Description
Treatment
Skincare
Video
Lemak Perut
written by Cut Ikhvani Audina
Medical review by dr. Dartri Cahyawari, Sp.DV
Last updated 04-April-2022

Ketahui Cara Menghilangkan Lemak Di Perut Dengan Tepat

Sebelum kita membahas cara menghilangkan lemak di perut, kita harus tau apa itu perut buncit. Perut buncit terjadi ketika lemak yang menumpuk dan berada di area perut seseorang atau yang biasa dikenal dengan istilah Love Handles. Lemak ini dapat mengganggu penampilan seseorang. Meskipun sebenarnya hampir di seluruh bagian tubuh terdapat lemak, namun lemak yang berlebih tentu saja tidak baik. Begitu pun dengan lemak berlebih yang berada di area perut. Berat badan yang naik dapat membuat lemak di perut menjadi lebih menumpuk.

 

Salah satu penyebab berat badan naik adalah faktor genetik. Pria cenderung menyimpan lemak lemak di pinggul dan perut. Faktanya, menurut sebuah studi tahun 2019 mengatakan bahwa 62% sel-sel lemak berada di tubuh mereka. Semakin bertambahnya usia, pria mulai mengalami perlambatan dalam pembakaran lemak. Hal itulah yang membuat pria rentan mengalami kenaikan berat badan di bagian perut atau pinggul. Tidak hanya pria, wanita juga rentan mengalami penumpukan lemak di area pinggul, bokong dan paha.

 

Baca Juga : Jenis-Jenis Selulit Akibat Lemak

Apa saja jenis-jenis lemak perut?

 

Secara umum, terdapat 2 jenis lemak perut yang perlu kamu ketahui, diantaranya:

 

          cara menghilangkan lemak di perut

 

  • Lemak perut subkutan

Lemak perut subkutan atau yang biasa dikenal dengan lemak perut lunak berada dibawah permukaan kulit. Ciri-ciri lemak perut subkutan ini adalah mudah dilihat dan juga dicubit. Jenis lemak perut subkutan ini juga tergolong tidak berbahaya, dan biasanya timbul akibat pola makan yang tidak sehat dankurang berolahraga sehingga dapat memicu penumpukan lemak perut subkutan. Jenis lemak ini juga lebih mudah dihilangkan dengan pola hidup sehat dan olahraga yang rutin.

 

  • Lemak perut visceral

Lemak perut visceral atau yang biasa dikenal dengan lemak perut keras ini berada di antara organ-organ penting dalam perut seperti lambung, usus, maupun hati. Lemak ini mengemas organ-organ perut sehingga ketika kamu memegang akan terasa keras. Karena letaknya yang berada di antara organ-organ penting dalam perut, membuat lemak ini jika dibiarkan bisa berbahaya. Lemak perut visceral juga dapat memicu berbagai kondisi seperti resiko tekanan tinggi, kolesterol, jantung, diabetes dan kondisi kesehatan lainnya. Kamu perlu mengurangi asupan makanan berlemak dan berkalori tinggi untuk mencegah lemak perut visceral ini.

Apa perbedaan lemak perut subkutan dan lemak perut visceral?

Untuk memudahkan kamu mengetahui perbedaan dari lemak subkutan dan lemak visceral, cobalah cubit area perutmu. Lemak yang bisa kamu cubit di area tersebut adalah lemak subkutan, sedangkan lemak visceral berada lebih dalam yang menumpuk di perut dan panggul, dan berada di sekitar organ dalam. Lemak visceral ini jika dibiarkan dapat memicu masalah kesehatan lainnya, seperti diabetes atau masalah jantung.

 

Untuk mengurangi masalah visceral, fokuslah menjaga pola makan yang baik dengan mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran, biji-bijian, susu rendah lemak, dan sumber protein tanpa lemak. Penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan asupan serat, seperti misalnya dalam oatmeal, jeruk, apel, kentang, kacang-kacangan, dan biji-bijian dapat membantu mengurangi lemak visceral.

 

Baca juga: Apakah perawatan sedot lemak memiliki efek samping?

 

Apa penyebab munculnya lemak perut?

 

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan lemak perut visceral dapat menumpuk di bagian tubuh, diantaranya :

 

  • Konsumsi makanan berlemak tinggi
  • Tidak berolahraga secara rutin
  • Gaya hidup, misalnya tidak cukup tidur atau stress
  • Faktor usia
  • Perubahan hormon, contohnya pada wanita menopause
  • Genetik
  • Kenaikan berat badan

Bagaimana cara menghilangkan lemak di perut?

 

Terdapat banyak cara menghilangkan lemak di perut. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan lemak di perut dengan cepat, yaitu dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan, diantaranya:

 

  • Cryolipolysis

cryolipolysis.png

 

Cryolipolysis adalah prosedur body contouring dengan cara pembekuan lemak terkontrol yang ditargetkan pada area lemak membandel tanpa perlu melakukan operasi. Sel-sel lemak akan dihancurkan dan diserap perlahan-lahan oleh tubuh. Perawatan ini dapat efektif untuk menargetkan lemak yang ingin dihancurkan tanpa merusak kulit, saraf, atau pembuluh darah. Perawatan ini biasanya dilakukan selama satu jam dengan minimal downtime. Alat dengan teknologi cryolipolysis ini sudah tersedia di Indonesia, yang sering dikenal yaitu brand Coolsculpting® dan Crystal®

 

  • Warm Sculpting

warmsculpting.png

 

Adalah perawatan pembentukan tubuh tanpa pembedahan yang dilakukan dengan menggunakan energi laser diode yang secara efektif dapat menghancurkan sel-sel lemak yang membandel. Berkebalikan dengan cryolipolysis yang menggunakan suhu dingin, warm sculpting menggunakan suhu panas untuk menghancurkan lemak selama 25 menit. Perawatan ini biasanya dilakukan untuk mengurangi lemak di area perut, panggul, punggung, paha dan dibawah dagu dan sangat cocok digunakan oleh pasien yang ingin menghilangkan lemak dengan menghindari prosedur sedot lemak yang lebih invasif. Menurut Dr. Jennifer Walden, seorang ahli bedah plastik, beliau mengatakan bahwa WarmSculpting dapat menghancurkan hingga 24% sel-sel lemak di area yang dilakukan perawatan. Alat yang menggunakan teknologi ini salah satunya yaitu Sculpsure®.

 

  • RADIOFREQUENCY INDIBA®

radiofrekuensi

Radiofrequency Indiba adalah sebuah alat untuk mengurangi lemak pada area perut dan paha dengan menggunakan energi radiofrekuensi (RF) serta stimulasi elektrik. Energi RF ini mampu memanaskan lapisan lemak dan kemudian menyebabkan kematian sel lemak dengan menggunakan suhu yang dihantarkan. Sel lemak yang mati kemudian akan hilang melalui sistem limfatik oleh tubuhmu. Kelebihan utama dari teknologi RF yang dimiliki oleh alat Indiba® ini adalah stimulus elektrik untuk mencapai lemak visceral yang tidak bisa dilakukan oleh radiofrekuensi dari alat lainnya yang hanya mampu mencapai lemak subkutan. Sehingga, dengan alat ini kamu bisa mencapai target lemak visceral dan subkutan.

 

  • Liposuction

Liposuction atau yang biasa dikenal dengan sedot lemak adalah prosedur pembedahan yang dilakukan untuk menghilangkan lemak berlebih pada tubuh. Biasanya dilakukan untuk menghilangkan lemak dari perut, pinggul, paha, pantat, lengan, atau leher. Perawatan ini dilakukan dengan cara memasukkan tabung tipis yang disebut dengan kanula ke dalam tubuh dengan melakukan sayatan kecil dan kemudian kanula tersebut akan bekerja menyedot lemak. Perawatan ini biasanya dilakukan 1 hingga 4 jam lamanya.

 

Baca Juga : Prosedur, Kelebihan & Kekurangan Sedot Lemak

 

  • Smart Lipo

Adalah jenis sedot lemak yang menggunakan energi laser untuk mencairkan lemak sebelum disedot oleh kanula. Perawatan ini membuat lemak lebih mudah dikeluarkan. Selain itu, perawatan ini juga dapat merangsang produksi kolagen sehingga kulitmu dapat lebih kencang setelah lemak dihilangkan.

 

Selain dengan perawatan di klinik kecantikan, cara untuk menghilangkan lemak di perut yaitu dengan menjaga berat badan dan olahraga yang seimbang, sehingga hasil yang akan kamu dapatkan menjadi lebih maksimal dengan dikombinasikan perawatan di klinik.

 

Jika kamu masih punya pertanyaan seputar lemak perut, silakan tanya dokter disini ya!




Other Articles