Description
Treatment
Skincare
Video
Stretch Mark
written by Cut Ikhvani Audina
Medical review by dr. Dartri Cahyawari, Sp.DV
Last updated 06-April-2022

Apa Itu Stretch Mark?

Stretch mark adalah jenis bekas luka yang berkembang ketika kulit kamu meregang atau menyusut dengan cepat berupa garis atau guratan. Stretch mark dapat berkembang pada usia berapa pun. Ada beberapa faktor yang menyebabkan stretch mark muncul di kulit seseorang, seperti contohnya genetika.

 

Stretch mark juga dapat muncul jika seseorang mengalami kelonjakan pertumbuhan pada masa pubertas, kehamilan atau penurunan berat badan yang cepat, pembesaran otot akibat angkat beban, dan pemakaian krim yang mengandung kortikosteroid dalam jangka waktu lama. Biasanya, stretch mark muda terlihat berwarna merah muda pucat atau merah, tergantung pada warna kulit kamu. Stretch mark ini bisa terasa gatal. Saat stretch mark sudah lama, warnanya akan berubah menjadi lebih pucat.

 

Baca juga: Apa yang harus dihindari setelah melakukan perawatan microneedling RF?

Apa saja penyebab stretch mark?

Stretch mark dapat terjadi karena beberapa faktor pemicu berikut, diantaranya:

 

  • sedikitnya kolagen yang tidak membuat kulit menjadi lentur
  • ukuran tubuh/berat badan yang bertambah dengan cepat dan drastis sehingga kulit meregang dengan cepat
  • kehamilan
  • keturunan atau memiliki riwayat keluarga yang memiliki stretch mark
  • konsumsi obat kortikosteroid yang tidak tepat
  • masa pubertas

 

Stretch mark dapat menimbulkan rasa gatal, kemerahan dan disertai dengan garis atau guratan.

Apa saja jenis-jenis stretch mark?

 

Secara umum, ada 2 jenis stretch mark yang biasa dialami oleh seseorang, yaitu:

 

  • Stretch mark berwarna kemerahan

Pada jenis stretch mark ini, menandakan bahwa kondisi stretch mark bisa dibilang masih baru. Stretch mark berwarna ini terjadi karena kulit sedang merespon peregangan yang terjadi menjadi peradangan ringan, oleh karena itu warnanya menjadi merah sebagai tanda umum saat kulit mengalami peradangan ringan.

          

 

  • Stretch mark berwarna putih

Pada jenis ini, merupakan tanda bahwa stretch mark yang terjadi sudah lama dan merupakan kondisi dari stretch mark merah yang sudah sembuh. Stretch mark kemerahan yang sudah sembuh tadi akan berubah warna menjadi warna putih, namun teksturnya tidak berubah.

          

Apakah stretch mark dan selulit itu sama?

Seringkali dinilai sama, stretch mark dan selulit merupakan kondisi yang berbeda. Sekilas keduanya memang mirip dan sulit dibedakan. Stretch mark ditandai dengan guratan, garis-garis kerut berwarna kemerahan atau putih, sedangkan selulit memiliki tekstur yang lebih bergelombang atau berkerut.

 

                

 

Selulit tidak mengubah warna kulit, hanya mengubah bentuk dan teksturnya saja Sedangkan stretch mark mengubah bentuk dan warna kulit. Dan untuk menghilangkan stretch mark kamu butuh cara yang tepat, begitu pun pada selulit.

 

Baca juga: Apa yang harus dihindari setelah perawatan Laser CO2?

Bagaimana cara mencegah stretch mark?

 

Sebelum mencari tahu cara menghilangkan stretch mark, kamu pasti ingin mencegahnya terlebih dahulu. Stretch mark memang merupakan salah satu kondisi kulit yang sulit dicegah. Meskipun terbilang sulit, tetapi masih ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah munculnya stretch mark, diantaranya: 

 

  • Menjaga berat badan

Salah satu penyebab stretch mark adalah kenaikan berat badan yang drastis sehingga kulit meregang dengan cepat. Oleh karena itu, dengan menjaga berat badan agar tetap stabil, kamu tentu bisa juga mencegah munculnya stretch mark muncul pada kulit.

 

  • Menjaga cairan tubuh dengan mengkonsumsi banyak air putih

Dengan mengkonsumsi banyak air putih, hidrasi kulit akan tetap terjaga sehingga kulit menjadi lebih sehat, lembab dan tidak mudah kering. Dengan kondisi kulit yang sehat, tentu saja dapat mencegah munculnya stretch mark pada kulit.

 

  • Membatasi penggunaan steroid

Salah satu penyebab munculnya stretch mark adalah penggunaan obat-obatan steroid yang berlebihan. Oleh karena itu, jika kamu sedang mengkonsumsi obat steroid, wajib berdasarkan resep dokter dan tidak berlebihan. 

 

Bagaimana cara menghilangkan stretch mark?

 

Stretch mark umumnya bersifat permanen karena stretch mark termasuk kedalam kategori bekas luka. Tetapi, kamu tetap memiliki opsi untuk menghilangkan stretch mark sehingga tampilannya menjadi tidak terlihat dengan jelas. 

 

Perawatan yang terbaik untuk menghilangkan stretch mark tergantung kepada usia, lokasi dan jenis kulit kamu. Penelitian membuktikan bahwa prosedur perawatan estetika dianggap lebih efektif dibandingkan dengan penggunaan krim, lotion ataupun gel.

 

Terdapat beberapa prosedur perawatan estetika yang bisa kamu lakukan untuk cara menghilangkan stretch mark pada permukaan tubuhmu, di antaranya :

 

1. Laser

Jenis laser ini dirancang untuk mengatasi masalah keriput, perubahan warna, kerusakan akibat sinar matahari, bintik-bintik penuaan, dan bekas luka, termasuk bekas jerawat dan juga menghilangkan stretch mark. Laser ini bekerja dengan cara mengarahkan sinar laser pendek dan terkonsentrasi dengan menargetkan dan menghilangkan permukaan kulit yang rusak dengan cara yang aman kemudian menyebabkan pertumbuhan kembali kulit superfisial yang baru. Secara bersamaan, laser ini mampu merangsang produksi kolagen di lapisan kulit yang lebih dalam, meminimalkan kerutan dalam, bekas jerawat sekaligus mampu mengencangkan kulit.

Laser CO2 ini terbagi ke dalam 2 jenis, yaitu ablatif dan fraksional. 

 

Berikut adalah ulasan dari jenis-jenis CO2 laser tersebut :

 

  • Laser CO2 Ablatif 

Laser ini mampu memanaskan lapisan kulit yang lebih dalam untuk meningkatkan produksi kolagen. Hasil dari perawatan ini bisa terlihat maksimal, tetapi prosedur ini juga memerlukan anestesi dan dapat memiliki kemungkinan downtime yang signifikan dalam jangka waktu mingguan hingga berbulan-bulan masa pemulihan.

 

  • Laser CO2 Fraksional 

adalah teknologi yang lebih baru yang menargetkan hanya sebagian dari permukaan kulit, memfokuskan sinar dalam serangkaian pola. Laser fraksional CO2 juga dapat dilakukan dalam mode ablatif yang lebih agresif untuk bekas jerawat, garis, kerutan, dan untuk pengencangan kulit, atau dapat digunakan dalam mode ablatif mikro untuk memperbaiki warna kulit, pori-pori, dan kerusakan akibat sinar matahari.

 

Vbeam® adalah salah satu merk Pulsed Dye Laser yang terkenal, yaitu suatu laser vaskular yang ditujukan khusus untuk menangani kulit kemerahan. Vbeam® juga dapat mengobati jerawat dan bekas jerawat, flek hitam, hiperpigmentasi, kerutan halus, dan menghilangkan stretch mark. Perawatan ini tidak menimbulkan rasa sakit dan biasanya setelah melakukan perawatan ini akan terjadi sedikit pembengkakan dan kemerahan namun akan memudar dalam berjalannya waktu. Menghilangkan stretch mark dengan Pulsed Dye Laser dapat memakan waktu hingga lima sesi perawatan, dan berjarak satu bulan terpisah, namun hasilnya akan bertahan selama beberapa tahun.

 

Menghilangkan stretch mark yang berwarna merah lebih berespon pada laser Nd:YAG long pulsed dibandingkan stretch mark yang sudah berwarna putih. Laser ini dapat meningkatkan kolagen dan elastin, sehingga tekstur kulit akan tampak lebih baik.

 

  • Laser Fraksional

Laser fraksional menggunakan teknologi yang memungkinkan tembakan laser berukuran mikro yang diselingi kulit sehat sehingga penyembuhan akan lebih cepat. Laser ini juga salah satu metode yang mampu menghilangkan stretch mark.

 

  • Fraxel Laser

Fraxel adalah merek perawatan laser fraksional yang paling umum digunakan untuk peremajaan kulit dan sangat populer sehingga banyak orang menyebut perawatan laser fraksional sebagai Fraxel. Fraxel mampu merawat kerusakan akibat sinar matahari, mengurangi keriput, dan memperbaiki penampilan bekas jerawat dan bintik-bintik penuaan dengan menyebabkan luka mikro pada kulit. Perawatan ini merangsang produksi kolagen dan sel-sel kulit baru, menggantikan sel kulit lama yang telah rusak rusak.

 

2. Non Laser

 

  • Microneedling

Microneedling adalah salah satu prosedur perawatan non bedah yang dilakukan dengan cara merangsang produksi kolagen dan elastin tubuhmu dengan menggunakan alat berupa jarum kecil yang sangat halus berkecepatan tinggi untuk melubangi lapisan kulit atas dan akan memperbaiki penampilannya. Dengan melakukan perawatan ini, kamu akan mengalami beberapa pembengkakan, sensitivitas, dan kemerahan selama dua hingga tiga hari sesudahnya.

 

Prosedur ini dapat membantu menghaluskan garis dan kerutan, menghaluskan pori-pori yang membesar, mengencangkan kulit, dan memudarkan bekas luka serta menghilangkan stretch mark. Untuk perawatan stretch mark, kebanyakan orang membutuhkan tiga hingga lima sesi microneedling. Tehnik microneedling dapat dikombinasikan dengan pengolesan cairan Growth Factor atau PRP saat setelah tindakan.

 

Prosedur meratakan permukaan kulit menggunakan kristal aluminiun oxide yang menyebabkan perlukaan sehingga akan merangsang pembentukan kolagen dan elastin. Tindakan ini lebih murah untuk menghilangkan stretch mark dibandingkan laser dan dilakukan sebulan sekali. Perbaikan akan mulai tampak setelah lima sesi.

 

  • Chemical peeling

Pengolesan cairan peeling seperti TCA dan glycolic acid sudah jamak dilakukan pada wajah. Tetapi bukan berarti tidak dapat dioleskan pada bagian tubuh lainnya, apalagi bila area masalah kulit cukup besar seperti menghilangkan strecth mark. Pada prosedur menghilangkan stretch mark dapat menggunakan cairan TCA. Kelebihan prosedur ini harganya lebih murah. Tetapi kekurangannya ada sedikit rasa tidak nyaman saat pengolesan dan dapat menyebabkan hiperpigmentasi.

 

  • Operasi Pengencangan Perut

Cara menghilangkan stretch mark selanjutnya adalah dengan Operasi Pengencangan Perut. Operasi ini adalah prosedur bedah yang meningkatkan kontur perut dengan menghilangkan kelebihan kulit dan lemak serta mengencangkan otot. Dokter bedah biasanya mengangkat atau memotong kelebihan kulit yang tampak kendur dari atas dan di bawah pusar kemudian menarik kulit dan otot.

 

Jika kamu masih punya pertanyaan seputar stretch mark, silakan tanya dokter disini ya!




Other Articles