Description
Treatment
Skincare
Video
Otot Perut
written by Febiola Tambunan
Medical review by dr. Dartri Cahyawari, Sp.DV
Last updated 29-March-2022

Apa Itu Otot Perut?

Otot perut adalah jaringan otot yang letaknya berada di perut. Membentuk otot perut memang tidak mudah. Bagi kebanyakan orang, otot perut dapat tertutup oleh lemak. Semakin banyak lemak yang menumpuk di perut (perut gemuk), akan semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan bentuk perut yang six pack. Walaupun sulit, bukan berarti mustahil untuk dilakukan. Pria dan wanita punya kesempatan yang sama untuk memiliki perut six pack. Hanya saja, pria memiliki massa otot yang lebih besar dari wanita sehingga lebih mudah bagi mereka untuk membentuk six pack. Selain itu, pria juga punya lebih banyak hormon testosteron yang mendukung pertumbuhan otot.

 

Baca juga: Apa kelebihan dan kekurangan perawatan Cristal?

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membentuk otot perut?

Lama waktu otot terbentuk bisa dilihat dari seberapa sering kamu berolahraga membentuk otot, kemudian seberapa banyak lemak yang menutupi otot perut, dan jenis olahraga yang kamu lakukan. Namun, jika ingin memiliki otot perut dengan lebih cepat, maka kamu bisa melakukan perawatan di klinik kecantikan dan berkonsultasi dengan dokter.

Olahraga apa saja yang bisa membantu membentuk otot perut?

Olahraga yang Membantu Pembentukan Otot 

 

  • Bicycle Maneuver

cara-membentuk-otot-perut-bicyle-manuever

 

Sesuai namanya, gerakan ini mengadaptasi gerakan bersepeda. Caranya, kamu tinggal berbaring di lantai dengan kedua tangan diletakkan disamping kepala. Angkat lutut membentuk sudut 90 derajat dengan paha, angkat kaki anda sampai tidak menyentuh lantai. Kemudian lakukan gerakan seperti sedang mengayuh sepeda. ditambah pula dengan menyentuh lutut kanan dengan siku kiri, dan sebaliknya. Lakukan cara ini 12-20 kali. Jika sudah, ambil istirahat sejenak, kemudian mulai lagi selama setidaknya 2 set setiap hari untuk hasil yang lebih maksimal. 

 

  • Hollow Hold

cara-membentuk-otot-perut-hollow-hold

 

Gerakan ini tidak hanya bagus untuk memperbaiki postur tubuh, namun juga bisa menjadi salah satu cara dalam membentuk otot perut agar six pack yang efektif. Caranya juga sederhana, kamu tinggal terlentang dan mengencangkan perut. Dorong tangan keatas kepala kemudian kaki direntangkan. Setelah itu, angkat kaki dan tangan perlahan sampai  tinggal punggung bawah dan bokong saja yang menyentuh lantai. Tahan posisi ini selama 45 detik, lakukan 3 - 4 set.

 

  • Plank

cara-membentuk-otot-perut-plank

 

Mungkin kamu sudah familiar dengan gerakan plank. Plank tujuannya menjaga otot perut agar dan otot inti tubuh supaya tetap kencang. Caranya dengan tengkurap, letakkan siku kamu di atas lantai dan letakan pergelangan tangan di depan, sejajar dengan siku. Dorong tubuh ke atas dengan tumpuan siku dan lengan, dan pastikan posisi leher lurus kedepan, kaki lurus ke belakang. Lakukan plank sekitar 1 menit untuk hasil yang optimal.

 

  • Crunch

    cara-membentuk-otot-perut-crunch

     

Gerakan crunch juga menjadi salah satu cara membentuk otot perut yang umum dilakukan. Caranya hampir mirip dengan sit–up, hanya saja gerakan crunch adalah menahan leher dan kepala agar tetap sedikit terangkat. Kamu mulai dengan berbaring telentang dan lalu kencangkan perut. Kemudian angkat kepala dan bahu ke atas tetapi tidak perlu diangkat terlalu jauh dari lantai.

 

Baca juga: Kapan hasil perawatan radiofrekuensi terlihat?

 

Bagaimana cara membentuk otot perut?

Cara Membentuk Otot Perut:

Jika kamu tidak memiliki waktu yang cukup untuk berolahraga membentuk otot perut, kamu bisa melakukan perawatan di klinik yaitu :

 

  • Radiofrekuensi + DMA

Metode radiofrekuensi ini bekerja dengan menghantarkan panas ke kulit tubuh. Perawatan ini mampu mengurangi volume lemak di perut. Untuk sekali perawatan sekitar 40-45 menit saja, lingkar perut bisa berkurang 2-3 cm. 

 

Keunikan lain dari perawatan ini yaitu dikombinasikan dengan teknologi DMA (Dynamic Muscle Activation) yang dapat merangsang pembentukan otot pada area tubuh yang dilakukan perawatan. Sehingga lemak di bagian tubuh yang dilakukan perawatan akan berkurang dengan menggunakan teknologi radiofrekuensi, sekaligus pembentukkan otot akan dirangsang dengan teknologi DMA.

 

Jika kamu masih punya pertanyaan seputar pembentukan otot perut, silakan tanya dokter disini ya!

Referensi

  • Rungsima Wanitphakdeedecha, Thanawan Iamphonrat, Kanchalit Thanomkitti, Nittaya Lektrakul & Woraphong Manuskiatti (2015) Treatment of abdominal cellulite and circumference reduction with radiofrequency and dynamic muscle activation, Journal of Cosmetic and Laser Therapy, 17:5, 246-251, DOI: 10.3109/14764172.2015.1019517