Berapa Kali Sih Harus Pakai Sunscreen Dalam Sehari?
16 May 2022 - by Riyana Putri
COPY LINK

Berapa Kali Sih Harus Pakai Sunscreen Dalam Sehari?

 

Saat beraktivitas di luar ruangan, mau tak mau kulit akan terpapar oleh sinar matahari. Sayangnya, paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti kulit terbakar, kulit hitam dan kusam, menyebabkan munculnya bercak-bercak kecoklatan atau flek hitam, bahkan dalam jangka panjang dapat menyebabkan resiko kanker kulit. Dalam hal ini, tentu semua orang akan mengatakan tidak mau mengalami kondisi kulit seperti itu bukan? Maka dari itu penggunaan sunscreen sangat penting dan perlu digunakan setiap hari. 

 

Namun, belum banyak juga nih yang mengetahui, sebenarnya berapa kali sih idealnya penggunaan sunscreen harus dilakukan dalam sehari? Untuk membahas itu lebih lanjut, simak penjelasannya berikut yuk!

 

Baca Juga: 3 Penyebab Keriput di Tangan dan Cara Mengatasinya

 

Pentingnya Menggunakan Sunscreen untuk Melindungi Kulit

 

Sunscreen merupakan salah satu produk perawatan kulit yang bisa berbentuk lotion, spray, gel, atau stick yang dapat digunakan untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UVA dan UVB hingga blue light

 

sunscreen-sprat.jpg

 

Dalam kehidupan sehari-hari, penggunaan sunscreen tidak terbatas untuk orang dewasa saja lho, bahkan anak kecil juga disarankan menggunakan sunscreen khusus untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari akibat aktifitas di luar ruangan yang berlebihan. Meski sudah menggunakan sunscreen setiap hari, ternyata tidak cukup sekali saja dalam penggunaannya, melainkan perlu sampai beberapa kali dalam sehari jika kamu termasuk orang yang memiliki aktivitas outdoor yang cukup tinggi. 

 

 

Berapa Kali Harus Pakai Sunscreen Dalam Sehari?

 

Umumnya, sunscreen hanya bertahan melindungi kulit selama 2-3 jam. Untuk itu para ahli menyarankan agar melakukan penggunaan ulang sunscreen atau re-apply sunscreen sebanyak dua jam sekali. Alasan lain kamu perlu mengaplikasikan ulang sunscreen karena selama beraktivitas, kulit mengeluarkan keringat kondisi tersebut membuat sunscreen yang kita gunakan menjadi mudah luntur dan mengurangi efektivitasnya dalam memproteksi kulit. 

 

aktivitas-sinar-matahari.jpg

 

Meskipun kamu hanya berada di dalam ruangan, kamu juga tetap disarankan untuk melakukan pengaplikasian ulang sunscreen dengan waktu senyamannya yang boleh dikondisikan dengan aktifitasmu. Sebab, sinar matahari tetap bisa masuk ke dalam ruangan melalui jendela ataupun pintu yang terbuka, sehingga pengaplikasian sunscreen tetap diperlukan ya.

 

Baca Juga: Bagaimana Tanda dan Gejala Melasma?

 

Cara pengaplikasian ulang sunscreen bisa dilakukan dengan melakukan pembersihan wajah terlebih dahulu dari keringat dan sisa make-up, baru kemudian kamu bisa mengaplikasikan ulang sunscreen. Jangan lupa tambahkan proteksi kulit seperti topi, pakaian lengan panjang atau payung ketika kamu melakukan aktivitas di luar ruangan ya.

 

Jadi, pastikan kamu melakukan yang terbaik untuk menjaga kulitmu tetap sehat dan terhindar dari bahaya paparan sinar matahari ya!

Jika kamu punya pertanyaan seputar sunscreen, silakan tanya langsung dengan dokter disini ya!

 

Tags :
Other Articles