Description
Treatment
Skincare
Video
Double Chin
written by Cut Ikhvani Audina
Medical review by dr. Dartri Cahyawari, Sp.DV
Last updated 04-April-2022

Apa Itu Double Chin?

Double chin adalah kondisi dimana dagu terlihat berlipat ganda dikarenakan adanya penumpukkan lemak dibawah dagu. Double chin umumnya dirasa cukup mengganggu penampilan sebagian orang. Double chin dapat terlihat jelas pada usia 20an, namun biasanya orang mulai memperhatikan masalah double chin pada usia 30an dimana kulit mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan dan kulit kendur.

 

Baca juga: Apa yang terjadi setelah perawatan HIFU?

Apa saja penyebab double chin?

 

Ada beberapa faktor penyebab munculnya double chin pada wajah seseorang, diantaranya :

 

• Faktor Genetik : Faktor genetik bisa saja menjadi penyebab kamu memiliki double chin terutama jika kamu memiliki berat badan yang normal atau cenderung kurus tetapi ternyata memiliki maalah double chin

 

• Kegemukan/obesitas : doucle chin terjadi karena adanya penumpukkan lemak dibawah dagu. Lemak tersebut bisanya muncul akibat dari kenaikan berat badan atau obesitas.

 

• Masalah penuaan : elastisitas kulit yang kendur menjadi salah satu faktor penyebab munculnya double chin. Kulit dagu yang kendur akan membentuk lipatan pada dagu.

Apakah double chin bisa dihilangkan?

Double chin adalah suatu permasalahan yang bisa dihilangkan. Jika double chin terjadi akibat dari adanya kenaikan berat badan atau obesitas, kamu disarankan untuk menjaga pola hidup sehat serta menurunkan berat badan agar tubuh secara keseluruhan akan mampu mengurangi lemak. Berat badan yang turun juga akan menurunkan lemak yang menumpuk di area tubuh, termasuk di area lipatan dagu. Meskipun demikian, menurunkan berat badan tidak cukup untuk membuat tampilan double chin hilang secara efektif. Ada beberapa alternatif perawatan kecantikkan yang bisa secara efektif mengurangi tampilan double chin dengan metode perawatan invasif dan non-infasif. 

 

Baca juga: Apa yang terjadi setelah perawatan Cristal?

 

Perawatan apa saja yang bisa dilakukan untuk menghilangkan double chin?

 

Perawatan non-invasif dengan menggunakan gelombang radiofrekuensi memiliki manfaat untuk peningkatan elastisitas kulit, kolagen, serta mampu mengurangi lemak di beberapa area tubuh seperti perut, lengan dan juga double chin. 

 

  • Threadlift

 

Threadlift merupakan prosedur pengencangan kulit dengan metode tanam benang yang mampu diserap oleh kulit dan memicu pembentukkan kolagen baru secara maksimal. Threadlift mampu membuat mengencangkan kulit sehingga mengurangi tampilan double chin pada wajah.

 

  • Cryolipolysis

cryolipolysis.png

 

Cryolipolysis adalah perawatan menggunakan metode mematikan sel lemak dengan cara pembekuan. Perawatan ini dilakukan untuk menargetkan area lemak yang membandel tanpa harus melakukan operasi. Teknologi dari perawatan ini dapat membekukan serta membunuh sel-sel lemak tanpa merusak jaringan kulit, saraf dan pembuluh darah. Biasanya perawatan ini membutuhkan waktu kurang dari satu jam. Cryolipolysis sudah mendapatkan FDA Approved untuk mengatasi masalah double chin.

 

  • Liposuction

Liposuction (Sedot lemak) adalah prosedur bedah invasif minimal yang menghilangkan lemak berlebih dan membentuk tubuh. Perawatan ini biasanya dilakukan untuk menghilangkan lemak perut, pinggul, paha, bokong, lengan, atau leher. Seorang dokter ahli bedah plastik atau dermatologis memasukkan tabung tipis yang disebut kanula melalui sayatan kecil dan mengisap lemak dari tubuh. Seorang dokter ahli bedah plastik atau dermatologis memasukkan tabung tipis yang disebut kanula melalui sayatan kecil dan mengisap lemak dari tubuh.

 

  • Injectable

Injectable treament adalah prosedur perawatan dengan menyuntikkan salah satunya asam sintetis deoxycholic, yaitu suatu enzim alami yang dapat memecah sel-sel lemak. Perawatan ini digunakan untuk mengurangi berat badan dan juga untuk mengurangi lemak di area tubuh misalnya di bagian perut, paha, lengan hingga area dagu.

 

  • HIFU (High intensity focused ultrasound)

 

HIFU adalah prosedur perawatan dengan menggunakan teknologi High Intensity Focused Ultrasound yang memiliki tujuan untuk mengencangkan area kulit yang kendur tanpa harus melakukan operasi. Prosedur perawatan ini aman dilakukan dan minimal downtime. Jika permasalahan double chin kamu disebabkan oleh masalah penuaan serta kulit yang mulai kendur, maka HIFU menjadi solusi yang efektif untuk mengembalikan kekecangan kulit di area dagu serta mengurangi tampilan double chin di wajahmu

 

Jika kamu masih punya pertanyaan seputar double chin, silakan tanya dokter disini ya!




Other Articles