Description
Treatment
Skincare
Video
Payudara Kendur
written by Cut Ikhvani Audina
Medical review by dr. Dartri Cahyawari, Sp.DV
Last updated 29-March-2022

Pengertian Payudara Kendur

Payudara kendur atau yang biasa dikenal dengan saggy Breast adalah kondisi dimana ligamen payudara kehilangan kekuatan sehingga menjadi kendur dari biasanya. Tampilan payudara kendur ini dirasa cukup mengganggu penampilan sebagian besar wanita. Umumnya, masalah payudara kendur ini dialami oleh wanita yang telah memasuki usia lanjut atau penuaan karena jaringan iklat dan kulit mulai mengendur karena faktor usia.

 

Baca juga: Apakah BTL Exilis™ aman?

Apa penyebab payudara kendur?

Masalah payudara kendur dapat terjadi ketika kulitmu, jaringan ikat, dan ligamen pendukung lainnya kehilangan integritas karena penuaan, penurunan berat badan, kehamilan, atau menyusui. Payudara kendur seringkali dialami oleh banyak wanita dan ini merupakan permasalahan yang cukup umum.

 

          penyebab payudara kendur

 

Dalam dunia perawatan estetika, ada beberapa alternatif yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah payudara kendur. Mulai dari perawatan prosedur bedah maupun non-bedah.

Bagaimana cara mencegah agar payudara tidak kendur?

Banyak hal yang bisa kamu lakukan agar membuat payudara lebih kencang dan tidak kendur, di antaranya

 

  • melakukan push up ataupun yoga minimal 2 kali seminggu untuk mengencangkan otot payudara
  • melakukan pijatan ringan di area payudara minimal 15 menit
  • menurunkan berat badan secara perlahan
  • menerapkan pola hidup sehat 
  • hindari merokok

 

Baca juga: Apa kelebihan dan kekurangan dari perawatan sedot lemak?

 

Bagaimana cara mengencangkan payudara?

 

Prosedur bedah adalah satu-satunya cara efektif dan bertahan jangka panjang untuk mengembalikan kemampuan payudara yang kendur. Payudara terdiri dari lemak, jaringan kelenjar, dan ligamen tetapi tidak ada otot. Jadi, olahraga dapat mengembangkan otot-otot di bawah payudaramu untuk membuatnya tampak lebih besar, namun hal itu sebenarnya tidak membuat payudara menjadi terangkat. Dokter juga mengatakan bahwa tidak ada krim yang bisa mengangkat payudara dalam jangka panjang. 

 

Berikut ada beberapa jenis perawatan yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah payudara kendur, diantaranya :

 

  • Breast Lift

Ini adalah operasi pengangkatan payudara, juga disebut mastopeksi, mengangkat dan mengencangkan jaringan berlebih dan mengembalikan posisi puting serta areola untuk menaikkan payudara yang kendur. Prosedur ini sering dikombinasikan dengan prosedur pembesaran payudara seperti implan payudara atau transfer lemak payudara untuk mengembalikan volume yang hilang.

 

  • Breast Lift dengan Implan

Pengangkatan payudara dengan implan dapat meningkatkan dan membentuk payudara yang telah disebabkan oleh penuaan, kehamilan, atau penurunan berat badan yang dramatis. Prosedur perawatan dengan kombinasi ini dapat meningkatkan keseluruhan bentuk dan ukuran payudara, mengembalikan keseimbangan dan keremajaan.

Karakteristik pasien yang cocok untuk melakukan perawatan ini adalah pasien yang tidak merokok, mempertahankan berat badan yang konsisten dari waktu ke waktu dan memiliki salah satu dari kondisi payudara seperti :

     a. Puting mengarah ke bawah

     b. Payudara yang rata atau kehilangan volume/kendur

     c. Kulit yang telah merenggang kerena penuaan atau penurunan berat badan

Tidak semua orang membutuhkan pengencangan payudara dan implan, tetapi jika kamu memiliki payudara yang kendur dan kehilangan volume, kombinasi ini dapat mengatasi kedua masalah tersebut.

 

  • Breast Fat Transfer

Breast Fat Transfer atau yang juga dikenal sebagai pencangkokan lemak tubuh atau autologous fat injection adalah proses sel-sel lemak yang disedot dari satu atau lebih area tubuh di area penumpukan lemak yang kemudian disuntikkan ke payudara. Tujuannya untuk meningkatkan volume pada payudara yang kecil atau mengembalikan volume yang telah hilang misalnya karena rekonstruksi pasca operasi kanker payudara, kelainan bawaan, atau untuk keindahan estetis. Lemak yang disedot dari area tubuh lainnya telah melalui proses pemurnian sebelum disuntikkan ke payudara menggunakan kanula (tabung tipis) atau jarum suntik kecil.

 

Jika kamu masih punya pertanyaan seputar payudara kendur, silakan tanya dokter disini ya!

 

 




Other Articles