Description
Treatment
Skincare
Video
Freckles
written by Cut Ikhvani Audina
Medical review by dr. Dartri Cahyawari, Sp.DV
Last updated 04-April-2022

Apa Itu Freckles?

Freckles adalah sebuah kondisi dimana kulit mengalami bercak cokelat yang diakibatkan oleh sinar matahari ataupun faktor genetik. Seseorang akan cenderung mengalami freckles jika orang tersebut memiliki riwayat keturunan dengan kondisi kulit yang sama. Freckles tidak berbahaya, namun jika dirasa cukup mengganggu penampilan, kamu bisa melakukan beberapa alternatif perawatan untuk menghilangkan freckles.

 

Baca juga: Apa saja efek samping atau resiko dari hidrokuinon?

Apa saja penyebab munculnya freckles di wajah?

 

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan freckles muncul di wajah seseorang, diantaranya :

 

  • Paparan sinar matahari

Kulit wajah yang terpapar sinar matahari terlalu lama dapat menyebabkan kerusakan pada kulit sehingga mendorong melanosit untuk memproduksi melanin yang lebih banyak. Oleh sebab itu, orang yang sering beraktifitas diluar ruangan akan cenderung lebih sering mengalami masalah hiperpigmentasi ini.

 

  • Faktor genetik

Genetik menjadi salah satu faktor terbesar munculnya freckles di wajah seseorang. Jika orang tuamu mempunya permasalahan freckles, maka kamu cenderung akan mengalami hal serupa. 

 

  • Menjalani terapi perawatan hormonal

Apabila kamu pernah menjalani perawatan tersebut, maka kulit kamu akan lebih rentan dan senditif terhadap paparan sinar matahari sehingga lebih beresiko kulit menghasilkan melanin yang lebih banyak.

Apa saja tanda-tanda seseorang mengalami freckles?

Seseorang mengalami freckles ditandai dengan munculnya bercak kecokelatan pada bagian tubuh yang terpapar sinar matahari. Umumnya, freckles ini muncul sejak dini saat seseorang dalam masa anak-anak dan freckles kemudian akan memudar. Kemunculan freckles juga biasanya dipengaruhi oleh musim. Saat musim panas, bercak freckles biasanya akan lebih terlihat dan pada musim dingin tampilan bercak freckles akan lebih memudar.

 

tanda-freckles.png

 

Baca juga: Berapa kali sebaiknya melakukan peeling?

Apakah Freckles berbahaya?

Freckles umumnya tidak berbahaya, meskipun tampilan freckles yang muncul pada kulit wajah dalam jumlah yang banyak. Banyaknya jumlah freckles tidak menentukan bahaya dari freckles itu sendiri. Namun, dikarenakan salah satu penyebab freckles adalah paparan sinar matahari, tentunya kamu harus menjaga kulitmu agar terhindar dari paparan sinar matahari terlalu lama. Sebab, sinar matahari tidak hanya dapat menimbulkan hiperpigmentasi pada kulit, tetapi juga dapat menyebabkan kerusakan kulit lainnya bahkan kanker kulit.

Apa saja perawatan yang bisa dilakukan untuk mengurangi freckles di wajah?

Penggunaan Krim

 

penggunaan-krim.png

 

  •  Retinoid

Para dermatologis menganggap bahwa Retinoid adalah produk perawatan kulit dengan kandungan vitamin A yang efektif untuk meningkatkan warna kulit, membalikkan kerusakan akibat sinar matahari, dan mengobati jerawatrosacea, freckles garis-garis halus, kerutan serta mengecilkan pori-pori. Retinoid dapat diresepkan oleh dokter kulitmu sebagai krim, gel, atau cairan dalam kekuatan dosis mulai dari 0,01% hingga 0,25%.

 

  • Hidrokuinon

Hidrokuinon adalah kandungan dalam krim perawatan untuk mengatasi masalah pigmentasi pada kulit. Cara kerja kandungan ini adalah dengan menghambat enzim penghasil pigmen kulit. Penggunaan krim dengan kandungan hidrokuinon harus berdasarkan resep dokter.

 

  •  AHA

Alpha Hydroxy Acid (AHA) adalah kandungan pada krim atau skincare yang memiliki manfaat untuk proses pengelupasan kulit sehingga kulit akan lebih mudah mengalami pertumbuhan sel-sel baru. Kandungan ini bekerja pada permukaan kulit.

 

Tindakan

Pada perawatan ini, prosedur yang dilakukan adalah dengan mengoleskan bahan kimia tertentu yang diaplikasikan pada lapisan kulit untuk mempercepat pergantian sel kulit dan mendorong pertumbuhan kolagen baru. Perawatan ini efektif untuk mengatasi jerawat, bekas jerawat, bintik-bintik penuaan, melasma, hiperpigmentasi, kulit kasar, kerusakan akibat sinar matahari, garis-garis halus, dan kerutan.

 

Kelebihan perawatan Chemical Peeling :

  • Perawatan ini dapat disesuaikan dengan jenis sulit dan tingkat kedalaman pengelupasan
  • Harga perawatan ini cenderung lebih murah dibandingkan laser atau perawatan lainnya

 

Kekurangan perawatan Chemical Peeling :

  • Terkadang beberapa bahan yang digunakan dapat menimbulkan reaksi pada kulit sensitif
  • Orang dengan warna kulit gelap memiliki risiko hiperpigmentasi dengan kulit yang lebih dalam.
  • Ada resiko luka bakar

 

  • IPL (Intense Pulsed Light)

Intense Pulsed Light (IPL) adalah prosedur perawatan dengan menggunakan sinar gelombang cahaya yang mampu mencapai lapisan dalam kulit. Perawatan ini memiliki beragam manfaat, diantaranya dapat menghilangkan jerawat, flek hitam, bekas luka, kerutan wajah higga mampu menghilangkan bulu-bulu di area tubuh. 

 

  •  Laser

Laser adalah salah satu perawatan dengan menggunakan teknologi laser yang ditargetkan langsung ke pigmen kulit. Agar saat pengerjaan tidak menimbulkan rasa sakit maka cukup dioleskan krim anestesi sebelum tindakan. Manfaat dari perawatan Laser antara lain untuk peremajaan kulit, mengurangi flek hitam atau freckles, mengecilkan pori-pori, mengencangkan kulit serta menghilangkan bekas jerawat. 



Jika kamu masih punya pertanyaan seputar freckles di wajah, silakan tanya dokter disini ya!




Other Articles