Description
Treatment
Skincare
Video
Kantung Mata
written by Cut Ikhvani Audina
Medical review by dr. Dartri Cahyawari, Sp.DV
Last updated 30-March-2022

Apa Itu Kantung Mata?

Kantung mata atau Under-Eye Bags adalah sebuah kondisi bawah mata seperti berkantong yang bisa disebabkan oleh herniasi lemak pada jaringan kulit, orbicularis roll, dan juga penumpukan cairan, yang di karenakan genetik atau faktor penuaan. Kantung mata biasanya muncul pada usia 35 tahun keatas seiring dengan bertambahnya usia mereka. Seiring bertambahnya usia, memang sudah umum terjadi pembengkakan yang kemudian akan menimbulkan kantung di bawah mata. Hal ini disebabkan karena otot dan jaringan di sekitar mata yang berangsur-angsur melemah, dan lemak yang secara alami mendukung mata dapat mendorong maju atau tenggelam, dan kemudian akan membuat kelopak mata bawah terlihat bengkak.

 

Baca juga: Apa yang terjadi setelah perawatan filler?

Apa penyebab kantung mata?

 

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan munculnya kantung mata pada seseorang, diantaranya :

 

  • Genetika

Faktor ini memberikan peranan penting sebagai penyebab dari munculnya kantung mata. Hal ini dapat diwariskan dari orang tua atau anggota keluarga yang memiliki permasalahan yang sama.

 

  • Faktor Usia

Faktor usia dan masalah penuaan juga menjadi penyebab munculnya Dark Circle. Penuaan kulit wajah dapat membuat kulit menjadi kehilangan elastisitas dan kendur sehingga menyebabkan cekungan pada area mata.

 

  • Cairan berlebih dibawah mata

Diet tinggi garam, alergi, kurang tidur, dan menstruasi, semuanya dapat menyebabkan cairan menggenang di bawah mata Anda. Pembengkakan juga bisa membuat bayangan kebiruan di bawah mata.

 

  • Orbicularis roll

Bagian bawah mata tampak membesar karena besarnya otot mata atau orbicularis, dan semakin tampak saat tersenyum.

Apakah kantung mata dapat dihilangkan dengan serum mata?

Menurut penelitian, krim atau serum mata tidak bisa secara efektif menghilangkan masalah kantung mata maupun lingkaran hitam mata. Jika kamu ingin menghilangkan kantung mata secara instan atau minimal mengurangi tampilannya, kamu dapat mencoba untuk mengompres area tersebut. Dinginnya air kompresan akan sementara waktu mengurangi bengkak dibawah mata. Namun, hal tersebut bukanlah hal efektif untuk mengurangi tampilan kantung mata karena hanya bersifat sementara.

 

Baca juga: Apa Saja Manfaat Vitamin C?

Apa perawatan yang bisa dilakukan untuk mengurangi kantung mata?

 

 

filler-mata.png

 

Perawatan ini dilakukan bukan untuk menghilangkan kantung mata, tetapi menyamarkan cekungan pada bawah mata yang terbentuk karena kantung mata yaitu dengan menyuntikkan bahan-bahan tertentu seperti Hyaluronic Acid atau dengan fat transfer. Tetapi yang secara umum lebih dikenal filler menggunakan hyaluronic acid.

 

  • Eyelid Surgery

Operasi kelopak mata (juga disebut pengangkatan kelopak mata atau blepharoplasty) adalah prosedur yang dilakukan untuk mengencangkan dan mengangkat kulit yang kendur di sekitar area mata. Perawatan ini dapat juga dilakukan pada kelopak mata bagian bawah untuk mengeluarkan lemak dan mengencangkan kulit yang kendur.

 

Jika kamu masih punya pertanyaan seputar keluhan kantung mata, silakan tanya dokter disini ya!