Brand
Pollogen LEGEND™
by. Cut Ikhvani Audina
Medical review by dr. Reeza Edward, Sp.DV
Last updated 07-April-2022
Cost Rp800.000-Rp1.500.000
Recov. Time 0-7 hari
Type Non-Surgical
Description
Concern
Review
Before After
Video
Clinic
Doctor
Pollogen LEGEND™

Apa Itu Pollogen LEGEND™ ?

Pollogen LEGEND™ merupakan suatu alat estetik medis profesional yang dapat digunakan untuk beragam indikasi perawatan wajah dan tubuh. Pollogen LEGEND™ menggabungkan 3 teknologi terkini secara sekaligus di dalam satu mesin, yaitu teknologi Hybrid Energy, TriLipo® dan DMA (Dynamic Muscle Activation). Kombinasi ketiga teknologi ini ditujukan untuk mendapatkan efek volumizing kulit yang efektif, pengencangan kulit (skin tightening), dan membentuk tubuh ideal (body sculpting and contouring) tanpa tindakan operasi.

 

Baca juga: Bagaimana Cara Mencegah Stretch Mark?

Bagaimana cara kerja Pollogen LEGEND™?

TriLipo® merupakan inovasi paten yang menghasilkan generasi terbaru teknologi Radiofrekuensi (RF) tripolar non-invasif yang didesain untuk mengatasi berbagai kelemahan dan keterbatasan yang dimiliki oleh generasi pendahulunya yakni radiofrekuensi monopolar dan bipolar.

 

Radiofrekuensi tripolar memungkinkan dihasilkannya panas yang merata, dalam, serta terfokus dalam densitas yang tinggi, namun tetap dalam energi yang tidak terlalu tinggi. Hal ini menjanjikan efek jangka pendek yang segera terlihat serta jangka panjang yang bertahan lama dan tentunya aman. Gelombang radiofrekuensi yang diubah menjadi panas yang dihantarkan pada lapisan dermis akan merangsang pembentukan kolagen dan elastin, sedangkan pemanasan yang lebih dalam lagi akan memacu metabolisme sel lemak dan membuatnya mengkerut.

 

  • Dynamic Muscle Activation (DMA) juga merupakan teknologi paten unik dari Pollogen LEGEND™ yang pertama kalinya menggabungkan teknologi untuk treatment otot yang digabungkan dengan RF. Dynamic Muscle Activation bekerja dengan menghasilkan arus listrik yang akan menstimulasi berbagai lapisan otot. Rangsangan kontraksi dan relaksasi otot ini diklaim dapat secara efektif meningkatkan volume dan kepadatan otot dan memperlancar aliran limfa. Sedangkan Hybrid Energy menggunakan prinsip Microneedling RF yang menggabungkan 2 teknologi berbeda, TriFractional dan Voluderm yang bekerja dengan cara menciptakan perlukaan termal mikro yang terkendali pada kedalaman yang berbeda.

 

  • TriFractional merupakan suatu teknologi RF resurfacing yang menghantarkan ablasi terkontrol pada lapisan kulit atas (epidermis). Energi akan dihantarkan melalui “jarum-jarum” (“pin”) berukuran kecil yang akan menghasilkan perlukaan mikro sedalam 0.2 mm. Mekanisme penyembuhan luka alami tubuh akan terangsang dengan hal ini dan akan memicu proses rejuvenasi jaringan.

 

  • Voluderm menghantarkan gelombang RF yang lebih dalam lagi pada lapisan dermis. Efek koagulasi yang dihasilkan dapat merangsang proses penyembuhan luka, produksi kolagen, elastin, hingga hyaluronic acid kulit.

Apa saja manfaat perawatan Pollogen LEGEND™?

 

  • TriLipo® untuk mendapatkan efek skin tightening dan rejuvenasi. Efek Radiofrekuensi tripolar terhadap sel akan memberikan efek firm dan lifting yang dapat membuat tampilan wajah yang kencang, segar dan mengurangi tampilan garis halus.

 

  • Teknologi DMA (Dynamic Muscle Activation) dapat dimanfaatkan dalam kombinasi dengan RF untuk efek body countouring dan firming dengan cara mempertegas definisi otot maupun memberi tampilan yang lebih tirus.

 

  • Dengan handpiece khusus berukuran besar untuk area tubuh diluar wajah dan leher, kombinasi RF dan DMA dapat digunakan sebagai body shaping mengurangi lingkar tubuh atau area dengan deposit lemak membandel.

 

  • TriFractional didesain untuk meningkatkan proses regenerasi terutama lapisan epidermis untuk memperbaiki tampilan kerut, garis halus, pori, hingga scars atau bekas luka (misal karena Akne)

 

  • Teknologi Voluderm diindikasikan untuk kerut, garis dan scars yang lebih dalam pada wajah dan leher, memperbaiki tekstur kulit, efek volumizing untuk mengurangi tampilan kantung mata, sekaligus juga memberikan tambahan efek lifting.

 

  • Kombinasi treatment juga dapat membantu memperbaiki dan mengurangi tampilan selulit dan stretchmark.

 

 

Bagaimana prosedur selama melakukan perawatan Pollogen LEGEND™?

Pada saat konsultasi awal, Dokter akan menanyakan perihal riwayat kesehatan secara lengkap beserta masalah kulit yang kamu keluhkan secara mendetail sebelum akhirnya memilihkan dan menyepakati bersama jenis treatment yang sesuai. Dokter akan menjelaskan gambaran prosedur serta mengisi checklist yang berisi hal-hal yang harus dipastikan dan dipersiapkan oleh pasien termasuk hal-hal yang merupakan kontraindikasi dilakukannya tindakan.

Setelah kamu setuju, kamu akan diminta menandatangani lembar persetujuan, lalu dilakukan pengambilan foto sebelum tindakan.

 

rf

 

Untuk sesi treatment Trilipo RF dan DMA, area treatment akan dioleskan cairan gliserin sebagai penghantar secukupnya. Dokter akan menentukan setting parameter mesin yang sesuai dengan kasus serta kenyamanan pasien. Selama treatment berlangsung, suhu akan terus dipantau secara berkala untuk memastikan tidak terjadi pemanasan jaringan berlebih. Pasien dapat secara aktif memberikan feedback tentang sensasi apapun yang dirasakan.

 

Treatment Trilipo RF dan DMA umumnya berdurasi antara 20-30 menit, atau tergantung Dokter masing-masing. Sesi ini dapat digabungkan dengan microneedling RF, yang disebut sebagai Pyramid Facelift (tergantung proses konsultasi dengan Dokter).

 

Untuk sesi microneedling radiofrequency dengan mode Voluderm dan/atau TriFractional, sesi treatment mungkin sedikit lebih panjang bergantung pada pilihan area yang hendak dikerjakan. Anestesi topikal biasanya direkomendasikan untuk sesi ini. Setelah sesi treatment selesai, Dokter akan memeriksa sekali lagi kondisi wajah dan downtime (apabila ada) dengan seksama, lalu dilakukan pengambilan foto pasca tindakan sebagai bagian dari dokumentasi rekam medis guna memantau perkembangan pasien.

 

Dokter akan memberikan instruksi lengkap untuk dilakukan pasien selama di rumah perihal segala aktivitas, larangan, pemakaian produk perawatan kulit lain, serta rencana planning berikutnya.

Apa yang terjadi setelah perawatan Pollogen LEGEND™?

Secara umum, treatment dengan Pollogen LEGEND™ diklaim tidak hanya efektif namun juga hanya memerlukan sesi treatment yang singkat dengan rasa nyeri yang sangat minimal hingga nyaris tanpa downtime yang berarti.

 

Segera setelah perawatan umumnya pasien akan merasakan sensasi hangat dan kulit terasa sangat kencang dan terangkat, area pipi yang terlihat lebih tirus, maupun garis rahang yang tampak lebih tegas. Setelah jangka waktu yang lebih panjang dengan sesi treatment rutin yang lebih banyak, kulit akan menjadi lebih tebal, kenyal dan tampak lebih cerah disertai tampilan kerut halus yang memudar.

 

Untuk radiofrekuensi pada area tubuh dan tumpukan lemak membandel, lingkar tubuh juga akan mengalami penurunan, tentunya hasil ini dicapai dengan dibarengi dengan program diet dan olahraga yang teratur.

 

Sedangkan apabila kamu melakukan treatment Microneedling RF baik dengan mode Voluderm maupun Trifractional, selama masa downtime kulit mungkin akan sedikit lebih tampak kemerahan, kering, dengan pola kotak-kotak beserta dot kecil di tengahnya disertai keropeng halus berukuran kecil (pinpoint crust) yang akan menghilang dengan sendirinya dalam maksimal 7 hari.

 

setelah-perawatan-pelembab.png

 

Selama masa downtime, pasien dianjurkan untuk menghindari paparan langsung sinar matahari maupun sumber panas lain serta mengenakan sunscreen. Kebersihan area treatment dapat dijaga dengan mild cleanser dan dilanjutkan dengan moisturizer sesuai tipe kulit. Untuk penggunaan produk skincare, obat topikal, kosmetika, maupun kombinasinya dengan jenis treatment lainnya disarankan untuk mengikuti anjuran spesifik dari dokter masing-masing sesuai planning.

 

Baca juga: Kandungan Skincare Tranexamic Acid, Samarkan Noda Hiperpigmentasi

Apa saja efek samping dari perawatan Pollogen LEGEND™?

Beberapa efek samping yang bisa saja terjadi antara lain kemerahan pada kulit, luka downtime akibat handpiece fractional, hingga rasa nyeri atau bengkak. Umumnya efek samping yang terjadi bersifat ringan, temporer, dapat diprediksi dan mudah ditangani.

 

Rasa nyeri umumnya sangat minimal. Untuk treatment Voluderm dan Trifractional nyeri biasanya dapat ditolerir dengan pemakaian anestesi topikal 30-45 menit sebelum tindakan. Terkadang kompres dingin diberikan pasca tindakan untuk mengurangi kemerahan dan rasa panas.

Apa kelebihan dan kekurangan Pollogen LEGEND™?

Kelebihan Pollogen LEGEND™:

 

  • Sesuai untuk segala jenis dan tipe/warna kulit
  • Multifungsi dengan beragam indikasi perawatan kulit yang dapat dikerjakan dalam satu sesi
  • Sesi treatment yang tidak memakan waktu lama
  • Non-invasif alias tidak menyebabkan perlukaan yang besar pada kulit
  • Efek immediate yang dapat terlihat segera setelah perawatan
  • Efek jangka panjang yang dapat diukur dan bertahan lama
  • Didukung oleh bukti ilmiah dari penelitian dan uji klinis
  • Nyaris tanpa rasa tidak nyaman atau nyeri yang mengganggu
  • Downtime yang sangat minimal sehingga tidak menghambat aktivitas sosial

 

Keterbatasan Pollogen LEGEND™:

 

  • Selayaknya mayoritas treatment kebanyakan yang menggunakan mesin berbasis energi, treatment ini tidak direkomendasikan untuk Ibu hamil dan menyusui
  • Tetap memerlukan sesi treatment yang konsisten dengan interval yang teratur sebelum hasil yang maksimal dan bertahan lama akan tercapai
  • Respon treatment mungkin berbeda-beda antar individu
  • Efek sculpting melalui penghancuran lemak tidak akan optimal apabila tidak dilakukan bersamaan dengan menjaga pola makan dan olahraga
  • Efek anti aging yang maksimal tetap harus dikombinasikan dengan sunscreen dan skincare yang tepat

 

Untuk memastikan treatment apa yang paling tepat untuk masalah kulit wajah maupun tubuh kamu, pastikan untuk melalui proses konsultasi terlebih dahulu dengan Dokter di Klinik demi hasil yang maksimal.

Jika kamu masih punya pertanyaan seputar Pollogen LEGEND™, silakan tanya dokter disini ya!




Other Articles