Description
Treatment
Skincare
Video
Hemangioma
written by Febiola Tambunan
Medical review by dr. Deasy Thio, Sp.KK
Last updated 29-March-2022

Pengertian dari Hemangioma 

Hemangioma atau yang sering disebut dengan istilah tanda stroberi merupakan tanda lahir yang biasanya muncul di permukaan kulit dikarenakan jumlah pembuluh darah yang berlebih atau tidak normal sehingga membentuk benjolan elastis dan berwarna merah cerah di kulit. Penyakit ini sebenarnya termasuk ke dalam jenis tumor pembuluh darah. 

 

Hemangioma bisa terjadi pada bayi yang masih berada dalam kandungan, kemudian menghilang pada saat pertumbuhan si bayi. Sekalipun penyakit ini masuk ke dalam kategori tumor pembuluh darah, namun nyatanya tidak berbahaya dan jarang ada kasus komplikasi dari tumor pembuluh darah ini. Kemunculan hemangioma di permukaan kulit biasanya terjadi setelah bayi lahir beberapa bulan.

 

Kurang lebih 50 persen benjolan hemangioma akan menyusut ketika anak berumur 5 tahun, sisanya akan memudar pada usia 10 tahun. Hemangioma secara umum tidak memerlukan tindakan medis, kecuali jika pertumbuhannya menjadi besar, timbul di area wajah dan mengganggu aktivitas sehari hari.

 

Baca juga: Apakah krim dengan kandungan steroid berbahaya?

Apa ciri-ciri hemangioma?

Hemangioma memiliki gejala awal yaitu tanda warna merah yang muncul pada permukaan kulit dan bisa tumbuh atau berkembang secara cepat. Hemangioma bisa muncul pada kulit kepala, wajah, leher, punggung serta dada, bahkan mata bayi. Benjolan yang muncul biasanya hanya berjumlah satu. Namun untuk kasus yang terjadi pada anak kembar, benjolan bisa muncul lebih dari satu. 

 

Setelah muncul ke permukaan kulit, hemangioma akan berangsur reda dan masuk ke fase tidak aktif, yang pada akhirnya akan hilang secara perlahan. Meskipun bisa menghilang, namun hemangioma akan menyisakan bekas seperti warna kulit yang berbeda dari sekitarnya yang tidak hilang, walaupun tidak seterang seperti pada saat masih awal awal muncul.

Apa penyebab hemangioma?

 

Hemangioma terbentuk karena pembuluh darah kecil tumbuh secara tidak normal yang kemudian berkumpul menjadi satu. Sampai saat ini belum ada penelitian lebih lanjut mengenai hal pemicu terjadinya kondisi tersebut, namun ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko munculnya hemangioma, yaitu:

 hemangioma-pada-bayi.jpg

  • Lahir dengan jenis kelamin perempuan
  • Lahir secara prematur terutama dengan berat badan kurang dari 2500 gram
  • Usia ibu lebih dari 30 tahun.
  • Mengalami gangguan perkembangan selama dalam masa kandungan
  • Kelainan genetik yang diturunkan dari keluarga bapak atau ibunya
  • ras caucasian 

 

Baca juga: Apa Itu Pulsed Dye Laser?

Apakah hemangioma berbahaya?

Sebenarnya kasus hemangioma tidak perlu diobati, terutama jika keluhan yang timbul hanyalah benjolan saja. Tetapi, hemangioma bisa dihilangkan jika dirasa mengganggu penampilan dan bila letaknya membahayakan fungsi organ tersebut. Hemangioma tidak perlu diobati karena akan hilang dengan sendirinya, seiring dengan tumbuhnya bayi.

 

Hemangioma menjadi berbahaya bila letaknya di area wajah tengah, seperti hidung, sekitar mulut, sekitar mata, leher dan area rahang serta area sekitar anus, yang dapat memberikan gangguan pernapasan atau penglihatan, serta menimbulkan luka. Segera bawa ke dokter agar diberi pengobatan yang tepat.  

Bagaimana cara menghilangkan hemangioma?

 

  • Penghambat beta

    Untuk hemangioma yang parah, dokter bisa memberi resep obat penghambat beta dalam bentuk pil, seperti propanolol. Untuk pemberian propanolol ini sebaiknya di konsultasikan dengan dokter spesialis anak dan dokter spesialis kulit. 

 

  • Kortikosteroid

  Kortikosteroid, misalnya triamcinolone, digunakan oleh pasien yang sudah tidak merespons obat penghambat beta. Obat ini bisa diberikan dengan bentuk oles, tablet, atau suntikan langsung ke bagian hemangioma.

 

  • Pulsed Dye Laser

menghilangkan-hemangioma-pulsed-dye-laser

 

Selain dengan obat-obatan, hemangioma juga bisa ditangani dengan terapi pulsed dye laser. Metode ini hanya dilakukan jika ukuran hemangioma cukup besar hingga menyebabkan nyeri. Dalam beberapa kasus, ahli bedah akan menggunakan perawatan laser untuk mengurangi kemerahan dan membuat penyembuhan hemangioma menjadi lebih cepat.

 

  • Pembedahan 

Pengobatan hemangioma bila sangat mengancam organ terdekat sebaiknya dilakukan dengan tindakan pembedahan. 

 

Jika kamu masih punya pertanyaan seputar hemangioma, silakan tanya dokter disini ya!




Other Articles