5 Tips Agar Skincare Kamu Lebih Efektif
12 September 2022 - by Nadira Maurizka
COPY LINK

5 Tips Agar Skincare Kamu Lebih Efektif

 

Menjaga kulit tetap sehat dan glowing merupakan hal wajib yang harus kamu lakukan agar kulit kamu tetap sehat saat tua nanti. Banyak step skincare yang bisa kamu lakukan, mulai dari basic skincare step, hingga 10 layer skincare yang populer di Korea Selatan. Langkah awalnya tentu saja kamu harus menemukan skincare yang cocok dengan kulit kamu.

 

Namun apakah penggunaan skincare yang cocok bisa benar-benar membuat kulit kamu sehat dan mengatasi masalah kulit kamu dengan tepat? Kandungan dan konsistensi sebuah skincare dapat memengaruhi penyerapan dan efektivitas skincare kamu lho. Jadi, bagaimana ya cara agar penggunaan skincare bisa efektif dan maksimal? Yuk simak di bawah ini!

 

 

Baca Juga: Mengenal Skin Minimalism dan Keuntungannya

 

 

Cara Agar Hasil Skincare Kamu Maksimal

 

Supaya penggunaan skincare kamu semakin efektif dan mendapatkan hasil yang kamu inginkan, kamu bisa melakukan beberapa tips ini!

 

1. Membersihkan wajah secara menyeluruh

 

Mencuci-wajah.jpg

 

Setelah beraktivitas di luar rumah, permukaan kulit kamu pasti kotor dari tumpukan debu dan residu sunscreen dan makeup. Membersihkan wajah menjadi step pertama yang tidak bisa kamu hindari. Kamu bisa melakukan double cleansing dengan menggunakan micellar water atau cleansing balm sebelum membilasnya dengan sabun wajah yang cocok untuk kondisi kulit kamu.

 

 

2. Eksfoliasi wajah

 

Eksfoliasi.jpg

 

Mengeksfoliasi wajah tidak selalu menimbulkan efek samping. Eksfoliasi dilakukan guna mempercepat regenerasi kulit yang bisa mencegah kulit kusam dan garis halus. Kamu cukup melakukan eksfoliasi satu kali dalam seminggu. Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, hindari penggunaan physical exfoliator.

 

 

3. Gunakan toner

 

Menggunakan-toner.jpg

 

Dalam tren Korean Beauty, toner lebih diperuntukkan untuk menghidrasi kembali wajah setelah membersihkan wajah dengan beragam cleanser tadi. Selain itu, penggunaan toner dengan kapas halus bisa sebagai step akhir dari rutinitas membersihkan wajah kamu, mengangkat residu yang masih tersisa.

 

 

4. Beri jeda antar skincare

 

Memberi-jeda-skincare.jpg

 

Jika kamu menggunakan essence atau serum setelah toner, kamu bisa memberikan jeda hingga toner benar-benar mengering. Terutama jika toner kamu mengandung bahan aktif, sehingga kandungan toner bisa terserap dengan maksimal sebelum skincare lainnya digunakan.

 

 

5. Tutup rangkaian skincare dengan pelembab

 

Pelembab.jpg 

 

Penggunaan skincare pelembab, selain melembabkan adalah untuk memberikan lapisan yang bisa mengunci lapisan kulit. Itu mengapa sekarang ini banyak pelembab yang menggunakan kata “skin barrier”. Pelembab digunakan di akhir rangkaian skincare berfungsi sebagai tameng yang mengunci lapisan-lapisan skincare sebelumnya. Pagi atau malam, moisturizer merupakan skincare yang tidak boleh tertinggal.

 

 

Selalu Gunakan Sunscreen pada Siang Hari

 

Setelah memaksimalisasi fungsi skincare kamu, jangan lupakan bagian yang benar-benar harus kamu lindungi, yaitu kulit. Berapapun lapisan skincare yang kamu gunakan di pagi hari, tidak akan berfungsi dengan baik apabila kamu tidak melindungi kulit dari sinar UV. Sinar UV memiliki banyak dampak buruk untuk kulit, terutama kanker kulit.

 

Sunscreen merupakan skincare yang tidak boleh kamu lewati. Gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 setiap hari dan reapply minimal 1 kali dalam sehari untuk meminimalisir efek samping dari sinar UV. Kamu bisa menggunakan SPF yang lebih tinggi jika kamu memiliki banyak aktivitas di luar ruang.

 

 

Baca Juga: Berapa Kali Sih Harus Pakai Sunscreen dalam Sehari?

 

Nah, itu dia 5 tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat penggunaan skincare kamu lebih efektif dan bisa mencapai hasil yang kamu inginkan. Kamu bisa menyesuaikan rekomendasi di atas sesuai dengan kondisi kulit kamu agar lebih cocok. Jika kamu punya pertanyaan seputar masalah kulit atau skincare, yuk segera tanyakan di sini, gratis!

Other Articles