Procedure
Suntik Keloid
by. Raesindy Dzufriana
Medical review by dr. Lulu Dwiarti Ningtias, SpDV
Last updated 07-April-2022
Cost Rp150.000 - Rp1.000.000
Recov. Time 1-2 hari
Type Non-Surgical
Description
Concern
Review
Before After
Video
Clinic
Doctor
Suntik Keloid

Apa Itu Keloid?

 

Keloid adalah bekas luka tumbuh secara abnormal. Keloid dapat timbul sebagai respons terhadap berbagai gangguan integritas kulit yaitu akibat trauma superfisial atau dalam, setelah trauma fisik seperti pembedahan, garukan, gigitan serangga, tindik, luka bakar (api atau bahan kimia), jerawat, dan infeksi virus seperti cacar air. Keloid sebagian besar dapat timbul 3 bulan atau 1 tahun setelah trauma. 

 

 

Baca juga: Mengetahui Kandungan Steroid

 

Jika dibiarkan lama, keloid dapat tumbuh dan semakin membesar, biasanya terlihat seperti benjolan berwarna kemerahan yang tidak rata dan melebihi dari ukuran luka sebenarnya. Ukuran keloid pun berbeda-beda tergantung kepada setiap individu yang mengalaminya. Keloid dapat timbul pada semua bagian tubuh, umumnya keloid sering terdapat pada daerah kulit yang mengalami regangan yang tinggi, pada bahu, lengan, dada, punggung). Pada keloid dapat  terasa gatal dan nyeri.

Apa yang menyebabkan pertumbuhan keloid?

Menurut para peneliti di Rumah Sakit Henry Ford di Detroid telah mengidentifikasi bahwa genetik memiliki peran biologis yang signifikan dalam perkembangan keloid. Faktor ras juga dapat memengaruhi pertumbuhan keloid, diketahui bahwa keloid cenderung ditemukan 5-15 kali lebih banyak pada kulit hitam dibandingkan dengan kulit putih, dengan perkiraan 15-20% pada ras kulit hitam, Asia, dan Hispanik. Selain itu, faktor hormonal diduga memengaruhi pertumbuhan dan pembentukan keloid, seperti pada remaja yang sedang mengalami masa pubertas dan Ibu hamil.

Apa itu suntik keloid?

Suntik keloid secara intralesi merupakan teknik penyuntikan obat ke dalam kulit yang mengalami keloid. Penyuntikan ini bertujuan untuk mengurangi ukuran keloid. Frekuensi penyuntikan keloid bervariasi, umumnya 2 kali dalam seminggu hingga interval 6 minggu antara sesi pengobatan. 

Apa kandungan yang terdapat dalam suntik keloid?

Steroid merupakan obat yang paling umum digunakan untuk suntik keloid, jenis steroid yang paling sering digunakan yaitu Triamcinolone acetonide. Untuk memberikan hasil yang lebih optimal biasanya Triamcinolone acetonide dikombinasikan dengan jenis obat lain seperti 5-fluorouracil dan bleomycin.

Siapa orang yang disarankan melakukan perawatan suntik keloid?

Perawatan suntik keloid dapat dilakukan oleh semua orang yang memiliki bekas luka keloid baik di bagian wajah maupun tubuh dengan kondisi luka pada kulit yang sudah sembuh.

Bagaimana prosedur melakukan perawatan suntik keloid?

Sebelum melakukan suntik, Dokter akan membersihkan area yang akan disuntik menggunakan antiseptik. Prosedur ini hanya memakan waktu sekitar 15 menit dan tidak memerlukan anestesi. 

Setelah area keloid dibersihkan, obat kortikosteroid langsung disuntikkan melalui jarum halus oleh Dokter kedalam benjolan keloid sehingga dapat membantu mengurangi ukuran keloid, serta akan mengurangi pembengkakan, kemerahan, gatal, atau nyeri. Steroid dapat memutus ikatan antara serat kolagen dan mengurangi jumlah jaringan parut di bawah kulit. Setelah proses suntik keloid, kamu disarankan untuk memijat bekas luka secara lembut agar obat bereaksi secara baik pada luka.

 

prosedur-suntik-keloid.png

 

Baca juga: Bagaimana Cara Menghilangkan Bekas Luka

Apa efek samping dari perawatan suntik keloid?

Walaupun relatif aman dilakukan, tapi setiap perawatan berkemungkinan memiliki risiko efek samping. Berikut efek samping yang bisa saja terjadi setelah suntik keloid, yaitu:

 

  • Perubahan pigmentasi kulit
  • Telangiektasis yaitu pembesaran pembuluh darah di permukaan kulit
  • Penipisan dan kerusakan jaringan kulit
  • Pendarahan hingga infeksi
  • Sindrom cushing yang diakibatkan penyuntikan hormon kortisol terlalu berlebih

Apa yang harus dihindari setelah melakukan perawatan suntik keloid?

Setelah selesai melakukan pengobatan suntik keloid, melindungi area kulit yang dilakukan penyuntikan dari paparan sinar matahari secara langsung. Hindari area kulit dari gesekan agar tidak memperburuk kondisi dan memaksimalkan hasil perawatan.

Kapan hasil dari perawatan suntik keloid dapat terlihat?

Hasil dari keberhasilan suntik keloid bervariasi, pada 3 kali penyuntikan umumnya dapat terlihat terdapat perbaikan dari keloid yang lebih merata dan melunak. Umumnya rata-rata pengobatan 4-6 kali penyuntikan.

Apa kelebihan dan kekurangan dari perawatan suntik keloid?

Kelebihan Suntik Keloid:

  • Pengobatan aman dan mudah
  • Harga tidak begitu mahal

 

Kekurangan Suntik Keloid:

  • Pengobatan dilakukan dengan cara bertahap, karena keloid tidak langsung hilang

 

Jika kamu masih punya pertanyaan seputar Suntik Keloid, silakan tanya dokter disini ya!

Referensi

  • Henry Ford Health System. "Gene may open door for improved keloid, scar treatment." ScienceDaily. ScienceDaily, 23 January 2015.
  • NYU Langone Health, 2021. Medical Treatment for Scars & Keloids
  • Coppola M.M., et al. (2018). Triamcinolone Acetonide Intralesional Injection for the Treatment of Keloid Scars: Patient Selection and Perspectives. Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology.
  • Huu ND, Huu SN , Thi XL, Van TN, Minh PPT, Minh TT, dkk. Successful Treatment of Intralesional Triamcilonon Acetonide Injection in Keloid Patients. Open Access Maced J Med Sci. 2019 Jan 30; 7(2):275-8.



Other Articles