Apakah Semakin Tinggi Ceramide Khasiatnya Semakin Efektif?
23 January 2024 - by Nadira Maurizka
COPY LINK

Apakah Semakin Tinggi Ceramide Khasiatnya Semakin Efektif?

 

Ceramide merupakan merupakan molekul lemak utama yang  mendominasi sekitar 50% lapisan epidermis kamu, lapisan sel kulit terluar, yang mempunyai peran penting dalam menjaga kulit kamu tetap lembab. Kandungan Ceramide cukup terkenal belakangan ini, hampir semua brand skincare mengeluarkan pelembab Ceramidenya masing-masing.

 

Ceramide memiliki banyak manfaat untuk kulit, seperti:

  • Memperbaiki lapisan kulit yang kering
  • Mengatasi kulit yang kasar (breakout atau berkomedo)
  • Menyamarkan garis halus dan tanda penuaan yang disebabkan oleh kulit kering

 

Ceramide alami bisa ditemukan pada kulIt manusia dan juga hewan. Pada tubuh kamu, terdapat lebih dari 20 jenis Ceramide.  Namun, seiring dengan berjalannya waktu, kulit kamu kehilangan kemampuan untuk meregenerasi Ceramide alami dengan cepat, sehingga kulit bisa terasa lebih kering saat kamu menua. Oleh karena itu kamu membutuhkan bantuan pelembab dengan kandungan Ceramide sintetis yang lebih stabil untuk membantu melembabkan kulit kamu. Tapi, apakah semakin tinggi kandungan Ceramide pada suatu produk skincare menjadikan khasiatnya makin efektif? Yuk simak penjelasannya!



Baca Juga: Retinol vs Bakuchiol, Apa Bedanya?

 

 

Cara penggunaan Ceramide yang tepat

 

Ketika kulit kamu terasa kering dan sering berjerawat, bisa jadi itu merupakan tanda dari rusaknya skin barrier kamu. Selain memberikan kelembaban,  kemampuan Ceramide untuk mengikat sel-sel kulit juga membuat kandungan Ceramide sering digunakan untuk memperbaiki skin barrier. Ceramide sendiri memiliki banyak jenis, namun yang umum ditemui dalam komposisi skincare merupakan; Ceramide 1 (Ceramide EOS), Ceramide 3 (Ceramide NP), dan Ceramide 6-II (Ceramide AP). 

 

Untuk membuat kerja Ceramide maksimal, kamu bisa mencari Ceramide yang sudah dikombinasikan dengan kandungan yang melembabkan lainnya, misalnya seperti:

 

  • Emmolients, kandungan yang membuat lapisan (film) di atas kulit kamu yang bisa membantu meringankan rasa gatal dan kering. Contoh: dimethicone.
  • Humektan, kandungan yang mampu meningkatkan kelembaban dengan mengikat air ke lapisan sel kulit kamu. Contoh: gliserinhyaluronic acid.
  • Occlusives, kandungan yang mampu mengunci kelembaban dan mengidrasi kulit dan tidak larut dalam air. Contoh: shea butter.

 

 

Penggunaan-ceramide.jpg

 

 

Kamu bisa mengaplikasikan pelembab dengan kandungan Ceramide dalam keadaan kulit yang masih lembab, seperti setelah mandi dan mencuci wajah dan setelah menggunakan toner. Hal ini karena produk pelembab bisa menyerap lebih baik pada kulit yang masih lembab. Kandungan Ceramide cocok untuk semua jenis kulit, lho!



Apakah semakin tinggi Ceramide jadi membuat skincare makin efektif?

 

 

Ceramide.jpg

 

 

Ceramide yang ada pada kandungan skincare kamu biasanya merupakan jenis Ceramide sintetis yang dibuat semirip mungkin dengan Ceramide yang bisa ditemukan pada kulit kamu. Banyaknya jenis Ceramide tentu memengaruhi konsentrasi pada skincare tersebut juga. Kandungan batas aman pada Ceramide 1 tentu tidak akan sama dengan Ceramide 3. Oleh karena itu, kita tidak bisa menyamaratakan skincare dengan kandungan Ceramide satu dan lainnya. 

 

Menurut dr. Worry, Sp.DV, klaim Ceramide 5x atau 7x yang biasa dipasarkan para brand skincare maksudnya adalah kemampuan melembabkan skincare tersebut. Sehingga bisa dikatakan bahwa tingkat kelembaban yang ditawarkan produk pelembab juga dipengaruhi dengan kombinasi Ceramide dengan pelembab dan bahan aktif lainnya. 

 

 

Baca Juga: Perlukah Memakai Sunscreen Kembali Setelah Wudhu?

 

 

Nah, sudah jelas kan bahwa semakin tinggi Ceramidenya tidak menjamin keefektifan skincare tersebut jadi makin tinggi juga. Kamu bisa menambah efektivitas pelembab kamu dengan menggunakan Ceramide dengan benar dan mengombinasikannya dengan skincare lain yang cocok dengan kondisi kulit kamu. Apabila kamu masih memiliki pertanyaan seputar kandungan Ceramide, jangan ragu untuk tanyakan ke dokter spesialis di sini ya!



Referensi:

Cleveland Clinic (2023). Diakses pada 2024. What Do Ceramides Do for Your Skin?

Healthline (2018). Diakses pada 2024. Everything You Should Know About Using Ceramides.

Paula’s Choice (2024). Diakses pada 2024. What are Ceramides and how do they help skin?

 

Tags :
Other Articles