Benarkah Gabungan Vitamin C dan Niacinamide Berbahaya?
05 January 2022 - by Audrey Diwantri Alodia
COPY LINK

Benarkah Gabungan Vitamin C dan Niacinamide Berbahaya?

Banyak di antara kita mendambakan kulit yang cerah berseri. Keinginan ini untungnya bisa dicapai dengan menggunakan bahan-bahan seperti vitamin C dan niacinamide. Kedua bahan ini pun bermanfaat dalam hal memudarkan bekas jerawat, pigmentasi, serta membuat kulit jadi lebih bersinar.

 

kulit-cerah.jpg

 

Tentu beberapa di antara kamu berpikir untuk menggabungkan vitamin C dan niacinamide agar bisa merasakan manfaatnya dengan maksimal. Namun rasa cemas dan khawatir pasti menghampiri mengingat pernah ada berita yang mengatakan bahwa vitamin C dan niacinamide tidak bisa digunakan bersama.


Benarkah bahwa gabungan vitamin C dan niacinamide berbahaya?

 

Sebelum mengupas lebih dalam mengenai fakta tentang penggabungan kedua bahan ini, berikut beberapa manfaat dari vitamin C serta niacinamide yang perlu kamu ketahui:

 

  • Merupakan antioksidan alami yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV
  • Mengurangi hiperpigmentasi karena sinar matahari atau bekas jerawat
  • Meningkatkan produksi kolagen
  • Memaksimalkan fungsi perlindungan kulit
  • Memudarkan bekas jerawat
  • Membantu mengurangi dan mengatur produksi sebum
  • Mengurangi garis halus dan kerutan

 

Baca juga: Efek Samping dari Penggunaan Niacinamide

 

Melihat banyaknya benefit yang bisa kita rasakan dari vitamin C dan niacinamide, adalah hal yang masuk akal bagi kita untuk menggabungkan kedua bahan ini. Namun sebelumnya, kita pun harus memahami mitos dan fakta mengenai penggabungan kedua bahan ini.

 

Mitos vs Fakta tentang Penggabungan Vitamin C dan Niacinamide

Mitos:

Saat vitamin C dan niacinamide digunakan bersama, mereka saling bertolak belakang satu sama lain dan membuat keduanya jadi tidak efektif.

 

Fakta:

Mitos ini berasal dari studi dan eksperimen yang dilakukan pada awal tahun ‘60-an, yang menunjukkan ketidakcocokan antara vitamin C dan niacinamide. Studi ini tidak sepenuhnya akurat, karena kedua bahan yang digunakan bersifat tidak stabil. Karena biasanya, kedua bahan ini distabilkan saat digunakan dalam produk perawatan kulit dan kosmetik.

 

Mitos:

Saat niacinamide dikombinasikan dengan asam seperti vitamin C, ia akan terhidrolisis dan menghasilkan pembentukan produk yang tak diinginkan, yang disebut sebagai asam nikotinat. Produk ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

 

Fakta:

Niacinamide adalah senyawa yang sangat stabil. Oleh karenanya, reaksi tak diinginkan ini mungkin terjadi jika bahan-bahan ini terkena suhu tinggi dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, mitos ini sedikit keliru mengingat kondisi panas ekstrem yang menjadi pemicu tidak mungkin terjadi di kehidupan sehari-hari.

 

Baca juga: Bagaimana ciri kulit kusam?

 

Kebenaran tentang Penggabungan Vitamin C dan Niacinamide

Oleh karena itu, melihat fakta dan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggabungan vitamin C dan niacinamide adalah sesuatu yang sepenuhnya aman. Adalah sesuatu yang tidak berbahaya untuk melapisi kedua produk ini secara bersamaan, atau menggunakan produk yang di dalamnya memiliki kandungan kedua bahan ini. Menggunakan keduanya secara bergantian atau bersamaan dapat memberikan manfaat pada kulit.

 

Dilansir beminimalist.co, seorang dokter kulit tersertifikasi yang merupakan skincare enthusiast bernama Dr. Dray berkata, “Saya telah menyatukan kedua bahan ini untuk waktu yang lama agar mendapatkan manfaat yang maksimal. Ini layak untuk Anda selidik sendiri. Dalam formulasi modern, Anda tidak perlu khawatir tentang masalah kombinasi ini, yang (dinilai) menyebabkan iritasi berlebihan atau semacamnya.”

 

menggunakan-skincare

 

Dapat disimpulkan bahwa penggunaan vitamin C dan niacinamide secara bersamaan adalah sesuatu yang tidak menimbulkan masalah. Kekhawatiran ini muncul karena adanya informasi yang salah serta kurangnya penelitian lebih lanjut.

 

Namun saat kamu ingin memilih produk perawatan kulit dengan kandungan vitamin C dan niacinamide yang cocok dan aman untukmu, kamu perlu berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter spesialis kulit. Hal ini dikarenakan dokter spesialis kulit yang berpengalaman menangani berbagai masalah pada kulit pasien.  

 

Yuk segera temukan dan kunjungi klinik kecantikan terdekatmu di sini!

Other Articles