Procedure
LED Light Therapy
by. Lolita Valda Claudia
Medical review by dr. Hari Darmawan, Sp.KK
Last updated 07-April-2022
Cost Rp150.000 - Rp250.000
Recov. Time no downtime
Type Non-Surgical
Description
Concern
ASK DOCTOR
Review
Before After
Video
Clinic
Doctor
LED Light Therapy

Apa Itu LED Light Therapy?

 

LED light therapy merupakan terapi cahaya menggunakan Light Emitting Diode (LED) sebagai media perawatan kulit. Cara ini diklaim ampuh untuk mengatasi berbagai permasalahan wajah seperti jerawat, keriput, flek hitam karena paparan sinar matahari, bekas luka, dan permasalahan kulit lainnya. 

 

Baca juga: Apa Saja Penyebab Flek Hitam?

 

Dalam praktiknya, LED light therapy ini menggunakan gelombang cahaya yang berbeda-beda untuk memicu proses penyembuhan alami kulit sehingga dapat memperbaiki permasalahan kulit. Namun, hasilnya tidaklah instan, kamu butuh beberapa kali perawatan hingga permasalahan kulit teratasi. 

Siapa saja orang yang disarankan melakukan perawatan LED light therapy?

Terapi cahaya ini direkomendasikan untuk kamu yang memiliki sejumlah permasalahan kulit seperti: 

 

  • Jerawat
  • Infeksi kulit
  • Kulit kusam
  • Eksim
  • Psoriasis
  • Rosasea
  • Bekas luka
  • Tanda-tanda penuaan, termasuk keriput dan bintik-bintik coklat-kehitaman
  • Flek atau kerusakan kulit akibat sinar matahari
  • Penyembuhan luka
  • Kondisi kulit inflamasi lainnya

Bagaimana prosedur selama perawatan LED Light Therapy?

Terapi cahaya yang satu ini memiliki tingkat keamanan yang tinggi, sehingga dapat dilakukan di kantor oleh tenaga profesional atau di rumah dengan membeli perangkat LED light therapy. 

 

prosedur-led-light-therapy.png

 

Jika kamu memutuskan untuk melakukan perawatan LED light therapy, maka dokter akan menyuruhmu berbaring di bawah lampu LED. Biasanya, membutuhkan waktu 20 hingga 30 menit untuk setiap sesi perawatan dan dilakukan secara berkala. Nah, jika kamu memilih untuk melakukan perawatan LED light therapy di rumah, maka kamu harus membeli perangkat LED light therapy yang sesuai dengan standar perawatan. Ketika kamu menggunakan LED light therapy di rumah, penting untuk memperhatikan petunjuk penggunaan. Umumnya, LED light therapy ini datang dalam bentuk masker yang dioleskan ke wajah selama beberapa menit dan tongkat lampu LED untuk menyinari kulit. 


Tak hanya wajah, LED light therapy ini juga cocok digunakan untuk segala perawatan pada bagian tubuh lainnya seperti wajah, tangan, leher, dan dada.

Apa yang terjadi setelah perawatan LED light therapy?

Setelah beberapa kali perawatan dengan terapi cahaya, kamu akan merasakan sejumlah perubahan pada kulit wajahmu. Misalnya, luka lebih cepat sembuh terutama jika kamu memiliki permasalahan seperti rosasea atau dermatitis. Selain itu, jerawat dan bekasnya akan memudar, keriput juga tersamarkan, dan wajah jadi lebih glowing.

 

Baca juga: Manfaat Kandungan Chromabright® untuk Wajah

Apakah perawatan LED Light Therapy memiliki efek samping?

Secara umum, LED light therapy sangat aman dilakukan. Bahkan, prosedur kecantikan ini tidak akan membuatmu merasa sakit nyeri atau terbakar. Namun, efek panjang dari LED light therapy masih belum dapat diketahui. 

 

Sementara itu, efek jangka pendek yang akan kamu rasakan ialah kemerahan pada kulit jika mempunyai kulit yang sensitif. Selain itu, mereka yang melakukan perawatan LED light therapy ini juga tidak disarankan mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti isotretinoin (Accutane) untuk jerawat atau menggunakan perawatan topikal yang menyebabkan kulit sensitif terhadap sinar matahari. Meskipun aman, tapi disarankan untuk tetap berkonsultasi ke dokter spesialis kulit agar mendapatkan perawatan yang tepat. 

Kapan hasil perawatan LED Light Therapy terlihat?

Biasanya, hasil perawatan LED light therapy ini baru akan terasa perubahannya setelah 10 kali perawatan secara berkala dengan durasi 20-30 menit per sesi setiap seminggu sekali. 

Apa yang harus dihindari setelah perawatan LED Light Therapy?

Perawatan LED light therapy tidak memerlukan perhatian ekstra atau pemulihan. Sehingga, kamu bisa langsung melanjutkan aktivitas sehari-hari dan tidak ada pantangan terkait perawatan tersebut. 

Apa kelebihan dan kekurangan dari perawatan LED Light Therapy?

Selain ampuh untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit dalam waktu yang cepat, kelebihan utama dari LED light therapy ialah keamanan. LED light therapy tidak mengandung sinar UV yang membahayakan kulit, sehingga cocok digunakan secara rutin untuk semua jenis dan warna kulit. Selain itu, LED light therapy juga tidak menyebabkan kulit terbakar dan mengelupas. 

 

Kekurangannya bagi kamu yang memiliki kulit sensitif mungkin akan merasakan kemerahan atau sedikit iritasi, tetapi hal tersebut bisa diatasi dengan menggunakan krim setelah perawatan berdasarkan dengan resep dokter.

 

Jika kamu masih punya pertanyaan seputar LED Light Therapy, silakan tanya dokter disini ya!



Recently Answered
Newest Question
Most Popular
Sort by



Other Articles