6 Tips Menyimpan Skincare dengan Tepat
05 October 2022 - by Raesindy Dzufriana
COPY LINK

6 Tips Menyimpan Skincare dengan Tepat

 

Hampir setiap orang saat ini menggunakan skincare baik wanita maupun pria untuk mengatasi berbagai masalah kulit yang diakibatkan oleh pola kebiasaan yang buruk. Selain mencari tahu kandungan skincare yang kamu gunakan telah aman dan terdaftar di BPOM, kamu juga harus memahami cara menggunakan dan menyimpan skincare dengan baik dan benar.

 

Menggunakan-skincare.jpg

 

Tentu sebelum membaca artikel ini kamu telah memiliki beberapa produk skincare bukan? Akan tetapi apakah produk skincare  yang kamu gunakan masih terjaga dengan baik kandungannya? Nah, untuk menghindari skincare kamu menjadi tidak efektif akibat kandungannya tidak terjaga, yuk simak dalam artikel dibawah ini, apa saja tips yang perlu kamu lakukan supaya menyimpan produk skincare di rumah secara aman dan benar.

 

Baca Juga: 5 Tips Agar Skincare Kamu Lebih Efektif

 

 

Tips Menyimpan Skincare dengan Tepat

 

 

Menyimpan-skincare.jpg

 

1.   Perhatikan tanggal kadaluarsanya

Sebelum  membeli sejumlah produk skincare, pastikan kamu memperhatikan tanggal kadaluarsa produk pada kemasannya. Karena beberapa produk skincare hanya bertahan dalam waktu yang singkat. Jangan sampai skincare dengan harga yang cukup mahal akan kadaluarsa dalam waktu 1-2 bulan. Catat tanggal pembelian dan expire produk supaya lebih mudah diingat. Produk yang sudah kamu buka atau gunakan juga sebaiknya jangan disimpan terlalu lama, hal ini dikarenakan produk sudah lagi tidak steril artinya sudah terkontaminasi dengan udara luar.

 

2.   Hindari sinar matahari langsung

Hampir semua produk skincare ataupun make up sangat sensitif dengan paparan sinar matahari, panas, perubahan suhu dan kelembapan. Jika produk ini diletakkan pada tempat yang mudah terjangkau matahari konsistensi dan kandungannya sendiri akan berubah sehingga produk jadi tidak efektif lagi bila digunakan pada wajah kamu. Sebaiknya simpan skincare pada suhu ruang yang lebih gelap seperti dibagian laci  atau sebuah box khusus.

 

Jangan meletakkan produk skincare di dalam mobil atau di dekat jendela kamar, selain dapat menurunkan efektifitasnya dan merubah teksturnya, sinar matahari langsung dapat mempercepat degradasi senyawa anti-penuaan. Terlebih pada produk yang mengandung bahan aktif seperti vitamin C dan Retinol yang dapat rusak dengan mudah jika terpapar langsung sinar matahari.

 

3.   Jauhkan dari lokasi yang rentan terkena air

Tahukah kamu menyimpan skincare di kamar mandi sangat tidak disarankan, selain suhu kamar mandi yang lembab dan cenderung panas. Kondisi ini akan mempermudah perkembang biakan bakteri, sehingga zat aktif pada skincare malah menjadi buruk bahkan beberapa produk juga rentan terkena air. Beberapa produk yang tidak disarankan untuk penyimpanan di kamar mandi seperti kosmetik cair, pelembab wajah dan tubuh, kosmetik berbahan organik, dan scrub kulit.

 

4.   Jangan simpan lebih dari 3 bulan

Ketika skincare telah dibuka, sebaiknya jangan biarkan disimpan lebih dari 3 bulan hal ini akan mengakibatkan peningkatan risiko tumbuhnya bakteri dan mikroorganisme lain yang masuk melalui jari tangan saat kamu mengoleskannya ke wajah. Beberapa produk skincare memiliki pH yang tidak stabil dan zat aktif dalam produk akan menjadi lebih kuat, seperti misalnya glycolic dan fruit acid. Akibatnya, kulit bisa jadi lebih rentan iritasi.

 

5.   Simpan dalam kulkas

Penyimpanan pada kulkas juga dapat menangkal pertumbuhan bakteri dan menjaga produk skincare alami lebih awet. Beberapa produk yang bisa disimpan dalam kulkas seperti eye cream, serum, dan sheet mask. Metode ini dipercaya lebih efektif dan dapat meningkatkan kemampuannya skincare untuk mengurangi kantung mata.

 

Selain itu suhu dingin kulkas tentunya dapat memperlambat proses penguraian dan membantu meningkatkan umur simpannya. Namun perlu diingat peletakan skincare pada kulkas yang kamu gunakan, tidak boleh disatukan dengan kulkas yang biasa diletakkan sayur mayur dan buah supaya kandungan baunya tetap terjaga.

 

Baca Juga:  Bagaimana Cara Mengetahui Skincare Abal-abal?

 

6.   Pastikan Produk Bersih dan Tertutup Rapat

Jika produk sudah dibuka, pastikan kamu menutup produk skincare dengan rapat dan aman sehingga bagian isi produk tidak keluar dari pinggirannya. Terlebih jika terdapat penutup tambahan pastikan jangan hilang, kamu juga dapat mengusap dengan tisu atau kapas bagian skincare yang tumpah pada pinggirannya. Proses pengambilan skincare dengan jenis cream juga sebaiknya dilakukan dengan spatula supaya produk tetap bersih dan steril dengan kandungan yang sama.

 

Namun sebelum kamu membeli produk skincare yang akan digunakan ada baiknya untuk melakukan konsultasi masalah kulit kamu kepada dokter terlebih dahulu, agar kandungan yang digunakan tepat sesuai kondisi kulit kamu dan tidak terlalu banyak dalam menggunakan produk skincare harian.

Tags :
Other Articles