Description
Concern
Video
ASK DOCTOR
Hidrokuinon
written by Mega Mercy
Medical review by dr. Reeza Edward, Sp.DV
Last updated 31-October-2022

Apa Itu Hidrokuinon?

Hidrokuinon adalah suatu senyawa obat hidroksifenol yang secara alami terkandung oleh beragam tumbuhan seperti kopi, pir, blueberry, dan cranberry. Hidrokuinon telah lama digunakan sebagai salah satu pilihan utama zat aktif pencerah kulit. Sebagai agen pemutih atau “bleaching”, hidrokuinon dapat ditemukan pada produk yang dilabel dengan klaim “pemutih”, “pencerah”, “pemudar flek”, “penghilang noda / bekas luka”, baik dalam kombinasi dengan bahan lain maupun berdiri sendiri. 

 

Baca juga: Apa Saja Penyebab Flek Hitam?

Bagaimana cara kerja hidrokuinon?

Pada kulit, hidrokuinon bekerja sebagai penghambat enzim tirosinase yang berperan vital dalam proses pembentukan pigmen. Mekanisme aksi hidrokuinon akan menghambat produksi melanin, sintesis DNA dan RNA, mendegradasi melanosome, bahkan menghancurkan sel melanosit.

Apa saja manfaat dari hidrokuinon?

Manfaat dari Hidrokuinon 

 

Secara medis, penggunaan hidrokuinon diindikasikan untuk beberapa kondisi, diantaranya:

  • Melasma
  • Hiperpigmentasi pasca inflamasi, seperti noda bekas jerawat, akibat peradangan, dan lain-lain
  • Freckles atau ephelides
  • Gangguan hiperpigmentasi lain seperti Riehl melanosis, sunspot (lentigines) dan lain-lain

 

Penggunaan hidrokuinon secara legal hanya melalui peresepan oleh dokter. Hidrokuinon tidak pernah diindikasikan untuk digunakan sebagai pemutih kulit yang digunakan harian dalam waktu panjang maupun dalam kandungan hand and body lotion.

Apakah hidrokuinon berbahaya?

Penggunaan dan peredaran hidrokuinon berada di bawah regulasi yang sangat ketat bahkan telah dilarang sepenuhnya di berbagai negara seperti Amerika, Uni Eropa, Jepang dan Australia. Di Indonesia, peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menyatakan jelas bahwa hidrokuinon termasuk dalam daftar bahan berpotensi berbahaya yang dilarang dalam pembuatan kosmetika (zero tolerance). Artinya, produk perawatan kulit, kecantikan atau kosmetika yang mengandung hidrokuinon telah dilarang peredarannya. Pengecualian yang berlaku hanyalah untuk kandungan hidrokuinon dalam produk pewarna rambut sebagai bahan pengoksidasi (kadar maksimum 0.3%) dan kuku artifisial (kadar maksimum sebesar 0,02%, setelah pencampuran sebelum digunakan).

 

Meski kontroversial, terdapat kekhawatiran akan efek samping yang lebih berat seperti isu karsinogenisitas (memicu kanker), gangguan reproduksi termasuk infertilitas, serta kerusakan organ dalam termasuk hati dan ginjal, berdasarkan eksperimen pada hewan.

 

Sama halnya seperti zat obat lain pada umumnya, aman atau tidaknya hidrokuinon sangat tergantung dari siapa yang memakai, apakah sesuai anjuran, cara pemakaian, dosis, dan sebagainya. Penggunaan hidrokuinon yang paling aman yang diberikan dan di bawah pengawasan dokter ahli atau spesialis.

Apa saja efek samping atau resiko dari hidrokuinon?

Efek Samping Yang Mungkin Terjadi Akibat Penggunaan Hidrokuinon

 

  • Rasa kulit kering,  gatal, sensasi menyengat atau terbakar
  • Peradangan kulit, baik reaksi iritasi maupun alergi
  • Perubahan warna kuku
  • Dispigmentasi seperti leukoderma berupa bercak/bintik keputihan yang membuat warna kulit menjadi belang / tidak rata
  • Reaksi paradoksikal atau justru memberatnya hiperpigmentasi yang sudah ada
  • Okronosis eksogen yaitu timbulnya flek gelap abu-kehitaman atau kebiruan disertai tekstur kulit yang menebal

 

Risiko kejadian efek samping semakin meningkat pada pemakaian yang terlalu lama, konsentrasi yang tidak tepat, kombinasi, serta penggunaan krim secara ilegal diluar pengawasan dokter.

Apakah hidrokuinon menyebabkan ketergantungan?

Pada umumnya hidrokuinon aman dan tidak menyebabkan ketergantungan. Untuk meminimalisir efek samping, biasanya dokter akan menginstruksikan pemakaian hidrokuinon secara ketat hanya selama periode waktu tertentu (tergantung kasus) serta diselingi periode istirahat atau penghentian obat. Pasien juga perlu memahami bahwa efek hidrokuinon tidaklah permanen, sehingga penghentian obat selalu berisiko menyebabkan kekambuhan atau “rebound”.

 

Masih berhubungan juga dengan efek samping, penting pula untuk diketahui bahwa terkadang hidrokuinon yang beredar secara ilegal tidak disertai informasi kandungan yang tertera jelas dan jujur, atau berada dalam campuran zat lain yang dapat menimbulkan efek samping baik jangka pendek maupun panjang (tidak langsung) seperti steroid dan merkuri.

 

Baca juga: Apakah Freckles Berbahaya?

Apakah hidrokuinon aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Berdasarkan penelitian yang membuktikan bahwa hidrokuinon dapat terserap dengan sangat mudah dan menembus kulit hingga masuk ke dalam sirkulasi darah. Berdasarkan berbagai studi hidrokuinon memiliki tingkat penyerapan yang bervariasi dari antara 35-45%, dan diperkirakan sekitar 30% akan masuk hingga peredaran darah dalam 1 jam pertama.

 

Meskipun hingga kini belum ada bukti nyata berdasarkan penelitian bahwa penggunaan hidrokuinon berdampak negatif terhadap perkembangan janin pada manusia, berdasarkan pertimbangan keamanan di atas, hidrokuinon dianjurkan untuk dihentikan selama kehamilan dan menyusui. 

Apa saja alternatif kandungan pencerah lainnya selain hidrokuinon?

Kandungan Skincare Untuk Mencerahkan Kulit

 

Kesimpulan

Kesimpulan

  • Hidrokuinon telah terbukti sebagai bahan aktif yang aman dan bermanfaat selama digunakan sesuai indikasi dan secara tepat
  • Hidrokuinon merupakan senyawa kelas obat dengan potensi kuat, sehingga tetap tidak bebas efek samping
  • Meski sering dimanfaatkan sebagai pencerah /pemutih, konsumen harus harus bijak dalam memilah informasi, memilih treatment yang sesuai serta tetap bersikap realistis dalam mempercantik diri
  • Jika suatu obat atau bahan aktif harus didapat melalui peresepan, patuhilah aturan yang berlaku demi keamanan dan kebaikan diri sendiri
  • Dalam mencerahkan kulit, faktor kesehatan dan keamanan harus diutamakan dibanding produk yang menjanjikan hasil yang cepat namun tidak terstandar dan berefek samping 
  • Perhatikan kandungan pasti dari produk yang dipakai serta selalu pilih produk yang berkualitas serta tentunya sesuai regulasi BPOM
  • Untuk perawatan kulit dan kecantikan, konsultasikan masalah Anda dengan yang memang ahli dan kompeten di bidangnya, seperti dokter umum ahli estetika / antiaging atau dokter spesialis kulit dan kelamin

 

Jika kamu masih punya pertanyaan seputar kandungan skincare Hidrokuinon, silakan tanya dokter disini ya!

Referensi

  • Canadian Family Physician. (2011). Safety skincare products during pregnancy.
  • Heathline. (2020). Everything You Need to Know About Hydroquinone
  • Fitzpatrick’s Dermatology 9th ed
  • DermNet NZ. (2021). Hydroquinone
  • StatPearls. (2021). Hydroquinone