Pakai Foundation Ber-SPF, Haruskah Pakai Sunscreen Lagi?
16 May 2022 - by Riyana Putri
COPY LINK

Pakai Foundation Ber-SPF, Haruskah Pakai Sunscreen Lagi?

 

Produk kecantikan saat ini semakin berkembang pesat. Tentunya makin banyak opsi produk perawatan kulit dan kosmetik yang bisa kamu pilih. Dengan semakin banyaknya pilihan ini, kamu juga harus cermat dalam memilih kandungannya ya, termasuk juga memilih mana produk yang paling penting untuk kulitmu.

 

Saat ini, banyak sekali produk kecantikan yang menawarkan berbagai kandungan tambahan untuk menarik minat pembeli, seperti contohnya produk foundation yang mengandungan SPF. Hal tersebut membuat sebagian orang merasa tidak perlu lagi menggunakan sunscreen, karena produk kosmetik lain yang mereka gunakan sudah mengandung SPF. Namun benarkah pakai foundation yang ber-SPF sudah cukup untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari? Apakah kita sudah tidak memerlukan sunscreen lagi jika sudah menggunakan foundation yang mengandung SPF?

 

Baca juga : Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Berminyak 

 

Foundation Ber-SPF Tidak Sama Dengan Sunscreen

 

Sayangnya, kandungan SPF dalam foundation tidak sebanyak yang ada pada sunscreen pada umumnya. Ditambah jika pengaplikasian foundation yang terlalu tipis, maka kandungan SPF yang akan terserap juga akan sedikit, kemungkinan hanya mencapai SPF 5. Padahal jika kita hidup di Indonesia yang beriklim tropis dan banyak yang memiliki aktivitas diluar ruangan terkena paparan sinar matahari, SPF minimal yang harus digunakan adalah SPF 30.

 

menggunakan-makeup.jpg

 

Alasan lainnya bahwa foundation ber-SPF tidak bisa menggantikan sunscreen karena biasanya level SPF yang dicampurkan pada produk foundation atau produk kecantikan lainnya itu tidak kuat untuk melindungi kulit. Maka dari itu, meski ingin menggunakan foundation ber-SPF, kamu tetap harus menggunakan sunscreen pada kulit sehingga perlindungan SPF dapat bekerja maksimal. 

 

 

Baca jugaLagi Jerawatan Tidak Boleh Pakai Sunscreen? Benar Tidak Ya?

 

 

Berapa Kali Harus Pakai Sunscreen Dalam Sehari?

 

menggunakan-sunscreen.jpg

 

Kamu dapat mengaplikasikan sunscreen pada area wajah, belakang telinga, leher, punggung, hingga lengan. Pemilihan sunscreen yang benar juga berpengaruh terhadap manfaat yang dihasilkan, untuk hasil maksimal pilih sunscreen dengan SPF minimal 30. Lalu gunakan sunscreen 30 menit sebelum aktivitas di luar, hal ini karena sunscreen membutuhkan waktu untuk menyerap kedalam kulit sehingga dapat memproteksi kulit dengan baik.  Intinya, apapun jenis kulitmu, apapun aktivitasnya, tetap gunakan sunscreen dengan benar dan lakukan re-apply setiap 2 jam sekali ya.



Apakah kamu masih sering melewati penggunaan sunscreen dengan alasan sudah menggunakan foundation ber-SPF? Mulai sekarang gunakan kembali sunscreen untuk melindungi kulitmu secara maksimal ya. Jika masih ada yang ingin kamu tanyakan terkait penggunaan sunscreen atau masalah kulit lainnya, silakan konsultasikan dengan dokter di klinik kecantikan terdekatmu  ya!

Tags :
Other Articles