Berawal dari Penyakit Kulit, Ini Yang Menyebabkan Justin Bieber Lumpuh
13 June 2022 - by Nadira Maurizka
COPY LINK

Berawal dari Penyakit Kulit, Ini Yang Menyebabkan Justin Bieber Lumpuh

 

 

justin-bieber-ramsay-hunt-syndrome.jpg

 

Beberapa hari lalu, Justin Bieber ramai diperbincangkan lantaran unggahan reels pada Instagramnya yang membahas mengenai kondisi wajah Justin yang lumpuh pada satu sisi. Dalam video berdurasi kurang dari 3 menit tersebut, Justin menyebutkan bahwa ia mengalami sindrom Ramsay Hunt yang membuatnya harus menunda World Tour-nya untuk sementara waktu. Apakah Ramsay Hunt Syndrome itu? Tahukah kamu bahwa virus yang menyebabkan sindrom ini berasal dari sebuah penyakit kulit yaitu cacar air? Simak penjelasannya di bawah yuk!

 

Apa Itu Ramsay Hunt Syndrome?

 

Menurut Journal of Neurology, Neurosurgery, & Psychiatry, Sindrom ramsay hunt adalah kelumpuhan sebagian syaraf wajah yang biasanya diiringi dengan ruam di sekitar telinga atau mulut. Nah, kemunculan ruam ini yang menyebabkan syaraf pada wajah infeksi sehingga saraf tersebut tidak dapat meneruskan sinyal dari otak untuk bergerak dengan semestinya. Bedanya dengan Bell’s Palsy, bell’s palsy tidak diikuti dengan kemunculan ruam pada area yang lumpuh.

 

Baca Juga: Ini Yang Terjadi Jika Skin Barrier Rusak

 

Nah, kondisi Ramsay Hunt Syndrome ini bisa terjadi ketika seseorang sudah sembuh dari cacar air. Cacar air disebabkan oleh virus bernama varicella zooster. Ternyata setelah kamu sembuh, virus cacar air ini tidak pernah meninggalkan tubuh kamu, lho. Sehingga, saat tubuhmu sedang dalam kondisi yang tidak sehat atau imun tubuh sedang drop, virus ini bisa “muncul” kembali dan menyebabkan kondisi kulit bernama Herpes Zoster atau dompo. Jika terjadi pada area telinga, dimana terdapat syaraf wajah, radang pada dompo/Herpes Zoster ini dapat menjepit syaraf wajah sehingga menyebabkan kelumpuhan sebagian.  Hal inilah yang bisa memicu kondisi kelumpuhan pada sebagian wajah yang ruam.

 


herpes.jpg

 

Bagaimana Gejala Ramsay Hunt Syndrome?

 

Gejala Ramsay Hunt Syndrome pada umumnya terdiri dari rasa gatal dan nyeri pada daerah telinga. Kamu mungkin akan merasakan melenting dan muncul suara ringing yang cukup mengganggu (tinnitus) beberapa hari sebelum munculnya ruam

 

Selain itu, sindrom ini juga menyebabkan kondisi kelumpuhan pada bagian wajah yang terdapat ruam. Sindrom ini juga diiringi dengan kondisi seperti vertigo, demam, dan nyeri pada area yang terkena ruam sebagai efek dari herpes zoosternya.  Pada beberapa kasus, sindrom ramsay hunt mampu menyebabkan kehilangan pendengaran atau apabila terjadi pada saraf sekitar mata, ia dapat menyebabkan kehilangan penglihatan.

 

Apakah Ramsay Hunt Syndrome Bisa Sembuh?

 

Ruam yang menyebabkan sindrom ini biasanya dapat diatasi dengan treatment acyclovir (obat salep untuk antivirus), valacyclovir, atau famciclovir. Dokter juga biasanya akan meresepkan obat prednisone hingga obat vitiligo untuk meredakan gejala. 

 

Baca Juga: Bisakah Vitiligo Sembuh Total?

 

Pada area yang gatal, kamu dapat mengatasinya dengan mengompresnya dengan air hangat, atau dengan mengaplikasikan krim kalamin (calamine lotion). Penyakit ini pada umumnya berlangsung selama 7 hingga 10 hari dan luka bekas ruamnya bisa memudar dalam kurun waktu 2 — 4 minggu.

 

Sembari mengatasi ruam dari dompo, kamu juga harus melengkapi gizi dan vitamin kamu. Agar imun kamu makin membaik dan membantu proses penyembuhan luka. Sedangkan untuk melatih otot wajah yang lumpuh, kamu dapat melakukan beberapa latihan seperti memijat wajah dan terus melakukan mirror exercise dengan melakukan beberapa ekspresi wajah di depan cermin. Memijat wajah dengan lembut mampu membantu melancarkan peredaran darah dan membuat wajah lebih rileks.

Jadi itu dia penjelasan tentang Ramsay Hunt Syndrome yang dialami oleh Justin Bieber. Ternyata sindrom tersebut diawali dengan penyakit kulit seperti cacar yang menyerang syaraf sebagian wajahnya. Kebanyakan dari kamu mungkin sudah pernah mengalami cacar air, oleh karena itu selalu perhatikan asupan gizi dan vitamin kamu agar imun selalu terjaga dan seimbang. Kamu juga bisa melakukan vaksin cacar air sebagai bentuk pencegahan ya.

 

Apabila kamu memiliki keluhan yang merujuk seperti herpes zooster, segera konsultasikan dengan dokter berpengalaman di sini ya!

 

Tags :
Other Articles