Procedure
Tattoo Removal
by. Febiola Tambunan
Medical review by dr. Hari Darmawan, Sp.KK
Last updated 31-March-2022
Cost Rp1.500.000 - Rp10.500.000
Recov. Time 1-2 hari
Type Non-Surgical
Description
Concern
Review
Before After
Video
Clinic
Doctor
Tattoo Removal

Apa Itu Tattoo Removal dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Tattoo removal adalah prosedur penghilangan tato pada kulit seseorang dengan menggunakan teknologi laser.  Seseorang yang memiliki tato dan ingin menghapusnya tentu memiliki alasan tertentu. Saat ini prosedur menghilangkan tato dengan laser bisa dilakukan dengan efek samping minimal.

 

Saat ini, ada 2 jenis laser yang biasa digunakan untuk menghilangkan tato, yaitu laser Nd:YAG dan juga laser picosecond. Secara umum, yang membedakan jenis laser keduanya adalah dari panjang gelombang serta kecepatan yang digunakan. Teknik laser picosecond menggunakan teknologi gelombang cahaya laser dengan energi yang cepat, hanya dalam hitungan 1/1000 detik, Sedangkan laser Nd:YAG yang merupakan singkatan dari neodymium-doped yttrium aluminium garnet ini menggunakan kecepatan yang kurang dari pico laser, namun demikian kedua laser tersebut sama-sama dinilai efektif untuk mengurangi tampilan pigmen tato pada tubuh.

 

Baca juga: Bagaimana Menghilangkan Tahi Lalat?

 

Selain itu, panjang gelombang laser juga menjadi pertimbangan lain. Terdapat beberapa jenis panjang gelombang laser, diantaranya:

  • 1064nm (QS Nd:YAG laser) efektif untuk menghilangkan tattoo berwarna hitam dan biru
  • 694 nm (QS Ruby laser) dan 755 nm (QS Alexandrite laser) efektif untuk menghilangkan warna hitam, biru dan hijau 
  • 532nm (QS Nd:YAG laser) yang efektif untuk menghilangkan warna merah, ungu, kuning, dan jingga

 

                       cara kerja laser tato

Cara kerja laser ini dengan menembakkan gelombang atau sinar panjang bertenaga tinggi hingga menembus lapisan kulit yang lebih dalam tanpa merusak permukaan kulit luar, kemudian menghancurkan pigmen tato di kulit pasien.

Apa saja manfaat dari perawatan tattoo removal?

Beberapa orang yang ingin menghapus tato biasanya karena tidak puas dengan hasil tato, berhubungan dengan pekerjaan yang mengharuskan pekerja tidak memiliki tato, maupun mereka yang memiliki kepentingan religi. Selain itu, dari segi medis bisa disarankan oleh dokter untuk menghapus tato apabila pasien mengalami reaksi alergi terhadap tato, maupun muncul komplikasi tertentu setelah tato jadi.

Apakah tato permanen dapat dihapus?

Meski kebanyakan tato bersifat permanen, namun dengan memanfaatkan teknologi laser saat ini, tato permanen dapaet dihapus dari kulit seseorang. Jadi jika kamu memang memiliki niat untuk menghapus tato,  tidak perlu khawatir, asal konsisten dan rutin melakukan laser, hasilnya akan memuaskan. 

Bagaimana prosedur selama melakukan perawatan tattoo removal?

 

  • Dokter akan meminta pasien untuk menggunakan kacamata pelindung khusus.
  • Dokter mulai menilai reaksi kulit terhadap sinar laser untuk menentukan seberapa besar energi laser yang digunakan untuk menghapus tato.
  • Dokter akan mengarahkan sinar laser ke bagian atas kulit yang ada tatonya, sehingga laser dapat langsung menembak secara tepat ke permukaan kulit. Sinar laser yang menggunakan panjang gelombang tertentu ini ditembakkan ke permukaan kulit kemudian memecah pigmen tato sehingga tato perlahan memudar. 
  • Setelah prosedur tattoo removal selesai, dokter akan mengoleskan cream antibiotik maupun anti-iritasi dan menutup kulit menggunakan perban.

Berapa lama waktu pemulihan dari perawatan tattoo removal?

Dalam sekali terapi laser, biasanya dibutuhkan waktu 30 sampai 45 menit. Setelah dilaser, kulit akan diperban selama 1-2 hari. Selama 1-2 hari itulah area yang dilaser tidak dibolehkan terkena air dan harus dioleskan krim antibiotik sesuai resep yang diberikan dokter.

 

Untuk hasil laser yang optimal, pasien harus menjalani terapi setidaknya 4 kali dengan interval antar treatment satu sampai dua bulan. sehingga secara keseluruhan butuh waktu 8 bulan untuk memudarkan tato tersebut (tergantung dari luas dan besar tato itu sendiri).

 

Baca juga: Hilangkan Masalah Hiperpigmentasi dengan Kandungan Niacinamide

Apa saja efek samping dari perawatan tattoo removal?

 

Selama dilakukan oleh dokter yang sudah ahli, prosedur tattoo removal menggunakan laser tidak akan menimbulkan efek samping yang berarti. Meski begitu, bukan berarti prosedur ini tanpa efek samping. Beberapa efek samping yang bisa saja terjadi setelah prosedur menghilangkan tato dengan laser:

  • Bekas luka permanen karena sinar laser
  • Infeksi yang bisa terjadi pada area kulit yang dilaser
  • Muncul jaringan parut pada area kulit yang dilaser

Apa saja kelebihan dan kekurangan dari perawatan tattoo removal?

Zaman dulu, untuk melaksanakan prosedur tattoo removal yang minim dari rasa sakit mungkin menjadi hal yang mustahil. Namun sekarang, dengan terapi laser bisa dilakukan dengan efek samping yang minimal. Karena tato terletak dibagian bawah permukaan kulit, maka prosedur tattoo removal menggunakan laser menjadi suatu kelebihan tersendiri.

 

Dengan menggunakan laser tattoo removal, efek samping yang sudah ditulis di atas bisa diminimalisir dengan kerja sama yang baik antara dokter dengan pasien, sebelum, selama dan sesudah tindakan.

 

Jika kamu masih punya pertanyaan seputar tatto removal laser, silakan tanya dokter disini ya!




Other Articles