekstrak tumbuh-tumbuhan herbal. Suntikan dilakukan pada beberapa titik sasaran di lapisan subkutan yang terletak di bawah jaringan kulit. Kedalaman suntikan mungkin akan berbeda-beda mulai dari 1 mm hingga 4 mm, tergantung kondisi kulit. Proses perawatan dari mesotherapy dampaknya akan menyusutkan sel-sel lemak yang dikeluarkan melalui feses dan urin.

Apa yang terjadi setelah perawatan mesotherapy?

Setelah melakukan perawatan mesotherapy, dokter akan memperbolehkan pasien untuk kembali beraktivitas dan memberikan krim untuk mengatasi memar bekas area suntik yang akan berlangsung selama beberapa hari. Biasanya kamu akan merasakan sensasi gatal, terbakar hingga perih selama beberapa menit setelah melakukan suntik. Dokter juga akan memberikan rancangan program diet serta olahraga rutin yang wajib kamu ikuti, agar berat badan bisa benar-benar turun dan stabil.

 

olahraga-teratur.png

 

Baca juga: Apa Penyebab Stretch Mark?

Apakah perawatan mesotherapy memiliki efek samping?

 

Setiap perawatan tentunya memiliki efek samping, risiko di area suntik mungkin akan terjadi setelah kamu melakukan perawatan mesotherapy, antara lain seperti:

  • Mual karena zat suntik mulai bekerja
  • Muncul infeksi kulit apabila area penyuntikan tidak steril
  • Memar

Kapan hasil perawatan mesotherapy terlihat?

Perawatan ini bisa dikatakan memiliki efek yang instan karena dengan beberapa kali suntik kamu dapat melihat hasilnya, tetapi jika tidak diimbangi dengan pola hidup sehat maka lemak pada tubuh akan kembali menumpuk. Perawatan mesotherapy juga tidak dapat diukur batas waktu keberhasilan karena tidak menentu tergantung kadar lemak dalam tubuh sehingga akan berbeda-beda. Perawatan ini dilakukan selang 2 minggu hingga 4 kali perawatan suntik untuk hasil yang lebih ideal.

Apa yang harus dihindari setelah perawatan mesotherapy?

Perawatan ini termasuk aman digunakan, sehingga hanya ada beberapa kegiatan yang sebaiknya dihentikan terlebih dahulu seperti tidak boleh berolahraga yang berat dan makan secara berlebihan, karena penumpukan lemak akan kembali jika tidak menjalankan diet yang baik.

Apa kelebihan dan kekurangan dari perawatan mesotherapy?

Kelebihan Perawatan Mesotherapy:

  • Prosedur tidak terlalu sakit sehingga tidak memerlukan anestesi
  • Proses tidak menyakitkan seperti sedot lemak yang membutuhkan beberapa sayatan kecil
  • Memperbaiki penampilan dan bentuk tubuh
  • Multi-indikasi, dapat digunakan untuk indikasi lain seperti mengurangi selulit, memudarkan garis halus atau kerutan, mencerahkan kulit serta mengatasi kebotakan (alopecia).

 

Kekurangan Perawatan Mesotherapy:

  • Hasil tidak permanent
  • Butuh usaha lain seperti pola hidup sehat dan menjaga pola makan
  • Pengurangan volume lemak tidak sebanyak sedot lemak
  • Kurang efektif dilakukan untuk orang yang memiliki kenaikan berat badan yang sangat berlebih

 

Jika kamu masih punya pertanyaan seputar Mesotherapy, silakan tanya dokter disini ya!

Referensi

  • American Regen, 2020. Fat and Cellulite Reduction.
  • Nexus Clinic, 2018. Mesolipo Fat Melting Injections For Cellulite in Kuala Lumpur
  • Park, Seung Ha, et al. “Effectiveness of Mesotherapy on Body Contouring.” Plastic and Reconstructive Surgery, U.S. National Library of Medicine, Apr. 2008.



Other Articles