Bolehkah Minum Kolagen Drink Setiap Hari? Ini Kata Dokter!
21 November 2023 - by Nadira Maurizka
COPY LINK

Bolehkah Minum Kolagen Drink Setiap Hari? Ini Kata Dokter!

 

 

Tren minuman kolagen belakangan ini marak dipromosikan oleh para influencers. Collagen drink ini dilansir memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit, mengencangkan kulit dan mencegah keriput. Dengan sederet manfaat tersebut, tidak heran mengapa collagen drink ini sangat laku di pasaran meskipun harganya tergolong cukup mahal.

 

Kolagen sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu pertumbuhan kulit, rambut dan kuku. Namun, apakah kolagen drink aman untuk diminum setiap hari? Yuk simak apa kata dokter tentang hal ini!



 

Baca Juga: Stop Konsumsi Gula Berlebihan! Ini Bahayanya untuk Kulit

 

 

Amankah meminum kolagen drink setiap hari?

 

 

Collagen-drink

 

 

Kolagen merupakan struktur protein utama yang terdapat di tubuh. Fungsinya adalah untuk membantu pertumbuhan gigi, kulit, tulang, sendi dan juga otot. Seiring berjalannya waktu, kolagen bisa berkurang akibat faktor penuaan, sinar ultraviolet, dan juga gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok.

 

Dampak yang terjadi pada tubuh ketika kamu kekurangan kandungan kolagen adalah;

  • Inflamasi kulit
  • Luka lebih lambat sembuh
  • Sering nyeri sendi akibat tulang rawan melemah
  • Kulit kendur dan keriput

 

Kolagen mengandung amino acid hydroxyproline yang memicu sel-sel kulit untuk memproduksi lebih banyak hyaluronic acid, kandungan penting untuk melembabkan kulit kamu sehingga mencegah keriput. Tetapi nyatanya, mengonsumsi minuman kolagen tidak secara langsung bisa menambah kolagen dalam kulit kamu.

 

Seperti yang disampaikan oleh dr. Yuri Yoga dari Heystetik, bahwa collagen drink tidak efektif menambah kolagen dalam kulit kita secara langsung. Tetapi, kolagen drink aman dikonsumsi setiap hari karena minuman ini berifat seperti “serat atau fiber”. Ketika kamu mengonsumsi kolagen, lambung dan usus kecil kamu akan mengurai protein dengan enzim menjadi fragments kecil sebelum akhirnya diserap tubuh.

 

Pada umumnya, collagen drink tidak 100% terdiri dari kolagen murni, melainkan kombinasi dari beberapa bahan penunjang lainnya. Salah satunya gula. Sehingga kamu tidak bisa melihat langsung apalah kolagen yang kamu minum benar-benar memberikan dampak bagi tubuh.

 

Sampai saat ini, belum banyak penelitian yang bisa mendukung klaim dari minuman kolagen untuk tubuh kamu. Justru, studi yang beredar lebih banyak dari mereka yang menjual minuman kolagen tersebut. 



 

Baca Juga: Mengenal Cysteamine, Bahan Aktif untuk Mencerahkan Kulit

 

 

Cara aman menambah kolagen dalam kulit

 

 

kulit-sehat.jpg

 

 

Daripada kamu mengkhawatirkan jumlah kolagen yang masuk ke dalam tubuh dalam setiap minuman kolagen yang kamu konsumsi, lebih baik lakukan tips berikut ini untuk menambah kandungan kolagen dalam tubuh kamu dengan aman! 

 

1. Lakukan gaya hidup sehat 

Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat akan membantu produksi kolagen dalam tubuh. Caranya dengan melakukan olahraga secara teratur. Memakan makanan yang tinggi protein dan kolagen, seperti ayam, putih telur, ikan dan buah jeruk dan berry. Juga memperbaiki kualitas tidur dan menghindari rokok.

 

 

2. Menggunakan obat oles

Banyak skincare yang sudah terbukti secara ilmiah dapat membantu produksi kolagen dalam tubuh. Kandungan seperti turunan vitamin A (retinol dan tretinoin) sangat efektif mengurangi keriput dan dikenal sebagai skincare anti-aging. Kamu juga bisa menggunakan pelembab dengan kandungan glycerin dan hyaluronic acid yang bisa memudarkan garis halus. Yang terpenting, gunakan sunscreen untuk melindungi kamu dari sinar ultraviolet!

 

 

3. Melakukan treatment di klinik

 Kamu juga bisa menambah kolagen dengan melakukan treatment di klinik kecantikan. Treatment seperti chemical peeling dan juga laser bisa membantu menghilangkan sel-sel kulit mati sekaligus memicu produksi kolagen dalam lapisan kulit.



Nah, sekarang sudah tahu kan bahwa collagen drink belum pasti bisa menambah jumlah kolagen pada kulit kamu. Yang pasti, minuman berperisa seperti collagen drink memuat bahan pengawet yang cukup banyak dan bisa berisiko apabila dikonsumsi jangka panjang dan lebih baik diimbangi dengan konsumsi air putih yang cukup. Jika kamu memiliki masalah dengan penuaan dini akibat kurangnya kandungan kolagen dalam tubuh, yuk segera tanyakan pada dokter di sini!



Referensi: 

Healthline (2017). Diakses pada 2023. Is Drinking Collagen the Key to Making Your Skin Forever Young?

Majalah Farmasetika (2021). Diakses pada 2023. Artikel Review: Potensi Kolagen sebagai Bahan Aktif Sediaan Farmasi.

Unair News (2021). Diakses pada 2023. Minuman Berkolagen Sedang Marak di Pasaran, Ini Kata Dokter Spesialis Kulit.

Harvard Health Publishing (2023). Diakses pada 2023. Considering collagen drinks and supplements?

 

Tags :
Other Articles