Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Berminyak
04 April 2022 - by Nadira Maurizka
COPY LINK

Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Berminyak

 

Matahari memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Sinar matahari yang menyentuh tubuh akan diubah menjadi vitamin D sehingga berjemur di pagi hari membuat tulang kita semakin kuat dan mampu memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Tapi kamu harus memperhatikan waktu yang tepat untuk berjemur, yaitu sekitar jam 09.00 hingga 10.00 pagi di mana kadar index UV (spektrum ultraviolet) nya masih normal. Pada durasi tersebut, resiko dari paparan sinar UV masih minim. 

 

Meskipun begitu, apabila kamu tinggal di Indonesia, negara tropis yang di mana sinar matahari sangat berlimpah, kamu wajib meminimalisir efek samping dari paparan sinar ultraviolet (UV) yang terlalu sering. Penggunaan sunscreen bisa mengatasi masalahmu. 

 

sunscreen-untuk-acne-prone-skin,jpg

 

Namun, bagi sebagian besar orang yang memiliki kulit berminyak, masih banyak saja yang tidak mau menggunakan sunscreen karena dianggap memiliki tekstur yang lengket atau membuat mereka merasa berjerawat. Padahal, kamu bisa juga memilih sunscreen yang tepat sesuai dengan jenis kulit. Nah, seperti apa ya tips memilih sunscreen untuk kulit berminyak? Simak penjelasannya berikut ya!

 

 

Baca Juga: Atasi Sunburn dengan Aloe Vera 

 

 

Tips Memilih Sunscreen yang Cocok untuk Kulit Berminyak

 

Sekarang ini, kita dimudahkan dengan banyaknya pilihan sunscreen mulai dari yang terjangkau, hingga high-end. Terdapat dua pilihan yang bisa kamu pertimbangkan apabila kamu ingin membeli sunscreen. Physical sunscreen, yang lapisannya mampu menghalangi sinar UV untuk tidak masuk ke dalam lapisan kulit kamu. Sedangkan chemical sunscreen, bekerja dengan membuat lapisan untuk menyerap sinar UV tersebut agar tidak terserap oleh kulit kamu. 

 

Kondisi kulit berminyak kadang bisa tricky dalam memilih sunscreen. Tidak jarang, penggunaan sunscreen justru membuat kulit kamu semakin berminyak dan cenderung kusam. Apalagi jika tidak kamu set dengan bedak tabur setelahnya. Nah, kamu bisa melihat tips berikut ini untuk mempertimbangkan jenis sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak;

 

  • Pilihlah Sunscreen yang Non-comedogenic 

Kandungan sunscreen yang non-comedogenic biasanya mempunyai tekstur yang mudah menyerap ke kulit sehingga tidak menyumbat pori-pori, terutama bagi kamu yang memproduksi sebum berlebih (kulit berminyak). Kandungan ini biasanya ditemukan pada physical sunscreen. Kandungan physical sunscreen yang memuat bahan aktif zinc oxide yang partikelnya mampu duduk pada permukaan kulit terluarmu. Partikelnya yang berbentuk seperti spons membuat hasil akhir sunscreen kamu tidak mengkilap dan tidak meninggalkan white cast.

 

 

  • Pilih Sunscreen dengan Tekstur Gel

Sunscreen dengan tekstur gel tidak akan menyumbat pori-pori kamu. Sehingga bisa mencegah tumbuhnya komedo dan jerawat baru pada wajah. Jenis sunscreen ini juga biasanya transparan dan tidak lengket ketika digunakan. Sunscreen ini cocok untuk kulit berminyak.

 

 tekstur-gel-sunscreen

 

  • Sunscreen yang Berbahan Dasar Air Bisa Menjadi Pertimbangan

Water-based sunscreen biasanya juga dikemas dalam tekstur gel. Sunscreen ini akan terasa lebih ringan digunakan dibandingkan dengan jenis sunscreen lainnya. Keharusan untuk menggunakan sunscreen dengan minimal dua ruas jari memang cukup membuat ketar-ketir dengan hasil akhir yang terlalu oily. Namun kamu tidak perlu khawatir jika menggunakan water-based sunscreen ini. 

 

  • Hindari Sunscreen yang Mengandung Parfum

Segala jenis skincare yang mengandung wewangian dapat berdampak buruk bagi kulitmu. Seperti dermatitis, ruam, gatal-gatal, dan reaksi alergi lainnya. Terlebih lagi pada kulit berminyak yang berjerawat dan sensitif. Sebagai produk rutin yang kamu kenakan, pilihlah sunscreen yang tidak mengandung parfum untuk meminimalisir reaksi alergi. Sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak biasanya juga cocok pada kondisi kulit yang sensitif juga.

 

Baca JugaBerjemur berlebihan sebabkan kerusakan pada kulit?

 

  • Gunakan Sunscreen Secukupnya

Dampak dari paparan sinar UVA dan UVB memang menakutkan. Tapi berlebihan menggunakan sunscreen nyatanya bisa berdampak buruk untuk kulit kamu juga loh. “Mengunci” kulitmu secara keseluruhan dari sinar matahari justru bisa membuat kulit kamu kekurangan vitamin D yang ia butuhkan. Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan banyak penyakit tulang, seperti osteoporosis, sclerosis, dan bahkan kanker. 

 

Jadi itu dia rangkaian tips untuk memilih sunscreen untuk kulit berminyak. Yang terpenting adalah gunakan sunscreen secukupnya, yaitu sekitar satu sendok teh untuk area wajah dan leher. Dan ulangi pemakaiannya setelah 2-4 jam. Berlebihan mengaplikasikan sunscreen juga tidak baik untuk penyerapan vitamin D ke tubuhmu. Semoga kamu bisa menemukan sunscreen yang cocok untuk kulitmu, ya

 

Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam mengenai jenis sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak dan kandungannya, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter di sini

Other Articles