Description
Treatment
Skincare
Video
Selulit
written by Cut Ikhvani Audina
Medical review by dr. Dartri Cahyawari, Sp.DV
Last updated 04-April-2022

Ketahui Apa Itu Selulit & Cara Menghilangkan Selulit

Sebelumnya, kita harus mengetahui terlebih dahulu pengertian selulit. Apa itu selulit? Selulit merupakan suatu permasalahan kulit di mana lemak di bawah kulit seseorang muncul ke permukaan kulit sehingga membuat tampilan kulit menjadi bergelombang. Selulit biasanya terjadi pada seseorang dengan usia 25 tahun ke atas yang memiliki kelebihan lemak. Selulit biasanya muncul pada beberapa area tubuh seperti paha, bokong ataupun perut. Kebanyakan 80% wanita memiliki masalah selulit.

 

Baca Juga : Jenis-jenis lemak di perut

Apa penyebab selulit?

Selulit terjadi dikarenakan mendesaknya lemak di antara jaringan-jaringan ikat yang berada dibawah permukaan kulit yang mengakibatkan tampilan kulit menjadi bergelombang ataupun muncul lesung-lesung yang terbentuk mirip seperti kulit jeruk.

 

Pada selulit, genetik memainkan peranan penting kemudian setelah diteliti pun pada perempuan lebih banyak yang menderita selulit dibandingkan laki-laki. Lifestyle sangat berpengaruh pada selulit, perempuan yang sering diet karbohidrat tinggi, sering berdiri terlalu lama atau duduk terlalu lama lebih banyak menderita selulit. Hormon pada wanita hamil akan menyebabkan makin banyak terbentuk lemak, sehingga selulit akan semakin nampak.

Apa saja tipe-tipe selulit?

Tipe-Tipe Selulit

 

 apa itu selulit

Selulit dapat dibagi menjadi beberapa tingkatan, diantaranya :

 

  • Tingkat 1: Pada saat berdiri maupun tidur kulit akan terlihat rata, tetapi ketika kamu cubit kulit akan tampak bergelombang.

           selulit tingkat 1

  • Tingkat 2: Selulit terlihat bila kamu berdiri, tetapi akan menghilang ketika kamu sedang tiduran.

          selulit tingkat 2

  • Tingkat 3: Selulit akan tampak dalam kondisi berdiri atau tiduran, dan akan tampak semakin parah ketika kamu cubit.

          selulit tingkat 3

 

Apa perbedaan selulit dan stretch mark?

Stretch Mark ditandai dengan munculnya garis tipis berwarna merah atau putih pada permukaan kulit. Stretch mark terjadi ketika kulit merenggang lalu kemudian menyusut dengan cepat. Strech mark biasanya muncul karena kehamilan, kenaikan, maupun penurunan berat badan dalam waktu singkat.

 

Baca Juga : Apa Itu Stretch Mark?

 

 

          stretch mark vs selulit

 

Sementara selulit menimbulkan tekstur bergelombang pada permukaan kulit. Hal pembeda lainnya dapat dilihat dari faktor pembeda, di mana genetika menjadi faktor terbesar munculnya selulit sedangkan stretch mark berasal dari proses kehamilan, obesitas, atau regangan fisik seperti pembesaran otot.

Bagaimana cara menghilangkan selulit?

Cara Menghilangkan Selulit

 

Saat ini, Dokter belum memiliki solusi permanen untuk selulit. Namun, ada beberapa perawatan pengurangan selulit yang dapat meningkatkan penampilannya. Dalam sebagian besar kasus, kamu perlu beberapa sesi tindak lanjut untuk menjaga agar penampakan selulit tidak terlihat.

Berikut adalah beberapa opsi terbaik untuk mengurangi selulit:

 

1. Mesotherapy

Metodenya dengan cara menyuntikkan zat – zat seperti vitamin, mineral, asam amino, dan enzim ke dalam jaringan bawah kulit. Perawatan ini bisa menghancurkan lemak lokal dan membawa sedikit perubahan pada penampilan kulit yang berselulit. Akan tetapi, resiko atau efek sampingnya tetap ada, seperti pembengkakan, infeksi dan kontur kulit yang tidak biasa.

 

2. Radiofrekuensi

Perawatan ini menggunakan teknologi radiofrekuensi yang mampu memanaskan jaringan dalam yang bertujuan untuk mengencangkan kulit dan mengurangi sel-sel lemak dari waktu ke waktu sehingga tampilan selulit perlahan akan hilang. Perawatan ini sangat aman dan nyaman dilakukan serta minimal downtime. Dibutuhkan beberapa kali perawatan untuk mencapai hasil yang maksimal.

 

3. Laser

Perawatan ini menggunakan teknologi laser dipadukan dengan sedot lemak. Handpiece berupa kanul dimasukkan ke bawah kulit dan dengan panas yang disalurkan akan menghancurkan lemak serta meningkatkan pertumbuhan kolagen bersamaan dengan menyedot lemak tersebut. Pada tindakan ini memungkinkan ada komplikasi memar dan parut.

 

4. Subsisi

Tindakan ini dilakukan anestesi terlebih dahulu karena menggunakan jarum untuk melepaskan jaringan-jaringan ikat di antara lemak.




Other Articles